Penampakan Kapal Induk Italia yang Sandar di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Bisa Angkut Pesawat Tempur F-35B Lightning II
Personel Pasmar 1 Korps Marinir dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta mengamankan port visit kapal perang Italia di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Pasmar 1)
11:16
17 September 2024

Penampakan Kapal Induk Italia yang Sandar di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Bisa Angkut Pesawat Tempur F-35B Lightning II

Kapal induk Italia yang tergabung dalam Gugus Tempur Kapal Induk Italia, ITS Cavour C-550, bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kapal dengan dimensi panjang mencapai 244 meter dan lebar 39 meter itu hadir di Indonesia untuk melakukan port visit.

Kunjungan kapal induk tersebut bersama dua kapal Angkatan Laut Italia lainnya mendapat sambutan hangat dari TNI AL

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa kedatangan kapal induk Italia bersama Kapal Fregat ITS Alpino F-594 dan Kapal PPA ITS Raimondo Montecuccoli P-432 merupakan bentuk Naval Diplomacy.

Melalui sambutan yang disampaikan oleh Ali dalam acara Deck Reception di atas kapal induk ITS Cavour C-550, disampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dengan Italia merupakan hal baik. 

”Kesempatan ini memungkinkan kita untuk bertukar wawasan dan perspektif tentang perkembangan terbaru dalam pertahanan dan teknologi maritim,” ungkap Ali melalui keterangan resmi TNI AL hari ini, Senin (17/9). 

Ali memastikan bahwa TNI AL dengan Angkatan Laut Italia akan terus mengembangkan kerja sama di antara kedua pihak. Termasuk kerja sama lewat latihan bersama, kerja sama operasional, serta pertukaran teknologi.

Menurut orang nomor satu di TNI AL itu, kerja sama tersebut penting bagi TNI AL maupun Angkatan Laut Italia. 

”Dengan bekerja sama secara erat, kita dapat mengatasi tantangan maritim yang muncul dan meningkatkan kemampuan kolektif kita untuk menjaga keamanan maritim,” terang Ali. 

Kapal induk ITS Cavour C-550 merupakan kapal induk Short Take Off and Vertical Landing (STOVL). Kapal tersebut menjadi kapal induk utama Panglima Tertinggi Armada Angkatan Laut Italia.

Dirancang untuk menggabungkan operasi udara pesawat tempur dan helikopter, ITS Cavour C-550 mampu menjalankan empat peran sekaligus. Yakni peran sebagai kapal induk, platform logistik dan amfibi, unit komando dan kontrol, serta peran sebagai kapal rumah sakit.  

Tidak hanya dapat mengangkut sepuluh unit pesawat tempur F-35B Lightning II, kapal induk tersebut juga bisa membawa 12 unit Helikopter Agusta Westland AW 101.

Sejumlah kegiatan dihelat selama kapal tersebut bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Termasuk kunjungan media yang dilaksanakan hari ini (17/9).

Editor: Bayu Putra

Tag:  #penampakan #kapal #induk #italia #yang #sandar #pelabuhan #tanjung #priok #jakarta #bisa #angkut #pesawat #tempur #lightning

KOMENTAR