Haidar Alwi Sebut Tidak Ada Kontrol Kekuasaan Jika PDIP Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran
Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi 
17:16
15 September 2024

Haidar Alwi Sebut Tidak Ada Kontrol Kekuasaan Jika PDIP Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

- Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri direncanakan akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024.

Pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri dinilai tidak bermanfaat secara politik kecuali PDI Perjuangan (PDIP) bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

Hal itu disampaikan oleh Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Ikatan Alumni ITB.

Haidar mengatakan sisi negatif jika PDIP bergabung dengan pemerintahan Prabowo akan terasa karena tidak ada yang menjadi kontrol pemerintahan.

"Karena tidak ada lagi partai politik yang menjadi kontrol kekuasaan jika PDIP bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran," kata R Haidar Alwi dalam keterangannya, Minggu (15/9/2024).

Menurut dia, jika PDIP menyatakan bergabung dengan pemerintahan Prabowo, tentu tidak gratis. Sebagai partai pemenang Pemilu 2024, PDIP tentu memiliki daya tawar tersendiri. Apalagi PDIP sampai saat ini menjadi satu-satunya partai yang belum deklarasi masuk dalam koalisi Prabowo-Gibran.

 ’’Dengan kondisi demikian, PDIP berada pada posisi tawar yang lebih tinggi. Apalagi PDIP tahu bahwa Prabowo tidak menginginkan adanya oposisi. Karena itu, PDIP pastinya akan jual mahal,’’ jelas Haidar.

Selain itu, Haidar menilai ada beberapa faktor yang membuat PDI Perjuangan sulit bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

Di sisi lain, Haidar menyampaikan ada beberapa faktor yang membuat PDIP bakal sulit untuk berlabuh di pemerintahan Prabowo. Diantaranya adalah faktor sejarah. Haidar mengatakan secara pribadi, Prabowo dengan Megawati memiliki hubungan yang sangat baik.

Tetapi dari faktor sejarah, ada yang sedikit menjadi penyekat keduanya. Yaitu sejarah pergolakan antara orde baru dengan orde lama. Prabowo dinilai dekat dengan Soeharto atau orde baru. Sedangkan Megawati sebagai pewaris Soekarno, identic dengan orde lama.

Faktor berikutnya adalah hubungan Megawati dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Publik memahami sejak Pemilu 2004 lalu, hubungan antara Megawati dengan SBY cukup renggang. Sedangkan di koalisi Prabowo-Gibran saat ini, ada Partai Demokrat yang menjadi representasi sosok SBY.

Faktor selanjutnya adalah yakni Presiden Joko Widodo. Menurut dia,  PDI Perjuangan mungkin menganggap Jokowi sebagai pengkhianat partai. Mulai dari dukungan terhadap Prabowo, pencalonan Gibran sebagai Cawapres Prabowo hingga pemecatan Bobby Nasution sebagai kader PDI Perjuangan.

PDIP: Jangan Dikaitkan Bagi-bagi Kekuasaan

Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menegaskan pihaknya tidak mau pertemuan antara Prabowo dan Megawati dikaitkan dengan pembagian kekuasaan.

"Jangan ditarik ke hal-hal sempit, bagi-bagi kekuasaan atau tidak bagi-bagi di luar lah," kata Said saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Di sisi lain, Said juga membantah pertemuan antara Megawati dan Prabowo merupakan sinyal PDIP akan bergabung mendukung pemerintahan Prabowo.

"Jangan ditarik ke gabung bergabung dan tidak gabung. Yang terpenting sesungguhnya adalah bertemunya kedua tokoh bangsa ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Said menyampaikan pertemuan keduanya lebih banyak membicarakan persoalan penyamaan visi kebangsaan.

Khususnya bagaimana membangun bangsa dan negara ke depannya.

Sebaliknya, kata Said, pihaknya tidak masalah jika nantinya PDIP harus beroposisi.

Sebab, partai berlambang banteng itu tetap memberikan kritik konstruktif bagi pemerintahan Prabowo.

"Kalau kami melakukan kritik konstruktif bukannya dibutuhkan pemerintah. Pemerintah mana yang tidak membutuhkan kritik konstruktif? Bukan kritik asal kritik, bukan kritik asal ngantam tapi kritik konstruktif yang memberikan jalan keluar. Setidaknya ada alternatif," pungkasnya.

Kabar pertemuan itu mencuat setelah Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyampaikan Prabowo dan Megawati saling memberi salam hormat.

Muzani mengatakan pertemuan keduanya akan segera terwujud.

"Insyaallah akan terjadi (pertemuan Prabowo-Megawati)," kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024). 

Muzani menegaskan, pertemuan Prabowo dan Megawati akan terjadi sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024.

"Pokoknya insyaallah akan terjadi sebelum pelantikan," ujar Muzani.

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #haidar #alwi #sebut #tidak #kontrol #kekuasaan #jika #pdip #gabung #pemerintahan #prabowo #gibran

KOMENTAR