Roy Suryo Kuliti Interaksi Antara Akun Fufufafa dengan Medsos Gibran dan Kaesang, Ini Kesimpulannya
Gibran dan Kaesang mengangkat pisang - (Twitter/@jokowi)
19:48
13 September 2024

Roy Suryo Kuliti Interaksi Antara Akun Fufufafa dengan Medsos Gibran dan Kaesang, Ini Kesimpulannya

Pemilik akun Fufufafa di Kaskus terdeteksi sering berinteraksi dengan platform lain dari akun milik Gibran Rakabuming Raka juga Kaesang Pangarep.

Pakar telematika Roy Suryo menyampaikan, interaksi tersebut jadi bukti kuat kalau akun Fufufafa memang milik Gibran.

Roy Suryo menjelaskan bahwa jejak digital sangat mudah ditelusuri dengan cara memperhatikan pola interaksi serta gaya kalimat yang sering digunakan dalam postingan.

"Seseorang kalau punya satu akun di sebuah platform biasanya dia juga punya akun lain yang berbeda namanya di platform yang lain. Nah di sini ternyata kita menemukan bahwa ada hubungan antara Fufufafa ini dengan @rkgbn (akun Gibran)," ungkap Roy dikutip dari tayangan dikanal YouTube mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: Profil San Salvator, Bela Kaesang Tapi Gagap saat Jelaskan Private Jet Bobby Nasution

Akun Fufufafa sendiri pernah berinteraksi dengan akun Kaesang ketika Gibran mengaku lupa dengan password akunnya sendiri.

Postingan lama Fufufafa juga pernah sama persis dengan akun Twitter Chilli Pari yang merupakan akun katering milik Gibran.

"Yang menarik ada Fufufafa itu sempat menuliskan dia mencari gunting di PIK. Kemudian 3 jam berikutnya, pada tanggal yang sama, itu di-tweet oleh akun yang sangat kita kenal yaitu namanya Chilli Pari, itu nama cateringnya," jelas Roy.

"Kalau misalnya yang Chilli Pari duluan yang nulis bisa jadi Fufufafa ini yang nyontek. Tapi ini Fufufafa dulu yang nulis. Cara penulisan itu sama persis. Itu bukan copas (copy paste), itu kebiasaan orang nulis," Roy menambahkan.

Pakar Telematika Roy Suryo saat membedah akun Kaskus Fufufafa diduga milik Gibran di podcast yang dipandu mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. (Tangkapan layar/Youtube)Pakar Telematika Roy Suryo saat membedah akun Kaskus Fufufafa diduga milik Gibran di podcast yang dipandu mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. (Tangkapan layar/Youtube)

Roy cukup yakin kalau akun Fufufafa hanya dipegang oleh satu orang, yakni Gibran sendiri. Keyakinannya itu makin kuat ketika akun Fufufafa membuat postingan untuk membalas sebuah tudingan tentang kebangkrutan perusahaan Jokowi pada 2014 lalu.

Baca Juga: Cek Fakta: Kaesang Pangarep Resmi jadi DPO, Benarkah?

"Yang jawab Fufufafa ini dengan sangat detail sampai menyangkut keluarga atau omnya dia gitu, jadi keluarga dekat. Kalau itu seorang admin, katakanlah pegawai, dia tidak akan mungkin bisa menjawab dengan sangat detail," jelas Roy.

Dari serangkaian postingan lawas tersebut, Roy menyimpulkan bahwa pembuktian akun Fufufafa memang milik Gibran karena bisa dideteksi dari banyaknya informasi yang memetakan pola hubungan dan pola relasi dengan akun media sosial Kaesang Pangarep serta orang-orang terdekatnya yang lain.

Selain itu, cara bahasa, frasa, hingga penulisan postingan di akun Fufufafa sangat khas dan mirip dengan akun asli Gibran di platform lainnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #suryo #kuliti #interaksi #antara #akun #fufufafa #dengan #medsos #gibran #kaesang #kesimpulannya

KOMENTAR