AGI Kutuk Tindakan Bullying dan Kekerasan di Studio Game Brandoville Studios, Langkah Hukum Disiapkan
Studio game lokal, Brandoville Studios. (Instagram)
16:48
13 September 2024

AGI Kutuk Tindakan Bullying dan Kekerasan di Studio Game Brandoville Studios, Langkah Hukum Disiapkan

  Asosiasi Game Indonesia atau AGI menanggapi dugaan bullying dan kekerasan yang terjadi di perusahaan pengembang dan studio game lokal bernama Brandoville Studios. Kekerasan dan bullying diduga menimpa para pekerja mereka dan viral di media sosial baru-baru ini.    Terkait hal tersebut, Shafiq Husein sebagai Presiden AGl mengutuk tindakan tersebut.  Shafiq menyebut, tindakan ketidakadilan yang dialami para pekerja, hingga berujung pada trauma fisik, tekanan mental, bahkan hilangnya nyawa tidak pantas dilakukan.   "Dengan ini saya mengutuk tindakan Brandoville Studios dan mantan manajemennya Cherry Lai dan Ken Lai, baik pribadi maupun atas nama AGl," kata Shafiq melalui keterangannya.  

  Shafiq melanjutkan, pihaknya telah menghubungi salah satu korban yang telah melalui beberapa perlakuan terburuk dari studio game tersebut. Proses advokasi dan tindakan hukum juga dipastikan telah disiapkan AGI mendampingi korban bullying dan kekerasan Brandoville Studios.   "Saya juga sudah menghubungi relasi saya dari lembaga bantuan hukum dan advokasi perempuan untuk memberikan bantuan psikologis, konseling bagi para korban secara gratis jika diperlukan," lanjut Shafiq.  

  Selain itu, sebagai sebuah asosiasi, AGI juga memasukkan pelaku ke dalam daftar hitam dari keanggotaan dan program AGI, di bawah bendera studio mana pun. AGI juga memastikan bakal meningkatkan kesadaran mengenai tindakan mereka kepada pihak-pihak yang ingin bekerja sama dengan mereka di masa mendatang.    "Karena ini juga merupakan tindak pidana, kami sangat mendukung pihak berwenang terkait dalam upaya mereka menyelidiki kasus ini dan semoga memberikan keadilan bagi para korban. Bekerja di industri kreatif yang sedang berkembang tidak pernah mudah. Namun hal itulah yang menjadi alasan untuk memperlakukan semua orang dengan adil dan hormat," tandas Shafiq.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kutuk #tindakan #bullying #kekerasan #studio #game #brandoville #studios #langkah #hukum #disiapkan

KOMENTAR