Sidang Kabinet Paripurna Terakhir Digelar di IKN, Jokowi dan Prabowo Sampaikan Sejumlah Hal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin Sidang Kabinet Paripurna (SKP) di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (12/08/2024). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
14:28
13 September 2024

Sidang Kabinet Paripurna Terakhir Digelar di IKN, Jokowi dan Prabowo Sampaikan Sejumlah Hal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar sidang kabinet paripurna terakhir di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/9/2024). Sejumlah arahan diberikan baik oleh Jokowi, maupun presiden terpilih Prabowo Subianto.

Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengatakan presiden memberikan arahan untuk para menteri mempersiapkan poin-poin utama yang akan disampaikan kepada publik.

Semisal poin-poin yang menjadi capaian selama 10 tahun pemerintahan yang dipimpin Jokowi.

"Yang pada periode awal dengan Pak JK, yang kemudian dengan Pak Ma'ruf Amin, dan poin-poin itu sudah disiapkan termasuk blueprint untuk transisi pemerintahan dari pemerintahan Pak Jokowi ke pemerintahan Pak Prabowo Subianto," kata Pramono usai sidang kabinet paripurna di Istana Garuda, IKN, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: AHY Ungkap Isi Sidang Kabinet di IKN Hari Ini, Begini Katanya

Pramono menyampaikan melalui sidang kabinet paripurna terakhir, secara garis besar sudah disiapkan dan disepakati.

Dengan demikian diharapkan dalam waktu satu bulan di sisa kepemimlinan Jokowi, semua capaian pemerintah bisa dikomunikasikan dan disampaikan kepada masyarakat secara luas.

Ia mengatakan dalam waktu dekat ini beberapa menteri akan dikoordinasikan untuk memperdalam apa yang sudah menjadi putusan dalam sidang kabinet paripurna terakhir.

Diketahui, selain Jokowi, Prabowo sebagai presiden terpilih juga ikut memberikan arahan pada sidang kabinet paripurna hari ini.

"Jadi tadi semuanya sudah disampaikan dan terakhir sebelum ditutup oleh pak presiden yang sekarang Pak Jokowi, bapak presiden terpilih Pak Prabowo juga menyampaikan banyak hal, termasuk isu-isu strategis terkini yang disampaikan oleh beliau dalam rapat, dan saya mohon maaf tidak bisa menyampaikan di ruang publik.

Baca Juga: Ditumpangi Menhub Budi, Pendaratan Perdana Pesawat di Bandara IKN: Alhamdulillah Selamat

Pramono menekankan ada hal-hal yang memang menjadi prioritas untuk diselesaikan dalam waktu satu bulan sebelum pergantian kepemimpinan dari Jokowi ke Prabowo.

"Terutama hal yang menyangkut PSN, kemudian hal yang menyangkut dengan transfer daerah, hal yang menyangkut dengan menjaga ekonomi dalam transisi ini tetap bisa tumbuh di atas 5, dan juga inflasi tetap terjaga. Itu yang dilakukan ya," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #sidang #kabinet #paripurna #terakhir #digelar #jokowi #prabowo #sampaikan #sejumlah

KOMENTAR