PB IDI Dukung Penggunaan Susu Ikan untuk Program Makan Bergizi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya
Dua siswa sekolah dasar menunjukkan produk susu ikan. [Dok.Antara]
13:44
13 September 2024

PB IDI Dukung Penggunaan Susu Ikan untuk Program Makan Bergizi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Adib Khumaidi Sp.OT., mendukung usulan penggunaan susu ikan dalam program makan bergizi gratis oleh pemerintahan Prabowo-Gibran.

Menurut Adib, susu ikan bisa dimanfaatkan sebagai pemenuhan gizi pada anak-anak untuk mencegah stunting.

"Ini adalah suatu upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas kesehatan khususnya untuk anak-anak terkait masalah stunting," kata Adib dalam diskusi media bersama IDI secara virtual pada Jumat (13/9/2024).

Dia juga mengajak publik untuk mendukung usulan tersebut karena dinilai menjadi suatu terobosan baru.

Baca Juga: 10 Jenis Susu Hewani yang Bisa Dikonsumsi Manusia

"Mari kita sama-sama mendukung upaya pemerintah dan konsen pemerintah dalam memberikan suatu terobosan dalam peningkatan gizi, ini suatu hal yang perlu kita apresiasi," ujar Adib.

Pada kesempatan yang sama Ketua Komite Advokasi Percepatan Penurunan Stunting, Kesehatan Ibu dan Anak dan SDG's PB IDI Prof. dr. Agussalim Bukhari, Sp.GK, menyampaikan bahwa susu ikan memang bisa jadi alternatif pengganti dari susu sapi. Terutama bagi anak yang alami intoleransi laktosa bisa minum susu sapi.

"Salah satu alternatif adalah susu ikan. Tapi tergantung cara pengolahannya," ujar Agus.

Dia menjelaskan bahwa susu sapi maupun susu ikan sama-sama menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh. Keduanya juga dapat memiliki kandungam vitamin dan mineral yang serupa. Hanya saja, susu ikan memang lebih unggul dalam kandungan omega 3 yang secara alami ada pada ikan.

Walau begitu, Agus menyampaikan, produk susu sapi juga ada yang mengandung omega 3 dengan proses penambahan khusus lewat teknologi farmasi.

Baca Juga: Susu Ikan Terbuat dari Apa? Digadang-gadang Jadi Alternatif Susu Sapi untuk Program Makan Gratis

Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bertemu untuk menghabiskan hari Sabtu bersama di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2024). (Foto dok. Prabowo)Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bertemu untuk menghabiskan hari Sabtu bersama di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2024). (Foto dok. Prabowo)

Catatan lainnya, Agus mengatakan bahwa kandungan nutrisi lain bisa jadi tidak didapatkan pada susu ikan dibandingkan bila mengonsumsi ikan utuh. Sebab, susu ikan tersebut sebenarnya berupa ekatrak dari daging ikan yang diolah hingga menjadi bentuk bubuk.

"Semua, saya kira, yang segar itu lebih bagus. Misalnya dalam kandungan vitamin dan mineralnya masih utuh, tetapi kan kalau cuma vitamin dan mineral berkurang 50 persen, nanti itu bisa ditambahkan sebenarnya pada produk itu, tentu nanti ahli farmasi yang akan memperbaiki," jelasnya.

Saat diubah bentuk menjadi susu bubuk, menurut Agus, itu bisa jadi alternatif bagi para orang tua bila anaknya enggan konsumsi ikan karena masalah bau amis.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #dukung #penggunaan #susu #ikan #untuk #program #makan #bergizi #prabowo #gibran #alasannya

KOMENTAR