Cek Fakta: Istilah Kadrun Diciptakan oleh Njoto Diperuntukkan bagi Orang Islam
Njoto (kanan berkacamata) dan Ketua CC PKI DN Aidit. [Dok. majalah Life]
15:08
11 September 2024

Cek Fakta: Istilah Kadrun Diciptakan oleh Njoto Diperuntukkan bagi Orang Islam

Beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut Njoto (dibaca Nyoto) adalah pencetus istila kadrun yang ditujukan bagi umat Islam.

Akun Facebook endang Rahmat Enzo mengunggah sebuah gambar yang menampilkan foto Njoto yang disertai narasi bahwa Njoto (yang ditulis Nyoto) merupakan pencipta istilah kadal gurun atau kadrun. Istilah kadrun tersebut diperuntukkan kepada orang Islam agar orang muslim malu. Yang disertai caption “#WASPADAKOMUNISGAYABARU” diposting pada 3 September 2024 pukul 16.47.

Berikut narasi yang disampaikan:

“Kadrun = Kadal Gurun

Baca Juga: Sejarah Bung Karno Dituduh Jadi Dalang G30S PKI, Kini Tap MPRS 33 Telah Dicabut

Namanya Nyoto tokoh PKI , orang inilah yang menciptakan istilah kadal gurun sebutan untuk orang Islam agar orang Muslim malu sebagai Muslim.

orangnua sederhana, kurus kerempeng, tetapi tangnnya penuh darah, membunuh ribuan santri (terutama NU)”

Lantas benarkah narasi tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran fakta Suara.com, setelah ditelusuri pada Google dengan memasukkan kata kunci Nyoto tokoh PKI pencipta istilah kadrun, hasilnya ditemukan artikel periksa fakta yang dimuat oleh kompas.com dengan judul “[HOAKS] Tokoh PKI Njoto Mencetuskan Istilah Kadrun” yang diunggah pada 15 Oktober 2022 pukul 14.58. Dalam artikel tersebut ditemukan informasi bahwa, menurut sejarawan dan pendiri komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali menerangkan bahwa istilah berasal dari PKI maupun Njoto.

Baca Juga: CEK FAKTA: Banjir Bandang Mirip Tsunami Melanda Jeddah-Mekkah

“Istilah ini untuk memecah belah sebenarnya. Istilah kadrun menjadi disinformasi ketika dinarasikan sudah ada sejak zaman PKI. Ini tidak benar,” ujar Asep saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Istilah kadrun muncul pada 2012 ketika momentum Pilkada DKI, kemudian semakin banyak pada tahun 2019. Istilah tersebut muncul beriringan dengan maraknya politik identitas. Hoaks ini merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Menurut sejarawan dan pendiri komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali menerangkan bahwa istilah kadrun bukan berasal dari PKI maupun Njoto. Istilah kadrun muncul saat momen Pilkada DKI pada 2012 dan semakin marak pada 2019.

Kesimpulan

Dengan demikian narasi bahwa Njoto pencipta istilah kadrun yang diperuntukkan kepada orang Islam merupakan Informasi yang tidak benar. Hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #fakta #istilah #kadrun #diciptakan #oleh #njoto #diperuntukkan #bagi #orang #islam

KOMENTAR