Puncak HUT ke-79 TNI AL Berlangsung Hari Ini di  Perairan Teluk Jakarta, 33 Kapal Perang Bakal Unjuk Kekuatan  
Potret KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (PT PAL Indonesia)
08:00
10 September 2024

Puncak HUT ke-79 TNI AL Berlangsung Hari Ini di  Perairan Teluk Jakarta, 33 Kapal Perang Bakal Unjuk Kekuatan  

 

Peringatan HUT ke-79 TNI AL berlangsung di Perairan Teluk Jakarta pada hari ini, Selasa (10/9). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin langsung upacara tersebut.

Berbeda dengan sebelumnya, tahun ini acara dihelat di atas kapal perang. Yakni KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Wira Hady menyampaikan, tema peringatan HUT ke-79 TNI AL adalah ”Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Untuk menunjukkan kekuatan armada kapal perang mereka, Angkatan Laut sudah menyiapkan sailing pass puluhan KRI. ”Ditampilkan berbagai demonstrasi yang dipersembahkan oleh prajurit TNI AL,” ungkap Wira.

Sebanyak 33 KRI akan dikerahkan dalam sailing pass tersebut. Terdiri atas kapal perang tipe Multi Role Light Frigate (MLRF), PKR, SIGMA, kapal layar legendaris KRI Dewa Ruci, dan combat boat.

Juga kapal perang Landing Platform Dock (LPD), Pesawat Udara dari Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal), hingga alat utama sistem persenjataan (alutsista) strategis bawah air, kapal selam. 

”Selain alutsista milik TNI AL, kegiatan sailing pass ini juga akan diikuti oleh kapal-kapal dari Polairud, KKP, Bea Cukai, Bakamla, Basarnas, KPLP, dan Kapal Ikan Indonesia (KII),” lanjutnya.

Perwira tinggi bintang satu TNI AL itu menyatakan bahwa Angkatan Laut juga menyiapkan 200 prajurit dari berbagai pasukan elit untuk menunjukkan kemampuan.

Mereka terdiri atas pasukan dari Detasmen Jalamangkara (Denjaka), Komando Pasukan Katak (Kopaska), dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir. Mereka akan melakukan aksi demo dengan dukungan dari pesawat udara Cassa 212.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #puncak #berlangsung #hari #perairan #teluk #jakarta #kapal #perang #bakal #unjuk #kekuatan

KOMENTAR