Influencer Kecewa hingga Sebut Anies Sulit Diajak Cawe-cawe, Curhatan Sedih Sherly Annavita Bikin ''Anak Abah'' Mewek
Influencer Kecewa hingga Sebut Anies Sulit Diajak Cawe-cawe, Curhatan Haru Sherly Annavita Bikin ''Anak Abah'' Mewek. (tangkapan layar/Instagram)
17:36
9 September 2024

Influencer Kecewa hingga Sebut Anies Sulit Diajak Cawe-cawe, Curhatan Sedih Sherly Annavita Bikin ''Anak Abah'' Mewek

Influencer Sherly Annavita meluapkan kekecewaannya langsung kepada Anies Baswedan. Bahkan, Sherly tak kuasa untuk membendung air matanya ketika melontarkan uneg-unegnya di depan Anies.

Potongan video saat Sherly bertemu langsung Anies di acara TV turut diunggah di akun Instagram pribadinya, Senin (9/9/2024).

Dalam potongan video itu, Sherly tanpa basa-basi mengaku menjadi salah satu orang yang membenci Anies. Saking kecewa dengan Anies, Sherly pun mendadak menangis.

"Mungkin Sherly jarang menyampaikan ini di sisi lain, tapi ini mungkin waktu yang baik juga, bahwa kalau ada orang yang berpotensi untuk membenci Pak Anies, pak. Maka boleh jadi, Sherly adalah salah satunya," ujarnya dikutip , Senin.

Baca Juga: Belum Klarifikasi Kasus Jet Pribadi tapi Berani Muncul di Podcast, Kaesang Dicibir: Enak Banget jadi Anaknya Mulyono

Dia pun mengungkap alasannya yang memicunya membenci eks gubernur DKI Jakarta itu. Sherly pun menyebut masalah itu terjadi saat Anies masih menjabat sebagai rektor di Universitas Paramadina. Ketika itu, Sherly meminta rekomendasi kepada Anies selaku rektor soal niatannya untuk melanjutkan studi.

Influencer Sherly Annavita saat curhat sempat kecewa dengan Anies Baswedan. (tangkapan layar/ist)Influencer Sherly Annavita saat curhat sempat kecewa dengan Anies Baswedan. (tangkapan layar/ist)

"Karena Pak Anies ini pernah jadi rektor di Universita Paramadina, yang saat itu, Sherly ingat sekali, yang saat itu Sherly meminta rekomendasi bapak untuk melanjutkan pendidikan. Bapak meng-oke-kan," ujarnya.

Namun, di tahun selanjutnya, Anies disebut menolak untuk memberikan rekomendasi kepada Sherly. Penolakan itu terjadi saat Anies menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

"Dan selang beberapa tahun, satu tahun setengah lebih sedikit, semua syarat sudah dikumpulkan, dan bapak saat itu sudah menjadi menteri (Mendikbud). Ketika semua syarat sudah cukup, saya minta ke bapak, dan bapak menolak itu pak," curhat Sherly dengan mata sembab.

Lantaran tidak mendapatkan rekomendasi dari Anies untuk bisa melanjutkan pendidikannya, Sherly pun mengaku sempat kecewa dengan Anies.

Baca Juga: Diduga Digaungkan "Anak Abah" Pendukung Anies, Reaksi Suswono soal Gerakan Tusuk 3 Paslon di Jakarta

"Alasannya adalah khawatir itu adalah akan jadi tindakan yang tidak berintegritas terhadap posisi bapak. Pokoknya saya sangat kecewa. Itu kan ucapan pak Anies sendiri pak," ujarnya.

"Sampai akhirnya waktu berlalu, Sherly kecewa, ini bukan terjadi satu-dua orang, melainkan bahkan pada orang-orang terdekat bapak," ujarnya.

Influencer Sherly Annavita saat curhat sempat kecewa dengan Anies Baswedan. (tangkapan layar/ist)Influencer Sherly Annavita saat curhat sempat kecewa dengan Anies Baswedan. (tangkapan layar/ist)

Namun, setelah keputusan Anies itu direnungkannya, Sherly justru menganggap alasan dirinya tidak mendapatkan rekomendasi dari Anies karena tidak ingin melanggar integritas terkait jabatannya sebagai menteri. 

"Karena bapak sulit sekali diajak cawe-cawe, bapak sulit sekali diajak bagi-bagi kue kekuasaan. Dan akhirnya, Sherly sampai pada titik, ternyata politik itu bisa bermoral ya," bebernya terharu. 

Setelah menceritakan pengalamannya, Sherly pun akhirnya bertanya kepada Anies soal menjaga integritasnya untuk menghadapi tantangan lain ke depan jika nantinya diberikan amanah menjadi pejabat negara.

"Dan pertanyaan saya adalah, ketika justru orang terdekat kita itu punya potensi menjadi pembenci kita. Bagaimana sosok pak Anies Baswedan ini me-maintain, kesalahpahaman, kebencian, atau hal-hal yang berpotensi menusuk bapak dari belakang," tanya Sherly kepada Anies.

Menjawab pertanyaan itu, Anies awalnya menjelaskan alasannya menolak memberikan rekomendasi sebagaimana yang diceritakan oleh Sherly.

"Jadi ketika kita memegang kewenangan, maka kita harus memastikan bahwa kemenangan ini digunakan dengan benar. Ketika saya menuliskan sebuah statement rekomendasi, saya belum punya jabatan, itu adalah saya sebagai pribadi. Ketika saya memegang jabatan, maka yang menuliskannya itu adalah jabatannya. Itulah yang kemudian saya jaga, supaya proses integritas itu muncul," ujar Anies.

Influencer Sherly Annavita. (tangkapan layar/Instagram)Influencer Sherly Annavita. (tangkapan layar/Instagram)

Anies juga tidak menampik perihal adanya keputusan yang diambil oleh pimpin tidak akan membuat semua orang puas.

"Tapi memang ketika keputusan-keputusan itu dibuat, sering membuat orang merasa, 'lah buat apa punya kekuasaan kalau tidak bisa dirasakan manfaatnya oleh lingkar-lingkar.' Saya bilang kewenangan itu, harus dirasakan oleh semua. Dan harus ada usaha menjaganya," ujarnya.

"Memang itu kemudian sering menimbulkan, perasaan tidak nyaman, karena kebiasaan kita kalau sudah dapat kewenangan, kewenangan itu dipakai bukan dengan sewenang-wenang tapi dengan bebas. Saya ingin menjaga itu," sambung Anies.

Anie pun menjawab pertanyaan Sherly perihal sikap seorang pemimpin jika keputusannya itu justru membuat pendukungnya kecewa. 

"Nah, saya percaya Sherly, apabila ini dikerjakan dengan konsisten, maka mereka-mereka yang merasakan mungkin ketidakpuasan, mudah-mudahan Tuhan berikan hati yang lembut untuk bisa memahami. Karena bukan tidak mau secara pribadi, (saya) kepengin menjaga maruah institusi yang sedang dipegang," ungkap Anies.

Anies Baswedan (X)Anies Baswedan (X)

"Karena boleh jadi ke depan, setelah proses ini akan ada amanah baru, akan ada tanggung jawab baru atau kegiatan-kegiatan sosial baru justru yang jauh lebih besar untuk bapak. Bagaimana bapak me-maintain itu?" sambungnya.

Selain itu, Anies pun mengaku berterima kasih kepada Sherly karena tetap bisa melanjutkan studinya walau ketika itu tidak mendapatkan rekomendasi darinya saat masih menjabat menteri. Bahkan, Anies mengaku turut bangga dengan apa yang kini dicapai Sherly karena menandakan kesuksesannya itu diperoleh dari dirinya sendiri bukan karena dekat dengan pejabat.

"Saya termasuk yang amat bangga dan saya lebih bangga lagi, kenapa? Dia mendapatkan itu semua tanpa tanda tangan menteri pendidikan dan kebudayaan, tapi karena dia pribadi. Saya mencintainya sebagai anak muda indonesia dan dia percaya bisa take off, terbang tanpa sayap menteri pendidikan," kata Anies.

Video yang diunggah Sherly pun sontak menjadi sorotan para netizen. Bahkan, banyak netizen termasuk pendukung Anies yang akrab disapa "Anak Abah" ikutan terharu setelah mendengar cerita Sherly yang sempat kecewa hingga akhirnya menyadari jika keputusan yang diambil Anies sebagai menteri ternyata benar. 

"Siapa yang nonton sambil berkaca-kaca, terharu karena di negeri kita masih ada orang seperti pak Anies," tulis salah satu netizen sembari mewek. 

"Sher kok aku ikut nangis nontonnya," timpal yang lain. 

"Lebih baik dikatain Anak Abah daripada di katain anak Mulyono," ujar pendukung Anies. 

"Saya ikut terharu kak @sherlyannavita dan Pak @aniesbaswedan terimakasih sudah mnjdi yg baik dalam berrpolitik, saya bangga di barisanmu Abah," sahut pendukung lainnya lagi. 

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #influencer #kecewa #hingga #sebut #anies #sulit #diajak #cawe #cawe #curhatan #sedih #sherly #annavita #bikin #anak #abah #mewek

KOMENTAR