Usai Kaesang, KPK juga Batal Klarifikasi Bobby Menantu Jokowi soal Jet Pribadi, Ini Alasannya
Wali Kota Medan, Bobby Nasution. KPK batal melakukan klarifikasi terhadap Bobby terkait viralnya fotonya menaiki jet pribadi. Hal yang sama juga dilakukan KPK terhadap Kaesang. 
11:31
9 September 2024

Usai Kaesang, KPK juga Batal Klarifikasi Bobby Menantu Jokowi soal Jet Pribadi, Ini Alasannya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) batal untuk mengklarifikasi Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution terkait viralnya foto dirinya menggunakan jet pribadi.

Juru bicara KPK, Tessa Mahardika Sugiarto menuturkan pembatalan klarifikasi tersebut lantaran adanya pengalihan laporan dari Direktorat Gratifikasi ke Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM) KPK.

"Penanganan dugaan penerimaan gratifikasi Saudara BN (Bobby Nastion) sudah tidak lagi berada di Direktorat Gratifikasi Kedeputian Pencegahan, karena sudah ada laporan yang masuk, maka difokuskan di Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM)," ujar Tessa pada Senin (9/9/2024), dikutip dari Kompas.com.

Dengan adanya pengalihan laporan ini, Tessa mengatakan KPK tak dapat lagi memanggil Bobby untuk memberikan klarifikasi.

Hal itu lantaran lapOran yang masuk perlu untuk diproses terlebih dahulu.

Di sisi lain, Tessa mengatakan laporan yang diterima Direktorat PLPM KPK sudah masuk ke tahap penelaahan.

"(Jadi) bukan tidak fokus mengundang. Fokus penanganannya sudah beda direktorat.

Sebagai informasi, sempat beredar foto yang memperlihatkan Bobby naik jet pribadi bersama istrinya, Kahiyang Ayu dan viral di media sosial.

Foto tersebut pertama kali diunggah oleh akun X bernama @MurtadhaOne1 pada 28 Agustus 2024 lalu.

Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan sempat pula mengungkapkan pihaknya tengah mengkaji keaslian foto Bobby menaiki jet pribadi itu.

"Sedang memastikan fotonya apakah orisinil lalu akan kirim surat permintaan klarifikasi," kata Pahala saat dihubungi, Jumat (6/9/2024).

Pahala mengatakan, pemanggilan Bobby tersebut untuk meminta klarifikasi terkait asal usul uang penggunaan jet pribadi.

Hal ini, kata dia perlu diklarifikasi mengingat Bobby merupakan penyelenggara negara.

"Iya karena Penyelenggara Negara (PN), justru ingin diklarifikasi apakah fasilitas itu biaya pribadi atau pemberian," ujarnya.

KPK juga Batal Klarifikasi Kaesang

Sebelumnya, KPK juga batal untuk mengklarifikasi putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep terkait jet pribadi yang ditumpangi bersama istrinya, Erina Gudono yang diduga hasil gratifikasi.

Tessa juga sempat membeberkan alasan dibatalkannya KPK melakukan klarifikasi terhadap Kaesang yaitu karena pengusutan terkait dugaan gratifikasi Ketua Umum PSI akan dilakukan oleh Direktorat PLPM KPK.

Tessa mengatakan alasan perubahan itu karena pernyataan yang sempat disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata terjadi sebelum adanya laporan dari Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaedilah Badrun.

"Jadi, sebagaimana kita ketahui, beberapa kali Pak AM (Alexander Marwata) telah menyampaikan dan tempo atau waktu penyampaian itu terjadi sebelum adanya proses pelaporan yang dilakukan oleh MAKI dan satunya dari UNJ," katanya kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada Rabu (4/9/2024).

"Per hari ini, setelah ada update dari Direktorat PLPM ke pimpinan, kembali ke pernyataan saya yang awal bahwa terkait isu gratifikasi akan difokuskan di penelaahan di Direktorat PLPM dan bukan di Direktorat Gratifikasi," sambung Tessa.

Kendati demikian, Tessa menegaskan pengusutan laporan terhadap Kaesang masih sama yaitu terkait dugaan gratifikasi.

Tessa juga mengatakan saat ini pengusutan dilimpahkan ke Direktorat PLPM karena memiliki wewenang yang lebih luas ketimbang Direktorat Gratifikasi.

Di sisi lain, dia mengatakan tugas Direktorat Gratifikasi KPK saat ini adalah mengumpulkan bukti-bukti tambahan untuk disuplai ke Direktorat PLPM.

"Jadi (pengusutan dugaan gratifikasi) lintas direktorat. Nah, fokusnya sekarang adalah di Direktorat PLPM," ujar Tessa.

Pada akhir pernyataannya, Tessa menegaskan Direktorat Gratifikasi tidak akan mengundang Kaesang untuk melakukan klarifikasi.

"Ya, sudah tidak kesana lagi," kata dia.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)(Kompas.com/Haryanti Puspitasari)

Artikel lain terkait Gaya Hidup Anak dan Menantu Jokowi

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #usai #kaesang #juga #batal #klarifikasi #bobby #menantu #jokowi #soal #pribadi #alasannya

KOMENTAR