Buka MTQ ke-30 di Samarinda, Jokowi Minta Saring Berita dari Media Sosial: Harus Cek dan Ricek
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-30 di Stadion Gelora Kadrie Oening, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pada Minggu, (8/9/2024). 
21:11
8 September 2024

Buka MTQ ke-30 di Samarinda, Jokowi Minta Saring Berita dari Media Sosial: Harus Cek dan Ricek

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-30 di Stadion Gelora Kadrie Oening, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pada Minggu, (8/9/2024).

Dalam sambutannya Presiden menyinggung soal mudahnya masyarakat sekarang ini dalam memperoleh informasi.

Namun masalahnya, informasi tersebut lebih dominan bersumber dari media sosial yang tak memiliki redaksi.

"Di era digital sekarang ini masyarakat kita sangat mudah memperoleh informasi. Media konvensional yang beredaksi mulai terdesak. Yang dominan adalah media sosial, media online dan semua orang bisa menjadi wartawan. Citizen journalism tanpa ada dewan redaksi," kata Jokowi.

Untuk itu Presiden meminta masyarakat agar menyaring terlebih dahulu informasi yang diterima. Masyarakat kata Presiden harus bisa menjadi redaksi bagi dirinya sendiri, sehingga bisa membedakan mana berita fakta dan mana berita bohong atau hoaks.

"Harus mampu menyaring berita mana yang baik, berita mana yang tidak baik. Harus cek dan ricek mana yang benar dan mana yang hoaks atau berita bohong," katanya.

Presiden menilai masyarakat sekarang ini butuh pegangan moral yang kuat yaitu agama. Oleh karenanya gelaran MTQ menjadi penting sebagai momentum untuk membumikan ajaran Alquran.

"Mempekruat moral dan spiritual bangsa dalam sendi sendi kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara," pungkasnya.

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #buka #samarinda #jokowi #minta #saring #berita #dari #media #sosial #harus #ricek

KOMENTAR