Sosok Veddriq Leonardo, Atlet Panjat Tebing Sabet Emas Pertama buat Indonesia di Olimpiade Paris 2024
Veddriq Leonardo, sang putra terbaik Indonesia, telah menorehkan sejarah baru dalam dunia panjat tebing. (AFP)
19:54
8 Agustus 2024

Sosok Veddriq Leonardo, Atlet Panjat Tebing Sabet Emas Pertama buat Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo, menjadi penyumbang medali emas pertama untuk Indonesia dalam ajang Olimpiade Paris 2024.

Veddriq yang turun di nomor speed panjat tebing di Le Bourget Climbing Venue, Paris berhasil menyabet emas pada Kamis (8/8/2024) sore WIB yang mencatatkan waktu 4,75 detik dan mengalahkan atlet asal Cina, Wu Peng, yang saat ini duduk di peringkat 2 dunia berdasarkan IFSC.

Sebelum melangkah ke babak final, Veddriq sudah terlebih dahulu mengalahkan atlet panjat tebing asal Iran, Reza Alipour, dengan catatan waktu 4,78 detik.

Tak pelak sosok Veddriq langsung dibanjiri pujian banyak warganet, apalagi karena medali emas yang diperolehnya adalah yang pertama untuk Indonesia. Perolehan emas ini juga membuat peringkat Indonesia di klasemen perolehan medali Olimpiade Paris 2024 melesat, dari yang sebelumnya duduk di peringkat 72 jadi ke angka 46.

Baca Juga: Catatan Rekor Dunia Veddriq Leonardo Usai Cetak Sejarah dan Sabet Medali Emas Panjat Tebing Olimpiade 2024

Profil Veddriq Leonardo

Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing kebanggaan Indonesia, berhasil mengukir sejarah baru di ajang Olimpiade Paris 2024. (AFP)Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing kebanggaan Indonesia, berhasil mengukir sejarah baru di ajang Olimpiade Paris 2024. (AFP)

Veddriq Leonardo adalah atlet panjat tebing yang dilahirkan di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 11 Maret 1997. Dilansir dari situs resmi Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), Veddriq saat ini berada di urutan ke-10 dunia.

Selain sebagai atlet, Veddriq juga merupakan lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Veddriq mengawali kariernya sebagai atlet panjat tebing melalui turnamen panjat tebing nasional pada tahun 2014 di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Veddriq lalu debut di kejuaraan internasional lewat perlombaan cepat di Moskow, Rusia.

Sejak itu, sejumlah prestasi mentereng pernah diukir oleh Veddriq, seperti mendapatkan medali emas di World Games Birmingham 2022, Piala Dunia IFSC Musim 2022 dan 2021, serta di nomor regu Asian Games 2018.

Baca Juga: Veddriq Leonardo Sumbang Medali, Update Total Perolehan Emas Indonesia Sepanjang Keikutsertaan di Olimpiade

Terkait kehidupan pribadinya, Veddriq merupakan anak dari pasangan Sumaryanto dan Rosita. Dituturkan sang ibu, Veddriq bahkan tetap gigih berlatih ketika Kalimantan dikepung kabut asap akibat kebakaran hutan.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #sosok #veddriq #leonardo #atlet #panjat #tebing #sabet #emas #pertama #buat #indonesia #olimpiade #paris #2024

KOMENTAR