Sama-sama Habis Pamer Rumah Mewah Puluhan Miliar, Ini Honor Ceramah Ustaz Riza Muhammad dan Ustaz Solmed: Besar Mana?
Kolase Ustaz Riza Muhammad dan Ustaz Solmed (Instagram)
18:42
19 Januari 2024

Sama-sama Habis Pamer Rumah Mewah Puluhan Miliar, Ini Honor Ceramah Ustaz Riza Muhammad dan Ustaz Solmed: Besar Mana?

Setelah Ustaz Solmed, Ustaz Riza Muhammad juga ikut memamerkan rumah mewah puluhan miliar yang tengah dibangunnya untuk keluarga kecilnya. Lagi-lagi, rumah megah itu dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pribadi.

Suami Indri Giana itu membocorkan kediamannya akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti salon, gym, indoor playground, kolam renang hingga minimarket pribadi. Hanya saja, Ustaz Riza Muhammad menyebut saat ini rumah itu masih dalam pembangunan.

"Iya memang saya jujur iya puluhan (miliar), karena membangun rumah di zaman sekarang kan memang tidak murah," kata ustaz Riza Muhammad dilansir dari Status Selebritis SCTV, Kamis (19/1/2024).

"Cuman yang saya ingin tekankan, jangan melihat angkanya. Lihatlah bagaimana seseorang itu menyenangkan pasangannya," sambungnya.

Tak jauh berbeda, Ustaz Solmed sudah lebih dulu memamerkan rumah mewahnya yang menghabiskan biaya mencapai Rp24 miliar. Hunian yang mengusung konsep Timur Tengah minimalis itu disebut memiliki fasilitas lengkap.

Seperti ada kolam renang, lapangan tembak, lapangan bulu tangkis, lapangan futsal, sirkuit, gym hingga playground. Tentu saja hal yang diperlihatkan kedua ustaz tersebut memicu berbagai komentar miring netizen. 

Sebab, hal ini tak sesuai dengan ajaran Rasulullah yang sederhana. Tak heran banyak netizen bertanya-tanya soal pendapatan kedua ustaz tersebut, termasuk dari honor ceramahnya.

Honor Ustaz Riza Muhammad

Saat ditelusuri, ulama 40 tahun tersebut mengantongi pendapatan yang tidak sedikit. Dalam sebuah wawancara bersama Suara.com pada 2015 silam, Ustaz Riza Muhammad tidak menampik mendapat honor fantastis saat diundang sebuah perusahaan. 

Termasuk pula jika ia mengisi acara kampanye, yang bisa mengantongi Rp25 hingga Rp30juta untuk sekali ceramah. Meski demikian, Ustaz Riza Muhammad mengaku tak pernah memasang tarif ceramah.

"Saya nggak pernah pasang tarif. Saya selalu larang manajemen saya pasang tarif," kata Ustaz Riza Muhammad.

Honor Ustaz Solmed 

Seperti diketahui, besaran tarif Ustaz Solmed sempat bocor pada 2013 silam. Pada saat itu, ustaz Solmed diketahui mendapat undangan untuk ceramah di Hongkong.

Ustaz Solmed dan pihak panitia mulanya diketahui sudah sepakat dengan bayaran sebesar 6 ribu Dollar Hongkong atau setara Rp8 juta. 

Namun dalam perjalanannya, sang ustadz tiba-tiba meminta honornya menjadi Rp10 juta. Sekitar 3 tahun kemudian, dia dikabarkan menerima honor sebesar Rp15 juta hingga Rp25 juta yang kemudian dibantahnya.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #sama #sama #habis #pamer #rumah #mewah #puluhan #miliar #honor #ceramah #ustaz #riza #muhammad #ustaz #solmed #besar #mana

KOMENTAR