Sederet Fakta Menarik Lianne Tan, Atlet Bulu Tangkis Belgia yang Memiliki Darah Indonesia
Pebulutangkis asal Belgia berdarah Indonesia, Lianne Tan diketahui fasih berbahasa Indonesia.
17:31
1 Agustus 2024

Sederet Fakta Menarik Lianne Tan, Atlet Bulu Tangkis Belgia yang Memiliki Darah Indonesia

Sosok Lianne Tan, pebulutangkis tunggal wanita asal Belgia kini mencuri perhatian publik. Bukan karena penampilannya dalam Olimpiade Paris 2024 , melainkan cuplikan videonya saat berbincang dengan pelatih Indra Bagus Ade Chandra viral di X.

Dalam video yang diunggah akun @vidiosports itu, Lianne tampak serius mendengarkan arahan dari pelatihnya yang memberikan instruksi menggunakan bahasa Indonesia.

"Kalau memang kamu lihat ada kesempatan untuk kamu cepetin (kok)nya, kamu lari kamu cepetin bukan bolanya kamu cepetin. Temponya kamu cepetin" ucap Indra kepada Lianne menggunakan bahasa Indonesia.

"Ngerti ya? Udah gitu kamu pegang lagi depan, kamu taruh lagi (kok)nya, sabar. Ya? Yok bisa" lanjut Indra Bagus sambil menepuk pundak Liane untuk menyemangatinya

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Timnas Indonesia Jinakkan Perlawanan Sengit Thailand di Final Piala AFF U-19 2024

Hal ini pun mendapat banyak sorotan lantaran Lianne sendiri diketahui berasal dari Belgia, sedangkan sang pelatih Indra Bagus diketahui memang merupakan warga Indonesia.

Lalu, seperti apa sosok Lianne Tan sebenarnya? Simak inilah profil dan fakta menarik Lianne Tan.

Profil Lianne Tan

Lianne Tan adalah pemain bulu tangkis wanita terkemuka yang mewakili Belgia di berbagai turnamen internasional. Wanita kelahiran 20 November 1990 ini memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Henk Tan. Dari sang ayah pula, Lianne memiliki bakat bulu tangkis dan menekuni olahraga tersebut.

Sejak kecil, Lianne sendiri sering diajak kedua orangtuanya Henk Tan dan Maria Meyers yang merupakan WN Belgia untuk berlibur ke Indonesia. Hal ini membuat Lianne semakin fasih dalam berbahasa Indoneia.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Sangun Ragahdo, Pengacara Muda yang Jadi Groomsmen Thariq Halilintar

Momen penting dalam karier Lianne sebagai pebulutangkis adalah partisipasinya dalam Olimpiade London 2012, di mana ia berkompetisi dengan saudara laki-lakinya, Yuhan Tan.

Lianne Tan berpose dengan pelatih asal Indonesia di Olimpiade Tokyo. (Instagram/liannetan20)Lianne Tan berpose dengan pelatih asal Indonesia di Olimpiade Tokyo. (Instagram/liannetan20)

Ia juga meraih medali perak di European Games di Baku, Azerbaijan, pada tahun 2015 yang memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain bulu tangkis top Eropa. Prestasi luar biasa ini mengangkat posisi bulu tangkis Belgia di peta global. Bahkan Lianne sendiri dinobatkan sebagai salah satu pemain tunggal wanita terbaik di Belgia.

Olahraga bulu tangkis itu rupanya juga membuat Lianne menemukan cinta. Sebab ia menjalani hubungan spesial dengan pelatihnya sendiri, Indra Bagus. Kini pria yang merupakan mantan pebulu tangkis Indonesia itu sudah menjadi suaminya.

Fakta menarik lain dari Lianne adalah di luar kehidupannya sebagai atlet, ia ternyata melakoni profesi sebagai dokter gigi. Diketahui wanita yang menguasai 4 bahasa ini merupakan lulusan Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Radboud Nijmegen tahun 2018.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #sederet #fakta #menarik #lianne #atlet #bulu #tangkis #belgia #yang #memiliki #darah #indonesia

KOMENTAR