Viral di TikTok! Apa Arti ''Jangan Ya Dek Ya'' dan Gimana Sih Awalnya?
Viral di TikTok! Apa Arti ''Jangan Ya Dek Ya'' dan Gimana Sih Awalnya? (Freepik)
09:52
29 Juli 2024

Viral di TikTok! Apa Arti ''Jangan Ya Dek Ya'' dan Gimana Sih Awalnya?

Kalimat “Jangan ya dek ya” baru-baru ini sedang viral di media sosial. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan, apa maksud jangan ya dek ya? Nah untuk mengetahuinya, berikut ini penjelasannya.

Ada banyak hal yang bisa kita temukan di media sosial. Melalui media sosial, ada hal-hal yang bisa dengan mudah menjadi viral. Salah satunya kalimat “jangan ya dek ya” yang belakangan ini sedang banyak digunakan oleh pengguna media sosial.

Viralnya kalimat “jangan ya dek ya” pun lantas menimbulkan pertanyaan bagi sejumlah orang, apa maksud jangan ya dek ya? Nah untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini penjelasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Maksud Jangan Ya Dek Ya

Jadi tren kalimat “Jangan Ya Dek Ya” ini bermula dari konten yang dibuat oleh seorang konten kreator bernama Zhio Butto Pink. Adapun Kreator ini membuat video konten dengan memberikan pertanyaan random ke anak-anak sekolah.

Baca Juga: Viral Party di Depan Anak-anak, Emak-emak Berhijab Asyik Pesta Miras sambil Goyang di Panggung

Saat anak-anak yang diberi pertanyaan itu kebingungan, si konten kreator tersebut lalu mengucapkan dengan nada medok yang khas kalimat “jangan ya dek ya”. Ini menandakanbahwa pertanyaan yang dilontarkan hanya gurauan.

Adapun maksud dari kalimat "Jangan ya dek ya" ini yaitu sebagai kalimat bujukan agar meninggalkan hal-hal yang tak diinginkan. Kalimat ini pun cenderung ditujukan kepada orang-orang dengan usian yang lebih muda. Anak-anak SD atau SMP, misalnya..

Konten  tersebut lantas menjadi viral di media sosial TikTok hingga Twitter/X, bahkan berhasil tembus FYP. Warganet pun kemudian berlomba-lomba membuat  video konten serupa. Bahkan publik figur, seperti  Fadil Jaidi dan Arafah pun turut meramaikan tren tersebut.

Dalam konten yang diunggah Fadil, Ia tampak sedang menjahili adiknya dengan pertanyaan-pertanyaan random. Konten “Jangan Ya Dek Ya” yang diunggah Fadil tersebut juga langsung ramai mendapat respon dari para pengikutnya.

Selain kalimat “Jangan Ya Dek Ya”, ada lagi kalimat atau istilah lainnya yang juga pernah viral di media sosial. Bahkan, kalimat-kalimat tersebut sampai saat masih kadang masih ada yang menggunakannya. Adapun istilah-istilah viral tersebut yakni sebagai berikut:

Baca Juga: Profil Yuni Utami, Mantan Polwan yang Viral Live di Tiktok Hingga Masuk RSJ

1. Mbak Taylor

2.  Cek Khodam

3.  Pinjam dulu seratus

4. Redflag

5.  Greenflag

6.  Fickme

Demikian penejelasan mengenai apa maksud jangan ya dek ya lengkap beberapa istilah lainnya yang sedang dan pernah viral di sosial media. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #viral #tiktok #arti #jangan #gimana #awalnya

KOMENTAR