Heboh Kasus Wanda Hara, Beda Pandangan UAS dan Derry Sulaiman soal Laki-laki Pakai Cadar
Kolase Ustaz Abdul Somad (UAS), Wanda Hara dan Derry Sulaiman (Instagram/Suara.com)
14:18
24 Juli 2024

Heboh Kasus Wanda Hara, Beda Pandangan UAS dan Derry Sulaiman soal Laki-laki Pakai Cadar

Aksi fashion stylist Wanda Hara yang hadir di pengajian Ustaz Hanan Attaki dengan mengenakan cadar masih hangat diperbincangkan publik. Ulah Wanda itu dianggap tidak wajar karena sejatinya ia adalah seorang laki-laki, sehingga menuai pro dan kontra di kalangan warganet.

Tenyata, silang pendapat mengenai peristiwa itu tak hanya terjadi di tataran warganet. Dua ustaz ternama juga memiliki pandangan yang tak sejalan mengenai boleh tidaknya seorang laki-laki mengenakan cadar. Dua ustaz itu adalah Ustaz Derry Sulaiman dan Ustaz Abdul Somad atau UAS.

Seperti apa pandangan keduanya mengenai laki-laki bercadar? Berikut ulasannya.

Pandangan Ustaz Derry Sulaiman

Baca Juga: Pria Boleh Bercadar, Kisah Nabi Yusuf Terpaksa Memakainya karena Tampan

Ustaz Derry Sulaiman (Suara.com)Ustaz Derry Sulaiman (Suara.com/Adiyoga Priyambodo)

Dalam sebuah video yang diunggah di akun di TikTok, Ustaz Derry Sulaiman mengatakan, menurut hukum Islam haram hukumnya jika seorang laki-laki tampil menyerupai perempuan dan sebaliknya.

"Allah SWT melaknat laki-laki yang menyerupai wanita, dan melaknat wanita yang menyerupai laki-laki. Itu tidak ada perselisihan, itu semua ulama sepakat," kata Ustadz Derry Sulaiman, dikutip pada Rabu (24/7/2024).

Berangkat dari hal itu, ia lalu mengaitkan pada peristiwa Wanda Hara yang memakai cadar dan berbaur dengan jamaah perempuan ketika mengikuti pengajian Ustaz Hanan Attaki.

Dalam pandangannya, setidaknya ada dua kesalahan yang dilakukan oleh Wanda Hara sehingga bisa mendapatkan laknat dari Allah SWT.

Pertama, Wanda merupakan seorang laki-laki namun mengenakan pakaian menyerupai perempuan. Kedua, ia juga salah karena duduk di barisan jamaah perempuan.

Baca Juga: Wanda Hara Dihujat, Ustaz Derry Sulaiman Sebut Lelaki Boleh-Boleh Saja Pakai Cadar

Namun ketika pembahasan berlanjut mengenai hukum laki-laki mengenakan cadar, Ustaz Derry menyatakan hal itu dibolehkan dalam Al Qur’an.

"Tapi kalau laki-laki memakai cadar bagaimana hukumnya? Boleh-boleh saja," katanya.

Ia lalu merujuk pada kisah Nabi Yusuf yang terdapat dalam Al Qur’an yang dikisahkan harus menutup wajahnya kemanapun karena wajahnya yang sangat tampan.

Ustaz Derry meyakini, Nabi Yusuf menutupi wajahnya dengan cadar untuk menjaga pandangan para perempuan Mesir ketika itu.

"Kenapa ditutup? Karena kalau dibuka, wajah Nabi Yusuf AS, wanita-wanita Mesir waktu itu terbelalak matanya, kemudian tanpa sadar mengiris-iris jarinya. Itu diceritakan dalam Al-Quran," kata Ustaz Derry.

Atas dasar itulah ia mengatakan laki-laki boleh mengenakan cadar dan memang ada cadar yang dibuat dengan model untuk pria.

Pandangan Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad atau UAS (Instagram)Ustaz Abdul Somad atau UAS (Instagram)

Dalam sebuah ceramah, Ustaz Abdul Somad (UAS), pernah membahas hukum Islam mengenai pria yang memakai pakaian perempuan.

UAS menegaskan, Islam melarang seorang laki-laki yang menyerupai perempuan dan sebaliknya, karena akan mendapatkan laknat dari Allah SWT.

Tak hanya itu, UAS juga menyebut kalau umat Islam dilarang bergaul dengan seseorang yang masuk dalam golongan LGBT, karena khawatir bisa membawa pengaruh buruk.

"Kalau sampai dia melakukan maaf perbuatan seksual maka hukumannya akan lebih jelas. Hukumannya pancung kepala karena dia sudah menjadi kaum Nabi Luth," ucapnya.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #heboh #kasus #wanda #hara #beda #pandangan #derry #sulaiman #soal #laki #laki #pakai #cadar

KOMENTAR