Tidak Hanya Cuan, Program Kewirausahaan Untuk Siswa Juga Bisa Ajarkan Kepedulian Sosial Sejak Dini
Program Kewirausahaan PJI Company of the Year Competition 2024 (Dok. Istimewa)
16:50
17 Juli 2024

Tidak Hanya Cuan, Program Kewirausahaan Untuk Siswa Juga Bisa Ajarkan Kepedulian Sosial Sejak Dini

Mengenalkan jiwa wirausaha pada anak bisa dilakukan sejak dini karena ternyata memiliki manfaat yang luar biasa lho. Di antaranya adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri, mandiri dan menjadi orang yang memiliki kreatifitas yang tinggi sehingga bisa menjadi pribadi lebih produktif saat mereka dewasa nanti.

Untuk itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satu adalah dengan membekali mereka pengetahuan, keterampilan dan motivasi. Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia Pribadi Setiyanto, mengatakan programnya, Student Company dan PJI COY pada tahun ini menitikberatkan pada keseimbangan antara profitabilitas, keberlanjutan, dan optimasi teknologi pada bisnis. 

"Siswa didorong untuk menggali kreativitas dan inovasi tanpa batas dalam menciptakan peluang ekonomi baru yang mengedepankan etika dan kontribusi sosial ekonomi. Dengan fokus ini, kami berharap bisnis yang mereka rintis dapat memberikan manfaat untuk masyarakat serta unggul di kancah internasional,” katanya dalam keterangan pers yang Suara.com terima baru-baru ini.

Sebelumnya, untuk merayakan puncak program eukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks Indonesia, dan AIG Indonesia menyelenggarakan ‘PJI Company of the Year Competition 2024 (PJI COY)’ di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu 13 Juli 2024. 

Baca Juga: 4 Manfaat Traveling Seperti yang Dilakukan Ayu Ting Ting, Berikut Ada Tipsnya Supaya Tak Boncos

Ajang ini menjadi gerbang awal bagi wirausaha muda terbaik dari 11 (sebelas) SMA dan SMK di berbagai daerah di Indonesia menuju kompetisi wirausaha tingkat Asia Pasifik di Tokyo, Jepang, dan juga tingkat global pada 2025.

Untuk membekali pengetahuan, keterampilan, dan motivasi kewirausahaan melalui program Student Company, para siswa didampingi secara intensif sekaligus didorong agar dapat membentuk tim, mengembangkan ide dan strategi, serta mengoperasikan bisnis di sekolah untuk kemudian berkompetisi di tingkat nasional sejak Agustus 2023. 

Pada periode sebelumnya, program yang juga didukung oleh Zurich Indonesia ini berhasil mengedukasi 1.336 siswa di 15 kota serta melahirkan 55 bisnis baru yang mengontribusikan total pendapatan bisnis hingga Rp545 juta.

"Bersama PJI dan dengan dukungan dari Z Zurich Foundation, kami akan memperluas kesuksesan program edukasi ini dengan melibatkan lebih banyak siswa, guru, dan sekolah di periode implementasi berikutnya. Kami melibatkan karyawan untuk menjadi mentor para siswa dalam membangun bisnisnya," kata Wakil Presiden Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich Indonesia) Heriyanto A. Putra.

Chief Operating Officer Starbucks Indonesia Liryawati juga mengatakan timnya selalu berupaya untuk menciptakan inisiatif-inisiatif yang dapat memberikan banyak kebaikan dan perubahan positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga: Mantan Bos Bursa Sebut Perusahaan BUMN Seperti 'Kartel' Besar yang Berkelompok

Michael J. Morris, Direktur AIG Indonesia, menambahkan program ini membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan. Selain membangun keterampilan kewirausahaan, siswa juga memiliki kesempatan untuk belajar berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #tidak #hanya #cuan #program #kewirausahaan #untuk #siswa #juga #bisa #ajarkan #kepedulian #sosial #sejak #dini

KOMENTAR