Bacaan Doa Nabi Yunus Bahasa Arab dan Terjemahan, Keistimewaan Terkabulnya Hajat
Ilustrasi orang berdoa - doa Nabi Yunus (Freepik)
20:39
18 Januari 2024

Bacaan Doa Nabi Yunus Bahasa Arab dan Terjemahan, Keistimewaan Terkabulnya Hajat

Dalam Islam, ada banya doa yang bisa dipanjatkan oleh umat Muslim, salah satunya doa yang dibacakan oleh Nabi Yunus saat sedang memiliki hajat mendesak. Lantas, bagaimana bunyi bacaan doa Nabi Yunus? Berikut ini ulasannya.

Diketahui, doa Nabi Yunus ini merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus ketika Ia ditelah oleh seekor ikan paus. Selama berpuluh-puluh hari di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus selalu berdoa dan meminta pertolongan Allah SWT.

Setelah Nabi Yunus berdoa dengan penuh keikhlasan kepada Allah SWT, Nabi Yunus pun akhirnya bisa keluar dengan selamat di dalam perut ikan paus. Adapun doa yang dibaca Nabi Yunus tersebut tercantum dalam surah Al Anbiya ayat 87 yang bunyi doanya sebagai berikut:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh-zhaalimiin

Artinya: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

Keistimewaan Doa Nabi Yunus

Rasulullah SAW mengungkapkan, doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus AS saat ditelan ikan paus ini bisa dijadikan doa bagi umat Muslim untuk memohon pertolongan Allah SWT ketika sedang dihadapkan dalam masalah.

Hal ini tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang bunyi hadisnya sebagai berikut:

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

Artinya: "Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: 'Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin' Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya." (HR At Tirmidzi)

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al Hakim, Rasulullah SAW juga menganjurkan agar umat Muslim agar mengamalkan doa Nabi Yunus ketika sedang dalam masalah dan tidak tahu jalan keluar. Adapun bunyi hadisnya seperti berikut ini:

Rasulullah SAW bersabda: "Maukah aku beritahukan kepadamu sesuati jika kamu ditimpa suatu masalah atau ujian dalam urusan dunia ini, kemudian berdoa dengannya yaitu, doa Dzun Nun atau Nabi Yunus.”

Jika mengamalkan doa Nabi Yunus secara rutin dan penuh keikhlasan, maka Allah SWT akan mengabulkan hajat sedang kamu inginkan. Selain itu, Allah SWT juga akan memudahkan segala urusanmu.

Demikian ulasan mengenai bacaan doa Nabi Yunus yang bisa diamalkan oleh umat Muslim setiap hari.

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #bacaan #nabi #yunus #bahasa #arab #terjemahan #keistimewaan #terkabulnya #hajat

KOMENTAR