Deretan Keluarga Jokowi Ini Dapat Jabatan Strategis di Pemerintahan, Siapa Saja?
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan amanah saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)
17:06
12 Juni 2024

Deretan Keluarga Jokowi Ini Dapat Jabatan Strategis di Pemerintahan, Siapa Saja?

Isu politik dinasti kembali menyeruak dan diarahkan pada keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu lantaran masuknya keponakan Jokowi, Bagaskara Ikhlasulla Arif ke PT Pertamina sebagai Manager Non-Governmental Relation.

Pengangkatan Bagaskara di jabatan itu diduga ada campur tangan kekuasaan, mengingat ia masih keluarga orang nomor satu di Indonesia itu.

Selain itu, masuknya Bagaskara di perusahaan mintak pelat merah itu menambah panjang daftar keluarga Jokowi yang mencicipi jabatan di pemerintahan maupun di BUMN.

Baca Juga: Terbaru Tsamara Amany, Joko Anwar Sindir Pemerintah Bagi-Bagi Jabatan

Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

Gibran Rakabuming Raka

Anak sulung Presiden Jokowi ini merupakan yang pertama kami terjun ke dunia politik dan pemerintahan.

Pada 2021 lalu, ia terpilih sebagai Wali Kota Solo, setelah sebelumnya mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Dua tahun setelah menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran maju di Pilpres 2024, sebagai Calon Wakil Presiden bersama Prabowo Subianto.

Baca Juga: Adu Gaya Istri Kaesang Pangarep Erina Gudono vs Felicia Tissue, Lebih Kece Mana?

Pasangan itu pun berhasil memenangkan Pilpres 2024 dan akan dilantik pada Oktober mendatang.

Bobby Nasution

Nama Bobby Nasution kini dikenal sebagai Wali Kota Medan, Sumatera Utara. Ia merupakan menantu Jokowi setelah menikah dengan Kahiyang Ayu pada 2017 lalu.

Setelah menjajal sebagai Wali Kota Medan, kini Bobby digadang-gadang akan maju di Pilgub Sumatera Utara, November 2024 mendatang.

Anwar Usman

Anwar Usman adalah adik ipar Jokowi, setelah menikah dengan adik presiden, Idayati, pada Mei 2022 lalu. Selain itu, Anwar Usman juga menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2018-2023,

Namanya mencuri perhatian publik setelah mengubah persyaratan usia capres cawapres menjadi 35 tahun yang dinilai memudahkan GIbran untuk mencalonkan diri di Pilpres 2024.

Kaesang Pangarep

Kaesang merupakan anak bungsu Presiden Jokowi. Kini ia menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Kaesang kini digadang-gadang untuk maju di Pilgub DKI, sebagai calon wakil gubernur. Sebelumnya, nama kaesang juga sempat muncul sebagai calon wali kota Depok dan Bekasi.

Bagaskara Ikhlasulla Arif

Nama Bagaskara mencuat setelah ia diumumkan mendapat jabatan penting di PT Pertamina, sebagai Manager Non-Governmental Relation.

Ia merupakan keponakan dari Presiden Jokowi, dan sebelumnya pernah menduduki jabatan penting di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bagaskara juga diketahui pernah pula berkarier di Pertamina.

Joko Priyambodo

Nama Joko Priyambodo melengkapi deretan keluarga Jokowi yang mendapatkan jabatan di pemerintahan dan BUMN.

Sama seperti Bagaskara, Joko Priyambodo merupakan keponakan Jokowi dan mendapatkan jabatan di salah satu anak usaha PT Pertamina.

Sejak 20 Mei 2024 lalu, ia menduduki jabatan Direktur Pemasaran dan Operasi di PT Patra Logistik. 

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #deretan #keluarga #jokowi #dapat #jabatan #strategis #pemerintahan #siapa #saja

KOMENTAR