Dibongkar di Sidang, Ini Sederet Fasilitas yang Diterima Kemal Redindo Anak SYL dari Kementan
Terdakwa kasus pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (tengah) mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (27/5/2024). [ANTARA FOTO/Reno Esnir/aw]
13:27
28 Mei 2024

Dibongkar di Sidang, Ini Sederet Fasilitas yang Diterima Kemal Redindo Anak SYL dari Kementan

Sidang kasus dugaan gratifikasi dan pemerasan yang dilakukan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) ibarat membuka kotak pandora. 

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusar itu terungkap sejumlah fakta baru yang mencengangkan, di antaranya mengenai aliran dana hasil gratifikasi dan pemerasan yang diterima SYL selama menjabat sebagai Mentan.

Dana miliaran rupiah itu disebut mengalir deras ke keluarga SYL, mulai dari istri, anak hingga cucu dalam berbagai bentuk fasilitas.

Lantas apa saja fasilitas yang diduga diterima anak SYL, Kemal Redindo dari uang hasil penerimaan gratifikasi dan pemerasan di Kementan? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:Berani Usulkan Nama untuk Isi Jabatan di Kementan, Anak SYL Klaim Tak Menerima Apa-apa di Persidangan

Umrah bersama Kementan

Putra Syahrul Yasin Limpo, Kemal Redindo atau Dindo mengakui kalau dirinya pernah mengikuti umrah bersama rombongan Kementerian Pertanian (Kementan).

Pengakuan itu disampaikan Dindo ketika jadi saksi dalam sidang lanjutan kasus SYL di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

Awalnya hakim bertanya pada Dindo apakah ia ikut umrah bersama rombongan Kementan. Ia lalu mengaku ikut.

Tak hanya itu, Dindo juga mengaku mengajak istri, dua anaknya dan seorang baby sitter ke Tanah Suci. Meski memboyong semua anggota keluarganya, Dindo mengaku terpaksa ikut umrah dengan Kementan karena diajak SYL dan mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono. 

Baca Juga:Momen Istri SYL Ngotot Tak Punya Tas Dior Warna Merah, Padahal Ditemukan Di Kamarnya Saat Digeledah KPK

Tiket pesawat kelas bisnis

Dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Senin (27/5/2024), Dindo juga mengaku kerap dibayari tiket pesawat kelas bisnis oleh Kementan.

Di hadapan majelis hakim, Dindo mengaku sudah biasa dibayari tiket pesawat kelas bisnis oleh Kementan. Hal itu bermula ketika Biro Umum Kementan memintanya melapor jika ingin pulang ke Jakarta atau kembali ke Makassar.

Sunatan anak dibiayai Kementan

Masih di sidang yang sama, Dindo juga mengaku menggelar acara sunatan anaknya dengan biaya dari Kementan. Ia mengatakan, acara sunatan itu digelar di rumah SYL di Makassar.

Menurut Dindo, ketika itu Biro Umum Kementan menawarkan agar biaya makan, minum, kursi untuk acara sunatan anaknya ditanggung Kementan.

Biaya aksesoris mobil dari Kementan

Tak kalah mencengangkan, dalam sidang Dindo mengaku dirinya meminta uang sebesar Rp111 juta dari Kementerian Pertanian, untuk membeli aksesoris mobilnya.

Dindo mengaku, uang sebesar ratusan juta rupiah itu ia minta karena sebelumnya ada tawaran dari Biro Umum Kementan.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #dibongkar #sidang #sederet #fasilitas #yang #diterima #kemal #redindo #anak #dari #kementan

KOMENTAR