Elon Musk 2 Kali Pakai Kemeja Tenun Bomba Khas Sulawesi Tengah, Ternyata Pemberian Pengusaha Ini
Kerja sama Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Elon Musk untuk menyediakan internet Starlink di puskesmas daerah terpencil di Indonesia. [Dok. Kemenkes]
17:20
20 Mei 2024

Elon Musk 2 Kali Pakai Kemeja Tenun Bomba Khas Sulawesi Tengah, Ternyata Pemberian Pengusaha Ini

Pemilik X sekaligus Tesla, Elon Musk akhirnya resmi meluncurkan layanan internet Starlink ke Indonesia pada Minggu (19/5). Pengumuman ini dia sampaikan saat mengunjungi acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Salah satu titik peresmian layanan satelit Starlink dilakukan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Sumerta Kelod, Denpasar, Bali.

Dalam acara peresmian, Elon Musk didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Biasa pakai kaos hitam, Elon Musk tampil mencolok dengan memakai kemeja lengan panjang warna hijau bercorak.

Rupanya, busana Elon Musk itu berasal dari kain tenun Bomba, khas dari Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Sebagai informasi, desa kecil penghasil kain tenun Bomba itu terkenal dengan kekayaan alamnya, terutama nikel, yang merupakan bahan utama dalam pembuatan baterai mobil listrik (EV).

"CEO Tesla Inc. ini hadir mengenakan produk kreatif tenun Bomba khas Sulawesi Tengah yang coraknya mengandung unsur flora," ungkap akun Instagram @kemenparekraf.ri.

Menariknya, kain tenun Bomba yang dikenakan Elon Musk itu merupakan pemberian pengusaha Indonesia, Anindya Bakrie.

"Elon ternyata masih menyimpan batik dari saya dan memakainya saat kunjungan ke Indonesia," tulis Anindya Bakrie di caption Instagram, dikutip Senin (20/5).

Tercatat Elon Musk sudah dua kali memakai kemeja pemberian Anindya Bakrie itu. Pertama untuk hadir secara virtual di KTT B20 Summit yang digelar di Nusa Dua, Bali pada 2022 lalu.

Kemudian yang kedua kalinya saat Elon Musk mengikuti perhelatan World Water Forum (WWF) Ke-10 yang baru saja digelar di Bali.

"Batik Bomba nya Elon bukan saja serasi dengan kami, tapi juga serasa dengan masyarakat Indonesia," tulis Anindya Bakrie di unggahan selanjutnya.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #elon #musk #kali #pakai #kemeja #tenun #bomba #khas #sulawesi #tengah #ternyata #pemberian #pengusaha

KOMENTAR