Diangkat Jadi Stafsus Presiden, Segini Gaji Grace Natalie Meski Sudah Punya Kekayaan Berlimpah
Grace Natalie. (Suara.com/Novian)
10:45
16 Mei 2024

Diangkat Jadi Stafsus Presiden, Segini Gaji Grace Natalie Meski Sudah Punya Kekayaan Berlimpah

Senyum mengembang di wajah Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana negara pada Rabu (15/5/2024).

Hal itu lantaran Grace baru saja ditunjuk untuk menjadi staf khusus (stafsus) Presiden Jokowi. Grace tak sendirian, Juri Ardiantoro juga untuk memegang jabatan yang sama.

Usai bertemu dengan Presiden Jokowi, kepada awak media, Grace mengatakan dirinya telah mendapatkan tugas dari presiden.

Namun mantan jurnalis ini enggan menjelaskan lebih detil mengenai penugasan yang baru saja ia terima.

"Ya nanti, nanti deh kalau sudah bisa di-share. Saya izin dulu," ujar Grace pada awak media.

Keberhasilan Grace menjadi stafsus presiden diraih setelah melewati proses panjang. Diketahui, PSI merupakan parpol yang telah mendukung Jokowi selama dua periode.

Pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 lalu, PSI mendukung paslon Prabowo-Gibran yang keluar sebagai pemenang pilpres. 

Sosok Grace juga menaik perhatian publik. Bukan hanya karena parasnya yang cantik, namun juga latar belakangnya, termasuk harta kekayaannya.

Berikut adalah sumber kekayaan Grace Natalie yang baru saja diangkat menjadi Stafsus Presiden, dirangkum dari berbagai sumber:

Jurnalis senior

Sebelum terjun menjadi politisi bersama PSI, Grace dikenal sebagai salah satu jurnalis ternama di Indonesia.  Wajahnya sering terlihat di layar kaca, karena ia menjadi pembawa berita di sejumlah stasiun televisi.

Ia juga sempat meliput sejumlah peristiwa penting di Indonesia, diantaranya Tsunami di Aceh pada 2004 hingga kerusuhan di Poso.

Grace juga pernah menerima sejumlah penghargaan bergengsi di dunia jurnalistik, seperti Anchor of the Year 2008 dan Runner Up Jewel of the Station 2009 versi blog News Anchor Admirer.

Istri CEO perusahaan ternama

Pada 8 Oktober 2011, Grace menikah dengan Kevin Osmond yang merupakan seorang CEO dan pendiri perusahaan Printerous.

Printerous merupakan perusahaan platform layanan percetakan dan desain online. Perusahaan itu berkembang pesat pada 2018 dan akan melebarkan sayapnya ke Asia Tenggara.

CEO lembaga riset

Setelah mundur dari dunia pertelevisian pada 2012, Grace menjadi CEO di salah satu lembaga riset dan konsultan politik, Saiful Mujani Research & Consulting (SRMC).

Secara tak langsung, ini sekaligus menjadi langkah awal Grace terjun ke dunia politik. Di lembaga itulah ia mengaku mulai berkenalan dengan dunia politik praktis.

Pendiri PSI

Pada 2014, Grace mendirikan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bersama Raja Juli Antoni, Isyana Bagoes Oka, Jeffrie Geovanie, dan Sumardy.

Grace pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSI dari 16 November 2014 hingga 16 November 2021. Posisinya lalu digantikan oleh Giring Ganesha, lalu kini Kaesang Pangarep.

Kini, Grace Natalie menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina PSI.

Gaji Grace Natalie sebagai Stafsus Presiden

Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 144 tahun 2015, Staf Khusus Presiden berhak menerima gaji sebesar Rp51 juta per bulan.

Peraturan itu juga menentukan besaran gaji yang diterima Staf Khusus Wakil Presiden, wakil sekretaris pribadi Presiden, asisten, serta pembantu asisten.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #diangkat #jadi #stafsus #presiden #segini #gaji #grace #natalie #meski #sudah #punya #kekayaan #berlimpah

KOMENTAR