3 Manfaat Mengunjungi Pameran Seni Bagi Kesehatan Mental: Bikin Mood Bagus Hingga Redakan Stres
Pameran seni Art Jakarta Garden di Plataran Indonesia. (dok. Plataran)
09:02
16 Mei 2024

3 Manfaat Mengunjungi Pameran Seni Bagi Kesehatan Mental: Bikin Mood Bagus Hingga Redakan Stres

Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern, kesehatan mental tak jarang terabaikan. Stres, kecemasan, dan depresi dapat melanda kapan saja, mengganggu ketenangan dan menghambat produktivitas. Dalam situasi ini, mencari cara untuk menyeimbangkan kembali diri menjadi kebutuhan esensial. Salah satu pilihan yang menjanjikan adalah dengan menghadiri pameran seni.

Pameran seni, dengan berbagai macam karya seni yang dipamerkan, menawarkan lebih dari sekadar estetika. Beragam penelitian menunjukkan bahwa mengunjungi pameran seni dapat memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan mental. Mengutip laman University of Washington, manfaat menghadiri pameran seni di antaranya:

1. Meredakan Stres dan Kecemasan

Karya seni memiliki kemampuan untuk menenangkan pikiran dan memicu relaksasi. Suasana tenang di galeri seni, dipadukan dengan keindahan dan makna yang terkandung dalam karya seni, dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Hal ini pun diamini oleh penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat hormon stres (kortisol) pada pengunjung pameran seni menurun, dibandingkan sebelum mereka memasuki galeri.

2. Meningkatkan Mood dan Kebahagiaan

Mengamati karya seni dapat membangkitkan berbagai macam emosi positif, seperti kegembiraan, kekaguman, dan inspirasi. Emosi-emosi ini membantu meningkatkan mood dan kebahagiaan, memberikan efek positif pada kesehatan mental secara keseluruhan. Sebuah studi menemukan bahwa pengunjung pameran seni melaporkan perasaan lebih bahagia dan puas setelahnya.

Pameran seni Art Jakarta Garden di Plataran Indonesia. (dok. Plataran)Pameran seni Art Jakarta Garden di Plataran Indonesia. (dok. Plataran)

3. Meningkatkan Kreativitas dan Daya Imajinasi

Karya seni mampu memicu pemikiran kreatif dan mendorong eksplorasi imajinasi. Berada di lingkungan yang penuh dengan ekspresi artistik dapat menginspirasi ide-ide baru dan membantu kita melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi dapat bermanfaat untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan solusi inovatif, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Keseruan Pameran Seni di Tengah Hutan Kota

Jika saat ini Anda penasaran ingin merasakan bagaimana menghadiri pameran seni di tengah kota, Plataran Indonesia kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung dunia seni, kali ini melalui kolaborasi megah dengan Art Jakarta Gardens. Pameran seni indoor-outdoor terbesar yang memukau dengan suasana hutan kota yang memesona.

Pameran seni Art Jakarta Garden di Plataran Indonesia. (dok. Plataran)Pameran seni Art Jakarta Garden di Plataran Indonesia. (dok. Plataran)

Art Jakarta Gardens telah menjadi magnet bagi para pencinta seni dengan menyajikan beragam acara inovatif, salah satunya adalah Sculpture Garden, yang memamerkan keindahan karya-karya patung dari seniman-seniman terkemuka lintas generasi.

Pengunjung acara seni terbesar ini tidak hanya dimanjakan dengan karya seni kontemporer yang menginspirasi, tetapi juga disuguhkan dengan ketenangan dan keindahan alam yang disediakan oleh Hutan Kota, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Plataran juga telah berhasil memfasilitasi pertemuan antara seniman-seniman ternama dengan bakat-bakat muda, sehingga diharapkan dapat menginspirasi pertukaran ide dan pengalaman yang membangun dalam dunia seni.

"Kami dari Plataran Indonesia mendukung event seperti Art Jakarta Gardens karena kami percaya bahwa kolaborasi antara industri pariwisata, seni, dan budaya dapat menciptakan pengalaman yang berkesan dan bermakna bagi masyarakat," kata Yozua Makes, CEO dan Pendiri Plataran Indonesia dalam keterangannya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #manfaat #mengunjungi #pameran #seni #bagi #kesehatan #mental #bikin #mood #bagus #hingga #redakan #stres

KOMENTAR