Pembangunan Masjid Ivan Gunawan di Uganda Ada Sebagian Uang Deddy Corbuzier, Awalnya Ingin Bangun di Garut
Potret Masjid Ivan Gunawan di Uganda. (Instagram/ivan_gunawan)
08:45
15 Mei 2024

Pembangunan Masjid Ivan Gunawan di Uganda Ada Sebagian Uang Deddy Corbuzier, Awalnya Ingin Bangun di Garut

Sebelum ke Uganda, Afrika, Ivan Gunawan rupanya berniat membangun masjid di Indonesia, tepatnya di kota Garut, Jawa Barat. Akan tetapi, rencana itu tidak bisa dilaksanakan lantaran terbentur faktor perizinan. Uang yang digunakan untuk pembangunan masjid itu juga tidak sepenuhnya hanya milik Ivan Gunawan, melainkan ada sebagian pemberian dari Deddy Corbuzier.

Hal itu terungkap dari podcast Close The Door saat Ivan Gunawan menjadi bintang tamu sekitar tahun 2021. Desainer kondang itu mulanya membawa koper hitam pemberian Deddy Corbuzier untuk menanyakan kode kuncinya. Koper berukuran sedang itu berisi uang kertas, namun tak diketahui nominalnya.

Kehadiran Ivan Gunawan kala itu juga sekaligus minta didoakan oleh Deddy Corbuzier agar rencana pembangunan masjid di Garut bisa lancar.

"Gue mau ke Garut, lu doain gue. Gue mau ke Garut, gue mau lihat tanahnya," kata Ivan Gunawan, dikutip dari akun TikTok @Soekarnodwiputro yang mengunggah ulang cuplikan podcast tersebut.

"Oh, buat masjid. Uang ini akan digunakan untuk membangun masjid," timpal Deddy Corbuzier.

Bila rencana pembangunan di Garut itu berhasil, Ivan Gunawan sebenarnya ingin memberikan nama masjidnya dengan perpaduan namanya dengan Deddy Corbuzier. Sayangnya, rencana tersebut tak bisa terlaksana.

Lebih lanjut Deddy Corbuzier mengungkapkan alasan dirinya memberikan uang sekoper kepada Ivan Gunawan. Rupanya, bapak dua anak itu sudah tahu kalau Ivan Gunawan akan memakai uang itu untuk kebaikan.

"Lu tahu gak kenapa gua kasih uang ini? Karena gua tahu lu gak akan pakai uang ini kecuali buat kebaikan, orang lu udah kaya," tutur Deddy Corbuzier.

Pernyataan itu juga diiyakan oleh Ivan Gunawan. Meski, Deddy Corbuzier telah memberikan kepadanya, namun Ivan Gunawan merasa kalau uang itu bukan miliknya. Sehingga, dia memilih menggunakan uang tersebut untuk beramal.

Deddy Corbuzier sendiri rupanya telah tahu sejak lama tentang keinginan Ivan Gunawan untuk membangun masjid.

"Karena dia dari dulu itu pengen bikin masjid, cerita juga sama gua dia pengen bikin masjid dari dulu itu," ungkap Deddy Corbuzier.

Saat koper terbuka, terlihat gepokan uang kertas pecahan Rp50 ribu. Ivan Gunawan menegaskan kalau dirinya tak pernah mengambil uang tersebut, barang selembar pun.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #pembangunan #masjid #ivan #gunawan #uganda #sebagian #uang #deddy #corbuzier #awalnya #ingin #bangun #garut

KOMENTAR