Kini Bangun Masjid di Uganda, Lihat Lagi Perjuangan Ivan Gunawan Jadi Desainer: Rela Nabung Dari Hasil Syuting
Potret Ivan Gunawan yang bangun masjid di Uganda, Afrika Timur (Instagram/ivan_gunawan)
10:28
14 Mei 2024

Kini Bangun Masjid di Uganda, Lihat Lagi Perjuangan Ivan Gunawan Jadi Desainer: Rela Nabung Dari Hasil Syuting

Ivan Gunawan meresmikan masjidnya di Uganda setelah menjalani proses pembangunan hingga 2 tahun lamanya. Diketahui, masjid putih yang terlihat dalam unggahannya itu diberi nama Masjid Indonesia.

“Alhamdulillah. Bersyukur akhirnya mengunjungi ‘Masjid Indonesia’ masjid milikku di Uganda, benar-benar bersyukur dengan pengalaman terhubung dengan komunitas yang benar peduli dengan tempat suci ini,” tulis Ivan Gunawan dalam unggahannya pada April 2024 lalu.

Sementara itu, Ivan Gunawan yang membangun masjid di Uganda ini membuat kekayaannya menjadi sorotan. Pasalnya, untuk membangun sebuah masjid di luar negeri mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Potret Masjid Ivan Gunawan di Uganda. (Instagram/ivan_gunawan)Potret Masjid Ivan Gunawan di Uganda. (Instagram/ivan_gunawan)

Oleh sebab itu, Ivan Gunawan yang dapat membangun masjid di Uganda ini dinilai memiliki harta kekayaan melimpah. Belum lagi, desainer ternama satu ini juga dikenal memiliki penghasilan fantastis.

Meski demikian, di balik kemampuannya dapat membagun masjid, rupanya Ivan Gunawan harus mengalami jatuh bangun dalam mengembangkan kariernya. Pasalnya, sebelum sukses hingga membangun masjid, ia harus rela menabung dari beberapa pekerjaan di awal kariernya.

Hal ini karena dalam menjadi desainer, Ivan Gunawan harus menyisihkan pendapatannya dari berbagai pekerjaan yang diambilnya di televisi.

“Jadi sebenarnya kalau misal usaha butik, aku bukan dapet usaha dapat orang tua segala macem, enggak. Pertama dari tabungan aku dari TV,” ungkap Ivan Gunawan, dalam podcast yang diunggah di kanal Youtube Diary Rintisan by Finfolk beberapa waktu lalu.

Tidak tanggung-tanggung, ia sampai rela untuk tidak jajan berbagai hal demi menyisihkan pendapatannya dari televisi. Dari pendapatannya itu, ia memilih untuk membeli dan mulai membuat baju-baju desainnya sendiri.

“Pada waktu itu tahun 2004, 2005 aja aku syuting di SCTV honor aku satu episode udah satu juta, itu stripping tuh, kalau setiap Jumat kita dapet cek 5 juta, berarti honornya 5 juta Jadi dari situ kalau enggak jajan, enggak hedon, bisa kumpulin 5 juta, 5 juta, 5 juta. Sampai aku bisa kumpulin buat modal beli kain, bikin baju,” sambungnya.

Hingga akhirnya ia mendesain gaun pernikahan Rossa pada 2005. Hal ini yang membuat karier desainnya dilihat. Pendapatan itu juga yang ia gunakan untuk membuat butik hingga akhirnya kini sukses.

“Puncaknya 2003 pernikahan Rossa, jadi dia bikin baju sepasang gaun pengantin, waktu itu harganya aku jual di 30 juta, jadi dari uang itu aku modalin untuk sewa rumah buat butik,” jelas Ivan Gunawan.

Dari perjalanan karier tersebut akhirnya Ivan Gunawan semakin sukses hingga dikenal sebagai desainer ternama. Kesuksesannya itu yang juga berbuah sehingga Ivan Gunawan dapat membangun masjid di Uganda.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #kini #bangun #masjid #uganda #lihat #lagi #perjuangan #ivan #gunawan #jadi #desainer #rela #nabung #dari #hasil #syuting

KOMENTAR