9 Perilaku Orang yang Semakin Dihormati dan Dihargai Seiring Bertambahnya Usia, Salah Satunya Mempertahankan Selera Humor
Ilustrasi orang yang dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia. (Freepik)
19:44
5 Mei 2024

9 Perilaku Orang yang Semakin Dihormati dan Dihargai Seiring Bertambahnya Usia, Salah Satunya Mempertahankan Selera Humor

Beberapa orang yang semakin dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia dapat dilihat dari perilakunya.

Salah satu perilaku yang mereka lakukan adalah mempertahankan selera humor yang mampu membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

Perlu diketahui, menjadi orang yang lebih dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia bukanlah tentang menyenangkan orang lain atau mencari pengakuan.

Namun, sikap ini terkait dengan menjadi versi terbaik dari diri seseorang. Dikutip dari Hackspirit.com, Minggu (5/5), inilah beberapa perilaku orang yang semakin dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia.

1. Lebih Banyak Mendengarkan daripada Berbicara

Salah satu cara agar orang dihormati individu lain adalah dengan lebih banyak mendengarkan. Mereka akan mempersilakan orang lain untuk berbicara.

Kemudian, mereka akan menunjukkan rasa ingin tahu yang tulus terhadap cerita orang lain dan menyerap segala hal yang diucapkan lawan bicaranya. Sikap tersebut membuat orang lain menjadi hormat dan kagum.

2. Menerima Perubahan

Orang yang menghargai usia sering menerima perubahan dengan sepenuh hati. Mereka akan bersemangat untuk mendapatkan pengalaman baru dan menyambut perubahan secara terbuka.

Hal tersebut membuat mereka berusaha menyesuaikan diri. Sikap mereka itu dapat membuat orang-orang di sekitarnya menjadi kagum.

Dengan demikian, orang yang semakin dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia membuktikan bahwa mereka mau berpikiran terbuka, beradaptasi, dan berkembang.

 

3. Berempati

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain. Sifat berempati dapat membantu seseorang untuk membangun hubungan yang kuat dan saling menghormati.

Menurut peneliti, orang yang menunjukkan empati dipandang lebih hangat dan kompeten sehingga lebih dihormati dan dihargai dari orang-orang di sekitar mereka.

4. Tetap Positif

Hidup penuh dengan pasang surut, terlebih saat seseorang semakin bertambah usia. Mereka akan cenderung menghadapi lebih banyak tantangan.

Kendati demikian, mereka yang dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia sering memiliki pandangan positif.

Tetap positif bukan berarti mengabaikan kesulitan hidup atau menganggap kesulitan itu tidak ada. Sebaliknya, lebih kepada bagaimana menghadapi tantangan-tantangan tersebut dengan semangat penuh harapan dan tekad untuk mengatasinya.

Sikap positif mereka menular dan dapat membangkitkan semangat orang-orang di sekitarnya. Hal ini menunjukkan adanya kekuatan dan kualitas mereka untuk dihormati dan dihargai.

5. Dapat Diandalkan

Orang yang dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia dinilai sebagai sosok yang dapat diandalkan. Mereka menepati janji, ada saat dibutuhkan, dan selalu menepati komitmennya.

Dengan menjadi orang yang dapat diandalkan, mereka bisa dipercaya dan hal itu menunjukkan bahwa mereka menghargai hubungan yang dimiliki. Sifat tersebut tidak hanya dihormati, tetapi juga sangat dihargai oleh orang lain.

6. Menunjukkan Kebaikan

Orang yang dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia adalah sosok yang konsisten dalam menunjukkan kebaikan. Kebaikan bukanlah sebuah tontonan besar, tetapi lebih kepada hal-hal kecil, yakni sesuatu yang mengandung cinta, empati, dan pengertian.

Kebaikan dapat dilakukan dengan beberapa hal, seperti memperlakukan orang dengan bermartabat, menawarkan bantuan, dan menyebarkan hal-hal positif. Seiring bertambahnya usia, menunjukkan kebaikan tidak hanya memberikan kepuasan, tetapi juga mendapat rasa hormat dan kekaguman.

7. Tidak Takut Menunjukkan Kelemahan

Orang yang dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia tidak takut menunjukkan kelemahan mereka. Mereka pun tidak takut dengan penilaian orang lain maupun penolakan yang akan diterima.

Sebaliknya, mereka memahami bahwa kelemahan dapat menumbuhkan ikatan yang lebih dalam dan koneksi yang lebih kaya. Menerima kelemahan dapat membuat mereka dihormati dan dikagumi oleh orang sekitar.

8. Mempertahankan Selera Humor

Orang yang dihormati dan dihargai seiring bertambahnya usia sering berhasil mempertahankan selera humornya. Kita semua tahu bahwa tertawa dapat mencairkan suasana, meredakan ketegangan, dan mengubah situasi menjadi lebih menyenangkan.

Perlu diketahui, selera humor dalam diri orang yang dihargai dan dihormati seiring bertambahnya usia menunjukkan bahwa mereka dapat menghadapi tantangan hidup dengan tenang dan menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil.

Mempertahankan selera humor seiring bertambahnya usia bukan berarti meremehkan situasi serius, tetapi menemukan sisi ringan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap tersebut membuat mereka dihormati dan dihargai.

9. Memimpin dengan Memberi Contoh

Perilaku terakhir dari orang yang semakin dihargai dan dihormati seiring bertambahnya usia adalah memimpin dengan memberi contoh. Saat mereka mewujudkan nilai-nilai yang dihargai, orang lain akan memperhatikannya.

Memimpin dengan memberi contoh berarti menjalankan prinsip-prinsip yang mereka yakini. Dalam hal ini, mereka memberikan contoh positif bagi generasi berikutnya dan membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang.

Memimpin dengan memberi contoh tidak hanya membuat mereka menjadi dihormati dan dihargai, tetapi juga memicu semangat orang lain untuk mengikutinya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #perilaku #orang #yang #semakin #dihormati #dihargai #seiring #bertambahnya #usia #salah #satunya #mempertahankan #selera #humor

KOMENTAR