7 Hal Ini Tidak Pernah Dilakukan oleh Orang yang Berprestasi Tinggi saat di Depan Umum, Salah Satunya Menyebarkan Gosip
Ilustrasi orang berprestasi tinggi yang tidak suka bergosip. (Freepik)
01:32
5 Mei 2024

7 Hal Ini Tidak Pernah Dilakukan oleh Orang yang Berprestasi Tinggi saat di Depan Umum, Salah Satunya Menyebarkan Gosip

- Orang yang berprestasi tinggi dapat diketahui dari sikap mereka di depan umum. Ada beberapa hal yang tidak pernah dilakukan oleh mereka, salah satunya menyebarkan gosip.

Menurut mereka, bergosip bukanlah kegiatan produktif. Bahkan, mereka menyadari bahwa bergosip dapat merusak kepercayaan dan integritas mereka dengan orang lain.

Di sisi lain, mereka akan menghargai Waktu dan energi sehingga memilih melakukan hal lain yang lebih positif dan produktif.

Apa saja hal-hal lain yang tidak pernah dilakukan oleh orang yang berprestasi tinggi? Mari simak penjelasannya dikutip dari Ideapod.com.

1. Mengkritik Orang Lain secara Terbuka

Banyak orang yang secara licik menjatuhkan rekan-rekannya dengan bersikap kritis hingga diam-diam ingin orang lain gagal. Namun, orang yang berprestasi justru ingin semua orang berhasil.

Orang yang berprestasi tinggi mengetahui betapa pentingnya persahabatan, dinamika tim, dan chemistry untuk mencapai tujuan. Daripada mengkritik rekan-rekannya di depan umum, mereka justru lebih memilih memberikan masukan dengan cara yang lebih pribadi dan membangun.

Meski tampak sederhana, tetapi hal tersebut membuat mereka mendapatkan rasa hormat dan kekaguman dari orang lain.

2. Menunjukkan Kesombongan

Orang yang berprestasi tinggi sangat peka terhadap perbedaan. Mereka cenderung mempunyai kecerdasan sosial yang membuat mereka bergaul dengan banyak orang yang beragam.

Selain itu, mereka juga menyadari bahwa kesombongan akan membuat mereka tidak disukai orang lain. Dengan demikian, mereka berusaha untuk tetap rendah hati hingga membuat orang lain merasa nyaman dengan kehadiran mereka.

3. Kehilangan Kesabaran

Memiliki kecerdasan emosional adalah bagian penting untuk mencapai kesuksesan. Orang yang berprestasi tahu bahwa kehilangan kesabaran di depan umum bukanlah hal baik.

Sebaliknya, sikap tersebut justru dapat merusak reputasi dan hubungan mereka. Untuk itu, mereka akan selalu berusaha mengendalikan perasaannya.

Bahkan, ketika emosi memuncak, mereka tetap tenang dan terkendali serta menangani stres dengan baik.

4. Menyebarkan Gosip

Orang yang berprestasi tahu bahwa mendiskusikan orang lain dan kehidupan orang tersebut secara berlebihan bukanlah kegiatan yang produktif.

Tak hanya itu, gosip sering dipicu oleh rumor yang tidak berdasar sehingga ikut bergosip dapat merusak kepercayaan dan integritas mereka dengan orang lain.

Orang yang berprestasi tinggi akan menghargai waktu dan energi yang mereka. Perlu diketahui, mereka lebih memilih memfokuskan pembicaraan pada percakapan yang lebih positif dan produktif.

Mereka dengan sadar akan menghindari gosip dan cenderung berteman dengan orang yang mempunyai mentalitas sama.

5. Mengabaikan Batasan

Orang yang berprestasi akan memrioritaskan waktu dan energi mereka. Untuk itu, mereka sangat menyadari pentingnya menetapkan batasan yang baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Mereka memahami bahwa manusia mempunyai batasan dan akan berhati-hati agar tidak melampaui batas tersebut.

Tentu saja mereka tidak banyak mengatur atau meremehkan orang lain. Mereka selalu menunjukkan pengendalian diri dan perhatian. Meskipun dapat mengambil kendali, tetapi mereka tidak pernah melakukannya.

6. Mengabaikan Perawatan Diri

Orang yang benar-benar sukses adalah sosok yang mengutamakan keseimbangan. Mereka menyadari bahwa kesejahteraan mereka dapat memengaruhi beberapa hal, seperti kinerja profesional, hubungan, dan kebahagiaan hidup secara keseluruhan.

Oleh karena itu, mereka akan memrioritaskan perawatan diri. Mereka jarang bekerja hingga lupa waktu yang bisa menyebabkan terlalu lelah dan temperamental.

Sebaliknya, mereka akan secara teratur memrioritaskan diri sendiri dan selalu meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang memuaskan.

7. Menolak Kritikan

Orang yang berprestasi tinggi tahu bahwa untuk benar-benar berkembang, mereka harus menerima kritik yang membangun. Mereka tidak berpura-pura menjadi sempurna. Sebaliknya, mereka berani mengambil tanggung jawab dan fokus pada solusi dari suatu masalah daripada mencari alasan yang tidak masuk akal.

Mereka menghargai masukan dan tidak akan menghindarinya. Selain itu, mereka juga tidak berhenti belajar serta memanfaatkan setiap peluang untuk memperbaiki diri dan mendapat pengetahuan baru.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tidak #pernah #dilakukan #oleh #orang #yang #berprestasi #tinggi #saat #depan #umum #salah #satunya #menyebarkan #gosip

KOMENTAR