Apa Itu Presidential Club Bentukan Prabowo? Cuma Mantan Presiden Ini yang Bisa Ikut
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jokowi, dan Prabowo.[ANTARA/HO-Tim Humas Partai Gerindra]
19:37
4 Mei 2024

Apa Itu Presidential Club Bentukan Prabowo? Cuma Mantan Presiden Ini yang Bisa Ikut

Presiden terpilih Prabowo Subianto berencana akan membentuk Presidential Club. Hal itu bertujuan agar ia bisa menerima berbagai masukan dari para presiden RI sebelumnya. 

Rencana yang membawa para presiden tersebut membuat publik penasaran. Tepatnya mengenai arti dari Presidential Club dan sosok-sosok yang bakal menjadi anggota di dalamnya.

Apa Itu Presidential Club dan Siapa Anggotanya?

Juru bicara (jubir) Presiden terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan soal rencana pembentukan Presidential Club. Klub itu disebutnya hanya sebagai istilah prbadi.

Tujuan pembentukan klub itu untuk menjaga silaturahmi antar presiden dari masa ke masa. Lalu, dengan adanya Presidential Club diharapkan bisa menjadi teladan bagi bangsa Indonesia.

"Presidential Club itu istilah saya saja, bukan institusi. Sehingga terjaga silaturahmi kebangsaannya dan menjadi teladan bagi kita semua," ujar Dahnil kepada wartawan, Jumat (3/5/2024).

Dahnil menjelaskan, Presidential Club terdiri dari empat anggota termasuk Prabowo. Mereka adalah Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden ke-7 RI Jokowi.

Ia pun berharap dengan terbentuknya klub presiden itu dapat memberikan kesan jika pemimpin Indonesia selalu kompak. Tepatnya dalam menjaga kerukunan demi kepentingan rakyatnya. 

"Pak Prabowo berharap, sebagai bangsa besar para pemimpinnya kompak, rukun, guyub memikirkan dan bekerja untuk kepentingan rakyat banyak, terlepas dari perbedaan pandangan dan sikap politik," kata dia.

Meski begitu, Dahnil belum bisa memastikan kapan waktu pasti klub presiden ini akan resmi terlaksana. Namun, ia meyakini bahwa ada saatnya keempat tokoh itu bakal kumpul bersama.

"Insya Allah pada waktunya, Pak Prabowo pasti bertemu secara bersamaan, duduk bersama dengan Pak Jokowi, Pak SBY dan Bu Megawati," ucap Dahnil.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sendiri resmi menjadi presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pilpres 2024. Ini dilakukan melalui rapat pleno terbuka di kantor KPU Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Penetapan keduanya itu dituangkan dalam berita acara nomor 252/PL.01.9-BA-05/2024 tentang Penetapan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilu Tahun 2024.

Tanggapan Jokowi dan Istana

Jokowi menyambut baik rencana Prabowo untuk membentuk klub para presiden RI atau presidential club. Jika terealisasi, menurutnya kegiatan silaturahmi itu dapat sering dilakukan.

"Bagus. Bagus, bagus. Dua hari sekali (silaturahmi), ya enggak apa-apa," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2024).

Tak hanya Jokowi, pihak istana juga merespons rencana Prabowo tersebut. Menurut perwakilan mereka, penting bagi presiden dari masa ke masa untuk silaturahmi, meski tidak dibentuk klub.

"Ada atau tidak Presidential Club, presiden dan semua mantan presiden sangat penting untuk bersilaturahmi," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, kepada wartawan, Jumat (3/5/2024).

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #presidential #club #bentukan #prabowo #cuma #mantan #presiden #yang #bisa #ikut

KOMENTAR