Memahami Karakter dari Tipe Kepribadian INFJ: Mulai dari Karakteristik hingga Tips Berinteraksi dengan Mereka
Ilustrasi kepribadian seseorang (sumber: pixabay.com/geralt)
11:44
2 Mei 2024

Memahami Karakter dari Tipe Kepribadian INFJ: Mulai dari Karakteristik hingga Tips Berinteraksi dengan Mereka

 

Tipe kepribadian INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging) adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi oleh Penunjuk Tipe Kepribadian Myers-Briggs (MBTI).

Jika Anda memiliki kecenderungan sebagai tipe INFJ, itu berarti tipe kepribadian Anda dapat digambarkan sebagai Introvert, Intuitif, Berperasaan, dan Berpikir.

Mungkin Anda sering mendengar panggilan "Pendukung" atau "Idealis" bagi mereka yang memiliki tipe kepribadian ini.

Orang-orang dengan tipe kepribadian ini sering merasa tidak dimengerti. Mungkin karena orang dengan tipe kepribadian INFJ itu langka, hanya ada sekitar 1% hingga 3% dari populasi di Amerika menurut yang dilansir pada situs verywellmind.com.

Orang dengan tipe INFJ itu biasanya ingin segala sesuatu sempurna tapi santai, mereka bisa berpikir logis dan emosional, kreatif dan analitis.

Karakteristik Utama INFJ

Jika Anda adalah seorang INFJ, kemungkinan Anda memiliki karakteristik tertentu. Dilansir dari verywellmind.com, berikut ini merupakan ciri-ciri dari kepribadian INFJ:

  • Penuh Kasih. Dengan intuisi dan pemahaman emosional yang kuat, INFJ bisa berbicara lembut dan empatik. Namun, ini tidak berarti bahwa mereka lemah. INFJ memiliki keyakinan yang kuat dan kemampuan untuk bertindak dengan tegas untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.
  • Pembantu. Meskipun mereka introvert secara alami, orang dengan tipe kepribadian INFJ dapat membentuk hubungan yang kuat dan bermakna dengan orang lain. Mereka senang membantu orang lain, tetapi mereka juga membutuhkan waktu dan ruang untuk mengisi ulang energi.
  • Idealis. Hal yang membedakan INFJ adalah kemampuan mereka untuk menerjemahkan idealisme mereka menjadi tindakan nyata. Mereka tidak hanya bermimpi tentang mengubah dunia - mereka menjadikannya kenyataan.
  • Terorganisir. Orang dengan tipe kepribadian INFJ suka mengendalikan dengan merencanakan, mengorganisir, dan membuat keputusan sesegera mungkin.
  • Emosional dan Logis. Saat membuat keputusan, INFJ menempatkan lebih banyak penekanan pada emosi mereka daripada fakta objektif. Namun, ini tidak berarti bahwa mereka melihat dunia dengan kacamata berwarna mawar. INFJ memahami dunia, baik dan buruknya, dan berharap dapat membuatnya lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari tipe kepribadian INFJ meliputi kemampuan untuk menjadi sensitif terhadap kebutuhan orang lain, sifat yang rendah hati, kreativitas dan keartistikan yang tinggi, fokus pada masa depan, menghargai hubungan dekat dan dalam, kesukaan dalam merenungkan makna hidup, serta sifat yang idealis.

Namun, ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh INFJ, seperti terkadang terlalu sensitif, sulit untuk dikenal, memiliki harapan yang terlalu tinggi, sifat yang keras kepala, dan ketidaknyamanan terhadap konfrontasi.

Fungsi Kognitif INFJ

INFJ memiliki fungsi kognitif yang unik yang mempengaruhi kepribadian mereka. Ini termasuk:

  • Intuisi Introvert. Ini adalah fungsi dominan INFJ. Ini berarti bahwa INFJ cenderung sangat fokus pada intuisi internal mereka. Setelah mereka membentuk intuisi tentang sesuatu, INFJ cenderung sangat mengikatinya, sering kali sampai pada titik menjadi terfokus.
  • Perasaan Ekstrovert. Fungsi tambahan untuk INFJ adalah perasaan ekstrovert. Ini berarti bahwa INFJ sangat sadar akan perasaan orang lain tetapi terkadang kurang sadar akan emosi mereka sendiri.
  • Berpikir Introvert. Ini adalah fungsi ketiga INFJ. Ini berarti bahwa INFJ membuat keputusan berdasarkan gagasan dan teori yang mereka bentuk berdasarkan wawasan mereka sendiri.
  • Indra Ekstrovert. Ini adalah fungsi terakhir INFJ. Ini berarti bahwa INFJ dapat memperhatikan dunia di sekitar mereka dan tetap sadar akan lingkungan mereka.

Orang-Orang Terkenal dengan Tipe INFJ

Beberapa tokoh terkenal yang memiliki tipe kepribadian INFJ antara lain adalah Oprah Winfrey, yang dikenal sebagai tokoh televisi; Martin Luther King, Jr., seorang pemimpin dalam perjuangan hak sipil; Atticus Finch, karakter dalam novel "To Kill a Mockingbird" karya Harper Lee; Carl Jung, seorang psikoanalis terkemuka; dan Taylor Swift, seorang musisi ternama.

Hubungan Pribadi dengan INFJ

INFJ juga memiliki bakat untuk berbahasa dan biasanya sangat baik dalam menyatakan diri. Mereka memiliki kehidupan batin yang kaya tetapi sering ragu untuk membagikan ini dengan orang lain, kecuali dengan mereka yang terdekat.

Meskipun mereka pendiam dan sensitif, INFJ juga dapat menjadi pemimpin yang baik. Bahkan ketika mereka tidak mengambil peran kepemimpinan secara terbuka, mereka sering bertindak sebagai pengaruh yang tenang di belakang layar.

INFJ didorong oleh nilai-nilai mereka yang kuat dan mencari makna dalam semua aspek kehidupan mereka termasuk hubungan dan pekerjaan.

Orang dengan tipe kepribadian ini sering digambarkan sebagai orang yang dalam dan kompleks. INFJ mungkin tidak memiliki lingkaran kenalan yang besar, tetapi persahabatan dekat mereka cenderung sangat dekat dan langgeng.

Jalur Karier untuk INFJ

INFJ berhasil dalam karier di mana mereka dapat mengekspresikan kreativitas mereka. Karena orang dengan tipe kepribadian INFJ memiliki keyakinan dan nilai-nilai yang sangat kuat, mereka melakukan dengan sangat baik dalam pekerjaan yang mendukung prinsip-prinsip ini.

INFJ sering berhasil dalam karier yang mencampur kebutuhan mereka akan kreativitas dengan keinginan mereka untuk membuat perubahan yang bermakna di dunia.

INFJ biasanya adalah pencapai yang tinggi dan unggul dalam akademik dan tempat kerja. Mereka bisa perfeksionis kadang-kadang dan memberikan banyak usaha dalam pekerjaan mereka.

Rekan kerja cenderung merasa bahwa INFJ adalah orang yang rajin, positif, dan mudah bergaul. Namun, karena mereka introvert, mereka mungkin merasa perlu untuk mundur pada saat-saat tertentu untuk mengisi ulang energi.

Dalam peran manajerial, INFJ kadang-kadang bisa kesulitan untuk menegakkan otoritas. Mereka cenderung memimpin dengan sensitivitas dan pandai dalam membantu bawahan merasa dihargai di tempat kerja.

Pekerjaan yang membutuhkan rutinitas besar atau ketaatan terhadap aturan yang ketat bisa sulit bagi INFJ.

Tips untuk Berinteraksi dengan INFJ

Jika seseorang dalam hidup Anda adalah seorang INFJ, berikut adalah beberapa tips untuk berinteraksi dengan mereka berdasarkan hubungan yang Anda miliki.

  • Persahabatan. Karena mereka pendiam dan pribadi, INFJ bisa sulit untuk dikenali. Mereka sangat menghargai hubungan dekat dan dalam, dan bisa terluka dengan mudah - meskipun mereka sering menyembunyikan perasaan ini dari orang lain.

Berinteraksi dengan teman INFJ melibatkan pengertian dan dukungan terhadap kebutuhan mereka untuk mundur dan mengisi ulang energi.

Orang dengan tipe kepribadian ini kadang-kadang merasa tidak dimengerti. Anda bisa menjadi teman yang baik bagi seorang INFJ dengan meluangkan waktu untuk memahami sudut pandang mereka dan menghargai kelebihan mereka.

  • Pengasuhan. Karena INFJ sangat terampil dalam memahami perasaan, mereka cenderung sangat dekat dan terhubung dengan anak-anak mereka.

Mereka memiliki standar yang tinggi dan bisa memiliki ekspektasi perilaku yang sangat tinggi. INFJ peduli untuk membesarkan anak-anak yang baik, peduli, dan penuh kasih.

Mereka mendorong anak-anak mereka untuk mengejar minat dan bakat mereka agar bisa sepenuhnya menggali potensi individu mereka.

  • Hubungan Asmara. INFJ memiliki kemampuan bawaan untuk memahami perasaan orang lain dan menikmati berada dalam hubungan yang dekat dan intim.

Mereka cenderung berkembang terbaik dalam hubungan romantis dengan orang-orang yang memiliki nilai-nilai inti yang sama.

Sebagai pasangan, penting untuk memberikan dukungan dan kedekatan emosional yang diinginkan seorang INFJ.

Kejujuran, kejujuran, dan otentisitas adalah semua karakteristik yang dihargai INFJ dalam pasangan mereka.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #memahami #karakter #dari #tipe #kepribadian #infj #mulai #dari #karakteristik #hingga #tips #berinteraksi #dengan #mereka

KOMENTAR