Dosen vs Atlet: Adu Pendidikan Shin Tae-yong dan Wasit Shen Yinhao yang Berkonflik di Piala Asia U-23
Kolase foto Shen Yinhao dan Shin Tae-yong.
05:06
1 Mei 2024

Dosen vs Atlet: Adu Pendidikan Shin Tae-yong dan Wasit Shen Yinhao yang Berkonflik di Piala Asia U-23

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat dibuat geram dengan cara wasit Shen Yinhao mengadili pertandingan Indonesia vs Uzbekistan pada Senin (29/4/2024).

Hal ini tak lepas dari berbagai keputusan kontroversial yang dibuat Shen Yinhao selama memimpin jalannya pertandingan di babak semifinal Piala Asia U-23 tersebut. Beberapa keputusan kontroversial yang dibuatnya seperti menganulir gol Muhammad Ferarri sampai memberikan kartu merah kepada Rizky Ridho.

Namun terlepas dari geger yang terjadi di babak semifinal Piala Asia U-23, sosok Shin Tae-yong dan Shen Yinhao sama-sama mencuri perhatian publik, termasuk memunculkan pertanyaan soal riwayat pendidikan mereka.

Riwayat Pendidikan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong. (pssi.org)Shin Tae-yong. (pssi.org)

Sebelum berkarier sebagai pelatih sepak bola, Shin Tae-yong memiliki karier yang moncer sebagai seorang atlet. Bahkan Shin Tae-yong pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu pemain terbaik di K-League alias Liga Korea.

Pria kelahiran 1970 ini awalnya bersekolah di sekolah menengah di Daegu, Korea Selatan dan memperkuat tim sepak bola Sekolah Menengah Teknik Daegu. Diganjar sebagai pemain terbaik, Shin Tae-yong sempat dilirik oleh tim sepak bola dari Seoul, tetapi akhirnya memilih bertahan di kampung halamannya.

Shin Tae-yong kemudian melanjutkan studinya ke Universitas Yeungnam. Dari situlah kariernya terus menanjak hingga berhasil memperkuat klub sepak bola Ilhwa Chunma yang kini menjadi Seongnam FC.

Riwayat Pendidikan Shen Yinhao

Bela Wasit Shen Yinhao, Warganet Cina Singgung Kualitas Liga 1 [Tangkap layar Twitter]Bela Wasit Shen Yinhao, Warganet Cina Singgung Kualitas Liga 1 [Tangkap layar Twitter]

Dilansir dari media China, ZDZJQ, Shen Yinhao ternyata memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni hingga dirinya pernah bekerja sebagai dosen di Tongji University.

Shen Yinhao diriwayatkan menjadi dosen di Fakultas Pendidikan Olahraga atau Pendidikan Jasmani, bahkan konon pernah berstatus sebagai Wakil Dekan di akademi sepak bola kampus tersebut.

Shen Yinhao disebut sudah menuntaskan pendidikan jenjang S2 dan S3. Namun karier akademiknya juga menuai kontroversi karena Shen Yinhao dikabarkan pernah terjerat kasus plagiarisme pada tahun 2017, di mana karya ilmiahnya disebut memiliki kesamaan dengan milik Liu Yunfei pada tahun 2012.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #dosen #atlet #pendidikan #shin #yong #wasit #shen #yinhao #yang #berkonflik #piala #asia

KOMENTAR