Profil Sivakorn Pu-Udom, Wasit VAR Piala Asia U-23 yang Keputusannya Rugikan Timnas Indonesia
Wasit VAR Sivakorn Pu-Udom. (Instagram/@sivakorn_puudom)
19:20
30 April 2024

Profil Sivakorn Pu-Udom, Wasit VAR Piala Asia U-23 yang Keputusannya Rugikan Timnas Indonesia

Wasit dalam laga Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia vs Uzbekistan, Sivakorn Pu-Udom kini bagaikan musuh untuk masyarakat Indonesia.

Hal tersebut karena wasit asal Thailand tersebut diduga menjalankan tugas sebagai wasit VAR yang merugikan Tim Garuda.

Sivakorn Pu-Udom sendiri merupakan wasit yang diberikan kepercayaan oleh AFC untuk memimpin laga-laga di Piala Asia U-23 2024. Ia diketahui bertugas di ruangan VAR.

Dalam Piala Asia U-23 2024 kali ini, ia sudah menjadi wasit VAR kedua kalinya untuk laga yang dimainkan Timnas Indonesia U-23.

Pertama, pada saat Tim Garuda melawan Qatar. Dalam pertandingan sengit tersebut, keputusannya dinilai merugikan tim asuhan Shin Tae-yong.

Hal tersebut karena Qatar mendapatkan penalti dari tayangan ulang VAR. Tak hanya itu, Ramadhan Sananta juga dikenakan kartu merah.

Kemudian, momen pada saat VAR dibutuhkan dalam pelanggaran Ivan Jenner yang berujung pada kartu kuning kedua juga tidak digunakan.

Terkini, wasit tersebut kembali menjadi bulan-bulanan masyarakat Indonesia. Ia bertugas di ruangan VAR saat timnas Indonesia U-23 berlaga dengan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Dalam laga tersebut, sejumlah keputusan juga tidak memihak kepada Rizky Ridho dan tim. Setidaknya ada tiga momen krusial VAR yang justru menguntungkan Uzbekistan.

Pertama yakni penalti yang dibatalkan, kemudian gol yang dianulir, serta terakhir Rizky Ridho yang diberikan kartu merah.

Lantas, seperti apakah profil Sivakorn Pu-Udom? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Sivakorn Pu-Udom

Sivakorn Pu-Udom merupakan wasit asal Thailand yang lahir di Samut Sakhon pada 26 November 1987. Ia sudah berprofesi sebagai wasit sepak bola sejak tahun 2012 dan sudah mendapatkan lisensi dari FIFA sejak tahun 2013.

Sivakorn sudah memimpin ratusan pertandingan dari berbagai kompetisi domestik maupun internasional di level usia sampai dengan senior. 

Sejak 2012, etidaknya ratusan pertandingan dari berbagai liga dan kompetisi sudah pernah ia pimpin, baik sebagai wasit utama, wasit keempat, sampai dengan wasit VAR.

Apabila melihat dari statistiknya di Transfermarkt, Sivakorn pernah menjadi wasit utama dalam Liga Thailand sebanyak 169 kali, AFC Cup 16 kali, Liga Champions Asia 11 kali, sampai Kualifikasi Piala Dunia Asia 9 kali.

Sebagai seorang wasit utama, ia sudah memimpin 275 pertandingan dan sudah memberikan setidaknya 1138 kartu kuning, 25 kartu kuning kedua, 29 kartu merah, dan 80 penalti selama ia berkarier.

Sedangkan, sebagai seorang wasit VAR, ia sudah pernah menjalani 38 pertandingan dan memberikan 172 kartu kuning, 5 kartu kuning kedua, 9 kartu merah, dan 19 penalti.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #sivakorn #udom #wasit #piala #asia #yang #keputusannya #rugikan #timnas #indonesia

KOMENTAR