Sewa Biduan hingga Sunatan Cucu, Segudang Kebutuhan Keluarga SYL Dibayar Pakai Uang Kementan
Terdakwa sekaligus mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo di Pengadilan Tipikor Jakarta. (Suara.com/Yaumal)
15:17
30 April 2024

Sewa Biduan hingga Sunatan Cucu, Segudang Kebutuhan Keluarga SYL Dibayar Pakai Uang Kementan

Terungkap uang Kementerian Pertanian dikuras untuk kebutuhan eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan keluarganya. Di antaranya keperluan makan hingga sunatan dan ulang tahun cucu.

Hal itu terungkap dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi Kementan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (29/4/2024). Salah satu saksi yang dihadirkan adalah Mantan Kasubag Pengadaan Biro Umum Kementan, Abdul Hafidh.

Dibocorkan bahwa duit Kementan dikuras untuk kepentingan SYL dan keluarganya. Mulai dari keperluan makan jutaan rupiah per hari, bayar biduan, beli skincare anak, hingga sunatan dan ultah cucu. Berikut daftarnya.

1. Sunatan dan Ultah Cucu

Abdul Hafidh mengatakan duit Kementan dipakai untuk sunatan cucu SYL yang merupakan anak dari putra SYL, Kemal Redindo. Namun, ia mengaku tidak ingat berapa usia dari cucu mantan atasannya itu.

Selain itu, Hafidh juga menyebut Kementan turut mengeluarkan uang untuk acara ulang tahun anak Kemal Redindo. Meski begitu, ia mengaku lupa soal nominal yang dikeluarkan untuk ulang tahun dan sunatan tersebut.

Hakim terus mencecar Hafidh terkait berapa uang yang dikeluarkan Kementan untuk acara tersebut. Saat ditanya apakah mencapai ratusan juta, ia menjawab tidak. Namun, nominalnya disebutnya lumayan besar.

2. Tagihan Kacamata dan Parfum

Staf Biro Umum Pengadaan Kementan Muhammad Yunus turut bersaksi dalam sidang itu. Ia mengungkap dirinya sempat dimintai uang untuk membayar tagihan kacamata dan parfum Syahrul Yasin Limpo. 

Penagihan tersebut dilakukan oleh eks ajudan SYL, Panji Harjanto. Yunus juga mengatakan, tagihan itu pernah ditujukan untuk membayar keperluan istri SYL, Ayunsri Harahap. Adapun tagihan parfum disebutnya senilai Rp 5 juta.

3. Beli Makanan Online dan Laundry

Yunus juga mengungkapkan Kementan kerap mengeluarkan uang senilai Rp 3 juta per hari untuk pesan makanan secara online ke rumah dinas (rumdin) SYL. Selain makanan, duit itu juga dipakai untuk membiayai laundry SYL.

4. Kafe untuk Cucu

Di sisi lain, Hafidh juga mengungkap Kementan diminta menyiapkan uang untuk keperluan pembuatan kafe cucu SYL, Andi Tenri Bilang Radisyah Melati. Anggaran itu berasal dari bagian Tanaman Pangan.

5. Biaya Perawatan Kulit Anak dan Cucu

Mantan Sub-Koordinator Pemeliharaan Biro Umum dan Pengadaan Kementan, Gempur Aditya pun ikut bersaksi. Ia mengatakan uang Kementan juga turut dipakai untuk biaya perawatan kulit (skincare) anak dan cucu SYL.

Menurutnya, permintaan biaya skincare itu ditujukan untuk perawatan kecantikan anak SYL, Indira Chunda Thita dan anaknya Thita. Anggaran itu rutin dan yang terakhir totalnya, dikatakan Gempur hampir capai Rp 50 juta.

6. Bayar Biduan

Pejabat Fungsional Barang Jasa Rumah Tangga Kementan Arief Sopian menyebut Kementan turut memberikan uang untuk biaya entertain. Biaya hiburan tersebut disebutnya untuk membayar seorang biduan.

Biduan yang dimaksud adalah Nayunda. Ia menerima uang sekitar Rp 50 juta sampai Rp 100 juta untuk sekali tampil. Di sisi lain, Arief mengaku mendapatkan nomor rekening Nayunda dari seseorang yang bernama Rezky.

7. Beli Mobil untuk Anak

Kementan juga disebut membiayai pembelian mobil merek Toyota Innova seharga Rp500 jutaan untuk anak SYL. Adapun anak yang dimaksud, yakni Indira Chunda Thita dan mobil dibeli pada Maret 2022

Hal itu diungkap oleh Pejabat Fungsional Barang Jasa Rumah Tangga Kementan Arief Sopian. Ia mengaku memperoleh uang untuk membeli mobil tersebut dari eselon I Tanaman Pangan hingga Perkebunan di Kementan.

Arief tidak merinci pemberian uang dari masing-masing pejabat terkait. Ia kemudian menyebut mobil itu dikirim ke rumah anak SYL di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Adapun harganya Rp 500 juta dan dibayar lunas.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #sewa #biduan #hingga #sunatan #cucu #segudang #kebutuhan #keluarga #dibayar #pakai #uang #kementan

KOMENTAR