Intip 8 Tanda Anda Menang Dalam Hidup Menurut Psikologi, Salah Satunya Mudah Beradaptasi dengan Perubahan
Ilustrasi perempuan yang merasa ''menang'' dalam hidup. (Freepik )
09:12
27 April 2024

Intip 8 Tanda Anda Menang Dalam Hidup Menurut Psikologi, Salah Satunya Mudah Beradaptasi dengan Perubahan

Hidup memang tidak selalu memiliki jalan yang jelas dan terkadang sulit untuk mengukur dengan tepat seberapa baik yang kita lakukan. Tak sedikit orang yang belum sepenuhnya memahami kemenangan dalam hidup.

Untuk memahami apakah kita sudah menang atau kalah dalam hidup bisa melalui tanda-tanda tertentu yang bisa memberi petunjuk apakah kita berada di jalur yang benar. Hal ini bukan tentang menyombongkan diri ketika ada tanda dalam diri kita namun tentang memahami nilai diri dan potensi diri kita sendiri.

Ketika kita belum memiliki tanda-tanda kemenangan juga tidak perlu minder, justru hal ini dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan diri. Dilansir dari laman Jeanette Brown, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan Anda menang dalam hidup di antaranya:

1. Anda hidup masa sekarang

Menurut psikologi, mereka yang hidup yang di masa sekarang lebih mungkin untuk menjadi pemenang dalam hidup. Konsep ini sangat erat dengan mindfulness.

Mindfulness akan mendorong Anda untuk hadir dan fokus pada tindakan dan pengalaman daripada tenggelam dalam penyesalan masa lalu atau kekhawatiran akan masa depan.

Dengan Anda hidup di masa sekarang tidak hanya mengurangi stress tetapi juga memungkinkan Anda menghargai kehidupan dengan lebih utuh. Hal ini bukan tentang berpacu menuju garis finish namun tentang menghargai sepanjang perjalanan yang dimulai dengan hidup saat ini.

2. Anda puas dengan apa yang Anda miliki

Menurut psikologi, orang yang merasa puas dengan apa yang dimiliki daripada terus-menerus mengejar lebih banyak maka orang tersebut cenderung lebih bahagia dan sukses dalam hidup. Menjadi puas bukan berarti menerima kekurangan namun tentang menghargai apa yang sudah Anda miliki dan mengakui nilainya.

Salah satu seorang guru mindfulness terkenal Jon Kabat Zinn, kebahagiaan adalah cara hidup yang memberi Anda sumber daya untuk menghadapi naik turunnya kehidupan.

3. Anda berada di jalur pengembangan

Puas dengan apa yang sudah Anda miliki bukan berarti Anda berhenti bertumbuh atau berkembang. Faktanya, merasa puas justru sebagai salah satu tanda pasti bahwa Anda menang dalam hidup karena Anda memiliki komitmen untuk mengembangkan diri.

Proses pengembangan diri bukan hanya tentang membaca lebih banyak buku atau mengikuti lebih banyak kursus namun tentang berusaha menjadi orang yang lebih baik setiap hari, baik dalam tindakan, perkataan dan pikiran.

4. Anda menjaga hubungan yang sehat

Psikologi menjelaskan bahwa hubungan sosial adalah kunci kebahagiaan dan kesehatan mental. Tapi hal ini bukan tentang kuantitas hubungan tapi kualitasnya. Hal ini memang tidak mudah namun menjaga hubungan yang sehat adalah salah satu hal yang paling bermanfaat yang dapat Anda lakukan agar Anda bisa menang dalam hidup.

5. Anda memahami nilai-nilai inti Anda

Memahami nilai-nilai inti Anda berarti Anda telah meluangkan waktu untuk merenungkan apa yang benar-benar penting bagi Anda dan Anda telah membuat komitmen untuk menyelaraskan tindakan Anda.

Salah satu cara untuk lebih memahami nilai-nilai Anda sendiri adalah melalui latihan yang dirancang untuk membantu Anda merefleksikan dan mengidentifikasi nilai-nilai tersebut. Latihan ini dapat membantu Anda memperjelas apa yang paling penting bagi Anda termasuk dalam hal membuat keputusan yang terbaik dalam hidup Anda.

6. Anda tangguh

Ketahanan bukan berarti Anda tidak pernah merasakan sakit atau kesedihan namun Anda mampu mengelola perasaan dan cara memulihkannya. Pada intinya jika Anda mampu bangkit kembali dari keterpurukan, belajar dari kesalahan dan bergerak maju lebih kuat dari sebelumnya maka Anda pasti menang dalam hidup

Salah satu cara praktis untuk membangun ketahanan adalah dengan menumbuhkan pandangan positif. Sekalipun Anda menghadapi kesulitan, Anda bisa mencoba menemukan sesuatu yang positif atau pelajaran yang bisa diambil.

7. Anda melatih rasa syukur

Rasa syukur adalah alat yang ampuh untuk mengalihkan fokus kita dari apa yang hilang dalam hidup kita ke hal bahagia yang sudah ada. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mempraktikkan rasa syukur mengalami lebih banyak emosi positif, merasa lebih hidup, tidur lebih nyenyak, lebih menunjukkan kasih sayang dan kebaikan dan bahkan memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat.

8. Dapat beradaptasi dengan perubahan

Perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan dalam hidup. Cara Anda beradaptasi terhadap perubahan ini menunjukkan seberapa baik yang Anda lakukan dalam hidup.

Apabila Anda menang dalam hidup tentu mudah beradaptasi dan mampu menghadapi tantangan dan menyesuaikan diri dengan keadaan baru. Anda sangat memahami perubahan tidak bisa dihindari dan sudah siap untuk berevolusi. Menjadi orang yang mudah beradaptasi bukan berarti Anda tidak merasa tak nyaman ketika menghadapi perubahan. Namun tentang Anda mampu mengatasi ketidaknyamanan dan menjadi lebih kuat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #intip #tanda #anda #menang #dalam #hidup #menurut #psikologi #salah #satunya #mudah #beradaptasi #dengan #perubahan

KOMENTAR