Ketahui 9 Tanda Bahwa Pekerjaan Anda Berakibat Buruk Bagi Kesehatan Mental Anda Menurut Psikologi
Ilustrasi bahwa pekerjaan berakibat buruk bagi kesehatan mental seseorang. (Sumber foto: freepik/penquine)
18:12
26 April 2024

Ketahui 9 Tanda Bahwa Pekerjaan Anda Berakibat Buruk Bagi Kesehatan Mental Anda Menurut Psikologi

 - Mengetahui tanda-tanda bahwa pekerjaan Anda memiliki dampak negatif pada kesehatan mental bisa menjadi langkah awal yang penting untuk memperbaiki keadaan Anda.

Psikologi telah mengidentifikasi sejumlah indikator yang menunjukkan bahwa pekerjaan Anda mungkin memiliki konsekuensi buruk bagi kesejahteraan mental Anda.

Dilansir dari Ideapod pada Jumat (26/4), terdapat 9 tanda bahwa pekerjaan Anda saat ini berakibat buruk bagi kesehatan mental Anda menurut psikologi.

Dengan memahami tanda-tanda ini dapat membantu Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

1. Selalu merasa stres dan terbebani

Stres yang konstan dapat mengarah pada kondisi yang disebut burnout, di mana Anda merasa sangat lelah secara emosional dan fisik.

Stres kronis juga dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda dengan menyebabkan masalah seperti depresi, kecemasan, dan sulit tidur.

Jika Anda merasa selalu tegang atau terlalu terbebani, itu bisa menjadi tanda bahwa pekerjaan Anda sedang berdampak negatif pada kesejahteraan mental Anda.

2. Anda merasa tidak dihargai

Ketika usaha dan kontribusi Anda tidak diakui atau dihargai oleh atasan dan rekan kerja, Anda akan mulai merasa rendah diri dan meragukan nilai Anda. Hal ini dapat mengarah pada penurunan harga diri dan bahkan depresi seiring waktu.

Studi yang dilakukan oleh Asosiasi Psikologi Amerika menunjukkan bahwa karyawan yang merasa dihargai oleh atasan mereka cenderung memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik, tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi, dan motivasi yang lebih kuat untuk melakukan yang terbaik di tempat kerja.

3. Hubungan personal yang memburuk

Pekerjaan Anda tidak hanya memengaruhi Anda secara individu, tetapi juga dapat berdampak besar pada orang-orang di sekitar Anda, terutama pads hubungan pribadi Anda.

Stres dari pekerjaan yang menuntut dapat memengaruhi kehidupan pribadi Anda. Jika Anda terus-menerus membawa stres dari pekerjaan ke rumah, itu bisa menyebabkan ketegangan dalam hubungan Anda dengan pasangan, keluarga, atau bahkan teman-teman Anda.

Ini menunjukkan bahwa pekerjaan Anda berdampak negatif pada kesehatan mental Anda dan hubungan personal Anda.

4. Anda merasa terjebak dan tidak puas

Terkadang, perasaan buruk yang Anda alami bukan hanya karena stres atau jam kerja yang panjang, tetapi lebih karena merasa bahwa Anda tidak berada di tempat yang tepat dalam hidup Anda.

Ini bisa membuat Anda merasa terjebak dan tidak puas dengan pekerjaan Anda, yang dapat menyebabkan perasaan putus asa dan depresi.

Anda mungkin merasa seperti dunia terus bergerak maju, tetapi Anda merasa terhenti di tempat yang sama.

5. Kesehatan fisik menurun

Jika Anda mulai melihat adanya penurunan kesehatan fisik Anda, seperti sering mengalami sakit kepala, masalah tidur, atau kelelahan yang terus-menerus, itu bisa menjadi tanda bahwa pekerjaan Anda memberikan dampak negatif pada kesehatan mental Anda.

Tubuh Anda bisa memberi sinyal bahwa stres dari pekerjaan terlalu tinggi, dan ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik Anda.

6. Tidak memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

Jika pekerjaan Anda menghabiskan semua waktu dan energi Anda, sehingga tidak ada waktu untuk melakukan aktivitas pribadi atau bersama orang yang Anda cintai, itu menunjukkan bahwa keseimbangan tersebut tidak berjalan dengan baik.

Ketidakseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi seringkali dapat menyebabkan burnout, kelelahan fisik dan mental yang kronis.

Ini juga bisa menyebabkan perasaan tidak senang terhadap pekerjaan Anda, dimana ini mampu lebih meningkatkan tingkat stres Anda.

7. Merasa takut dan tidak senang untuk pergi bekerja

Meskipun wajar jika ada hari-hari di mana Anda lebih ingin tetap di rumah daripada pergi bekerja, tetapi jika perasaan tersebut terjadi terus-menerus, itu bisa lebih dari sekadar perasaan takut dan malas semata.

Jika hanya memikirkan hari kerja berikutnya membuat Anda cemas, atau jika Anda terus-menerus menghitung waktu sampai bisa pulang, itu menunjukkan bahwa ada masalah mental yang serius.

Merasa takut atau tidak senang dengan pekerjaan menunjukkan bahwa pekerjaan Anda menjadi sumber stres dan ketidakpuasan daripada kepuasan.

8. Anda merasa kehilangan diri sendiri

Pekerjaan memang penting dalam kehidupan, tetapi itu tidak seharusnya mengubah identitas Anda atau membuat Anda merasa tidak nyaman dengan siapa Anda sebenarnya.

Jika Anda merasa terus-menerus meragukan nilai-nilai Anda, mengubah perilaku Anda untuk mencocokkan standar yang tidak sesuai dengan Anda, atau merasa seperti Anda telah kehilangan inti dari diri Anda, itu adalah pertanda bahwa pekerjaan Anda berpotensi merugikan kesehatan mental Anda.

9. Merasa bosan dan tidak ada tantangan

Jika Anda merasa pekerjaan Anda tidak memicu minat atau tidak memberikan kesempatan untuk berkembang, ini bisa berdampak negatif pada kesejahteraan mental Anda.

Perasaan bosan atau tidak adanya tantangan terus-menerus dapat menjadi penyebab stres kronis, yang pada akhirnya akan berpengaruh buruk pada kesehatan mental Anda.

Jika Anda merasa seperti hanya menunggu waktu untuk menyelesaikan hari kerja atau tidak termotivasi dalam pekerjaan, itu bisa menjadi pertanda bahwa pekerjaan Anda tidak sesuai dengan kebutuhan mental Anda.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ketahui #tanda #bahwa #pekerjaan #anda #berakibat #buruk #bagi #kesehatan #mental #anda #menurut #psikologi

KOMENTAR