Kekayaan Yusril Ihza Mahendra, Punya Rumah Mewah Kental Budaya Jepang Bernilai Miliaran
rumah Yusril Ihza Mahendra (instagram/yusrilihzamhd)
16:14
20 April 2024

Kekayaan Yusril Ihza Mahendra, Punya Rumah Mewah Kental Budaya Jepang Bernilai Miliaran

Rumah sejumlah pesohor di Tanah Air kini tengah menuai sorotan publik. Salah satu yang menjadi perbincangan adalah rumah milik advokat sekaligus pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra.

Yusril diketahui memiliki rumah mewah di Rancamaya, Bogor Selatan. Rumah ini memiliki desain arsitektur yang kental dengan budaya Jepang. Hal ini terlihat dari atap rumahnya yang menyerupai atap rumah khas Jepang.

Nuansa ala Jepang di rumah milik mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia era Megawati Soekarnoputri ini makin terlihat dengan adanya taman yang didesain ala Jepang, yaitu dengan pohon bonsai dan kerikil putih.

Mengutip dari laman resmi rancamayagolfestate.id pada Sabtu (20/4/2024), rumah milik Yusril ini diduga masuk dalam klaster Richomnd Peak yang harganya dipatok sekitar Rp2,5 miliar hingga Rp3,3 miliar.

Kekayaan Yusril Ihza Mahendra

Yusril terakhir kali melaporkan harta kekayaannya kepada LHKPN KPK pada 2007. Kala itu, ia masih menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara Indonesia.

Dalam laporan terakhirnya, disebutkan total kekayaan milik suami Rika Tolentino Kato ini mencapai Rp1,62 miliar yang terbagi dalam beberapa aset.

Yusril memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan dengan nilai mencapai Rp20,31 juta. Ia pun mempunyai harta bergerak berupa alat transportasi dan mesin Rp105 juta.

Advokat kondang ini juga memiliki aset perkebunan senilai Rp94 juta. Lalu, harta bergerak lainnya berupa logam mulia, batu mulia, barang seni senilai Rp1,32 miliar.

Lebih lanjut, Yusril mempunyai instrumen investasi lain berupa giro dan setara kas yang nilainya mencapai Rp75,37 juta.

Untuk sekarang, tak diketahui pasti berapa total kekayaan Yusril. Namun, kemungkinan harta kekayaan dari mantan menteri ini sudah bertambah berkali-kali lipat.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kekayaan #yusril #ihza #mahendra #punya #rumah #mewah #kental #budaya #jepang #bernilai #miliaran

KOMENTAR