7 Fakta Menarik Dubai, Terkenal Sebagai Kota Tercanggih di Dunia Tapi Tenggelam karena Hujan Deras
Dubai dilanda banjir parah (X/AlArabiyaUAE)
13:15
18 April 2024

7 Fakta Menarik Dubai, Terkenal Sebagai Kota Tercanggih di Dunia Tapi Tenggelam karena Hujan Deras

Peristiwa banjir di Dubai, Uni Emirat Arab hingga melumpuhkan sejumlah aktivitas vital di negara tersebut menjadi sorotan dunia. Terlebih, landasan Bandara hingga sekolah harus ditutup karena ikut terendam air.

Dikenal sebagai negara gersang di Semenanjung Arab dan hanya memiliki dua musim, yaitu musim dingin dan musim panas, fenomena hujan deras di Dubai pada hari Selasa (16/4/2024) menjadi peristiwa cuaca bersejarah dan terburuk dalam 75 tahun terakhir.

"UAE menyaksikan curah hujan terbesar yang pernah tercatat dalam 24 jam terakhir. Melebihi curah hujan yang tercatat sejak dimulainya pengumpulan data pada tahun 1949,” kata laporan Pusat Meteorologi Nasional negara tersebut.

Tentu hal tersebut cukup mengejutkan, mengingat Dubai merupakan salah satu kota termodern dan tercanggih di dunia. Banyak hal menakjubkan di negara tersebut yang perlu diketahui. Untuk itu, berikut fakta menarik tentang negara ini.

1. 20 Tahun Lalu, Dubai Adalah Gurun

Manusia telah tinggal di Uni Emirat Arab (UEA) selama 125.000 tahun. Namun baru pada abad ke-18 kota yang kita kenal sekarang sebagai Dubai didirikan. Pada awalnya, kota ini hanyalah sebuah desa nelayan kecil, dengan populasi hanya beberapa ratus orang.

Kota ini kecil dan sempit, dengan sebagian besar kota modern adalah gurun pasir. Para petani bahkan tidak akan menggunakan lahan tersebut untuk menanam tanaman atau memelihara ternak karena lahan tersebut tidak dapat dihuni.

Pada tahun 1971, Uni Emirat Arab didirikan. UEA menjadi negara kaya dalam sekejap karena pasokan minyaknya yang sangat besar. Minyak ditemukan di lepas pantai Dubai, sehingga para pengusaha mulai berdatangan ke kota untuk memulai bisnis. Meskipun Perang Teluk menyebabkan banyak pebisnis hengkang, mereka kembali lagi ketika harga minyak naik. Mulai tahun 2000-an, mereka berinvestasi dalam pengembangan Dubai, yang berlanjut hingga saat ini.

2. Dikenal Sebagai Kota Pintar

Infrastruktur, digitalisasi, energi bersih, transportasi berkelanjutan, layanan yang cepat dan mudah diakses: pemerintah negara tersebut telah meluncurkan setidaknya 100 proyek yang akan selesai pada tahun 2028.

Untuk memahami bagaimana konsep kota pintar diterapkan di Dubai, kunjungi salah satu dari tiga "kantor polisi otomatis" di kota tersebut. Anda dapat membayar denda, melaporkan kecelakaan, atau melakukan banyak hal lainnya tanpa harus berbicara dengan agen. 

Selain tiga "kantor polisi otomatis" yang sudah beroperasi, pemerintah baru-baru ini mengumumkan pembukaan kantor polisi keempat di World Island, yaitu kepulauan yang dirancang menyerupai permukaan bumi dari atas.

3. Telah Menghapus Penggunaan Kertas Dalam Administrasi Publik

Dikutip We Build Value, Dubai juga telah menghapus penggunaan kertas dalam layanan administrasi publik. Dengan sepenuhnya melakukan langkah ini, pemerintah yakin bahwa hal ini dapat menghemat $245 juta (€213 juta) – dan tentu saja, ini juga akan berdampak pada perlindungan lingkungan.

4. Cara Dubai Atasi Kemacetan dan Kurangi Emisi

Di bidang transportasi, kota masa depan bertujuan untuk mengurangi emisi dan berkontribusi dalam mengurangi kemacetan perkotaan secara signifikan. Proyek andalannya adalah Dubai-Abu Dhabi Hyperloop, jalur ultra-cepat sepanjang 151 kilometer yang akab menelan biaya sekitar $6 miliar (€5,2 miliar). Bagian pertama sepanjang 10 kilometer (6,2 mil) telah selesai.

Hyperloop, serta jalur metro baru, bertujuan untuk mengurangi kemacetan di kota metropolitan yang kini berpenduduk lebih dari 3,5 juta jiwa, namun juga terpaksa dihuni oleh lebih dari satu juta mobil .

5. Iklim di Dubai

Iklim di Dubai mirip dengan iklim yang Anda temukan di seluruh Timur Tengah. Curah hujan rata-rata hanya 25 hari sepanjang tahun. Februari adalah bulan dengan rata-rata curah hujan terbanyak, namun kota ini hanya menerima curah hujan 1,4 inci selama bulan tersebut.

Meski jarang turun hujan, cuaca di Dubai tidak terlalu cerah. Ada 12 jam siang hari per hari di bulan Juni dan hanya delapan jam di bulan Januari. Anda sebaiknya menggunakan lampu jalan untuk menjelajahi kota, terutama jika Anda keluar hingga larut malam.

6. Dubai Memegang Lebih dari 300 Rekor Dunia

Dalam hal pencapaian yang luar biasa, Dubai memang memimpin. Kota yang dinamis ini secara mengejutkan memegang lebih dari 300+ rekor dunia. Dari Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia; The Dubai Frame, bingkai terbesar di dunia; Dubai Mall, pusat perbelanjaan terbesar di dunia; hotel Burj Al Arab, hotel in-suite tertinggi di dunia, hingga Mobil Polisi tercepat milik Polisi Dubai dan segudang prestasi luar biasa lainnya, Dubai secara konsisten terus melampaui batas.

7. Memiliki Sekumpulan Pulau Berbentuk Pohon Palem

Salah satu ciri khas Dubai adalah kumpulan pulau buatannya yang berbentuk pohon palem, yang dikenal sebagai Dubai Palm Jumeirah. Ciptaan luar biasa ini menyandang gelar kepulauan buatan terbesar di dunia, yang seluruhnya terbuat dari pasir dan batu. 

Seseorang dapat menaiki helikopter yang mendebarkan untuk menikmati pemandangan indah Palm Jumeirah bersama dengan pemandangan landmark ikonik seperti Burj Khalifa, Burj Al Arab, Atlantis The Palm, dan garis pantai Jumeira, untuk sepenuhnya menikmati pemandangan dari atas. Anda juga dapat mengambil bagian dalam petualangan terjun payung, karena petualangan ini menawarkan perspektif unik dari Kepulauan Palm buatan

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #fakta #menarik #dubai #terkenal #sebagai #kota #tercanggih #dunia #tapi #tenggelam #karena #hujan #deras

KOMENTAR