Kekayaan Tim Cook Bos Apple: 16 Kali Lipat Harta Prabowo, Kini Diminta Jokowi Investasi di IKN
CEO Apple Tim Cook menemui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Jakarta, Rabu (17/4/2024). [Dok. biro humas kominfo]
18:56
17 April 2024

Kekayaan Tim Cook Bos Apple: 16 Kali Lipat Harta Prabowo, Kini Diminta Jokowi Investasi di IKN

Kehadiran CEO Apple Tim Cook di Indonesia sejak Selasa (16/4/2024) mencuri perhatian publik. Ia terbang ke Indonesia pasca berkunjung ke Vietnam untuk melaksanakan beberapa agenda, khususnya investasi.

Salah satu orang terkaya di dunia ini dijadwalkan bertemu dengan Presiden Jokowi dan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Ia juga diagendakan untuk meresmikan cabang baru Apple Developer Academy di Bali. Serta membahas potensi kerjasama Apple dengan pemerintah Indonesia di dunia investasi.

Lalu, berapa kekayaan yang dimiliki Cook? Simak inilah selengkapnya.

Harta Kekayaan Tim Cook

Momen pertemuan Menhan Prabowo dengan bos Apple Tim Cook di kantor Menhan, Rabu (17/4/2024). (Dok. Kemenhan)Momen pertemuan Menhan Prabowo dengan bos Apple Tim Cook di kantor Menhan, Rabu (17/4/2024). (Dok. Kemenhan)

Menyandur dari Forbes, Tim Cook selaku CEO Apple memiliki harta senilai USD 2 miliar atau setara dengan Rp 32 triliun. Hartanya itu 16 kali lebih besar ketimbang capres terpilih Indonesia, Prabowo Subianto yang mencatatkan kekayaan sebesar Rp 2 triliun.

Kekayaan bersih Cook mencakup sekitar 3,3 juta lembar saham Apple, atau setara dengan USD 651 juta dalam pendapatan perusahaan saat ini. Harta kekayaan bersih yang dimiliki Cook menjadikannya sebagai orang terkaya ke-1.647 di dunia.

Pada tahun 2023, Cook berhasil mendapatkan kompensasi dari perusahaan sebesar USD 49 juta, atau lebih dari 40% di bawah gajinya pada tahun 2022.

Sebagai CEO perusahaan teknologi terbesar di dunia, Cook juga memiliki aset mewah berupa real estate perumahan di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Adapun kekayaan yang dimiliki Cook datang dari kegigihannya dalam membangun Apple, khususnya sejak ditinggal oleh sang founder, Steve Jobs yang meninggal dunia pada tahun 2011 lalu.

Cook bergabung dengan Apple sebagai Vice President Operations yang berperan untuk menentukan arah perkembangan perusahaan. Sosoknya juga sudah berjasa pada perusahaan berlogo buah apel itu.

Ia telah mencoba berbagai cara untuk menyelamatkan Apple di tengah persaingan teknologi di dunia. Seperti menutup banyak fasilitas manufaktur dan mengurangi jumlah pemasok yang digunakan Apple. Kemudian melakukan outsourcing produksi bila memungkinkan, hingga mengurangi inventaris perusahaan dalam rangka efisiensi manajemen operasional.

Cook dan timnya juga melakukan investasi terkini dalam teknologi. Sebut saja terkait perangkat keras penyimpanan flash, di mana ia mengamankan pasokan memori flash yang akan digunakan dalam iPod revolusioner Apple pada awal 2000-an.

Pada tahun 2007, Cook dipromosikan untuk memimpin operasi seluruh perusahaan. Kemudian pada tahun 2009 ketika Steve Jobs mengambil cuti karena alasan kesehatan, Cook menggantikannya sebagai CEO sementara. 

Pasca wafatnya Steve Jobs tahun 2011, Cook diangkat sebagai CEO Apple dan menjabat hingga saat ini.

Agenda Tim Cook di Indonesia

CEO Apple Tim Cook, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu di Istana Negara pada Rabu (17/4/2024). [Suara.com/Novian]CEO Apple Tim Cook, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu di Istana Negara pada Rabu (17/4/2024). [Suara.com/Novian]

Selepas mendarat di Indonesia, Cook langsung menjajal kuliner Indonesia. Ia menyambangi restoran lokal untuk mencicipi makanan sate ayam.

Usai berkuliner, Cook melanjutkan agendanya dengan hadir di Istana Negara Jakarta pada Rabu (17/4/2024) pagi sekitar pukul 08.55 WIB. Ia bertemu dengan Presiden Jokowi dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Pembahasan soal investasi pun menjadi topik utama dalam pertemuan ini. Meski demikian, Cook sendiri belum mau banyak bicara soal rencana investasi di Indonesia.

Sementara itu, melalui Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Presiden Jokowi sempat meminta agar Apple bisa bekerjasama dengan pemerintah RI untuk melakukan investasi di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Terutama dalam pembangunan smart city.

"Pak Presiden tadi juga sudah menyampaikan permintaan kepada pihak Apple agar bisa ikut berinvestasi dalam membangun smart city di IKN," ungkap Agus saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (17/4/2024).

Kehadiran Cook ini digadang-gadangkan bisa menjadi peluang besar Apple untuk berinvestasi bahkan membangun pabrik di Indonesia. Terlebih, Cook selaku CEO Apple menyempatkan hadir langsung ke Indonesia untuk membahas perkembangan teknologi.

Sebagai informasi, Apple kini sudah menjadi salah satu raksasa teknologi di dunia. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini berhasil meraup pendapatan mencapai USD 2,62 triliun per tanggal 16 April 2024 lalu. Tak hanya itu, Cook selaku CEO juga berhak atas saham dan kepemilikan dengan total harta fantastis.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kekayaan #cook #apple #kali #lipat #harta #prabowo #kini #diminta #jokowi #investasi

KOMENTAR