Tidak Perlu Khawatir, 9 Hal Ini Tidak Penting Dalam Jangka Panjang, Salah Satunya Kesuksesan Orang Lain  
Ilustrasi wanita yang sedang mengkhawatirkan masa depannya (Pexels/Polina Zimmerman)
13:26
13 April 2024

Tidak Perlu Khawatir, 9 Hal Ini Tidak Penting Dalam Jangka Panjang, Salah Satunya Kesuksesan Orang Lain  

– Memang tidak bisa disangkal bahwa setiap orang tentu memiliki kekhawatiran sendiri terhadap sesuatu hal dalam hidup. Bahkan, ada yang sampai yang tidak bisa tidur di malam karena terlalu memikirkan hal tersebut.

Berbagai pertanyaan yang memenuhi pikiran mulai dari bagaimana jika, mungkin atau hal apa saja dengan kemungknan skenario terburuk. Namun faktanya kebanyakan hal yang kita khawatirkan tidak pernah benar-benar terjadi.

Punya rasa khawatir terhadap sesuatu hal memang wajar, namun jika sifatnya tidak penting dalam jangka panjang tentu lebih baik tidak perlu dipikirkan.

Dilansir dari laman Expert Editor, terdapat beberapa hal yang tidak perlu dikhawatirkan karena tidak penting untuk jangka panjang:

  1. Kesalahan masa lalu Anda

Kesalahan adalah bagian dari menjadi manusia sebagai cara untuk berkembang, belajar dan tumbuh menjadi lebih baik. Namun apabila Anda terlalu berfokus pada kesalahan dan setiap hari memikirkannya tentu sangat tidak baik untuk diri sendiri.

Daripada memikirkan kesalahannya lebih baik berfokus dan beranggapan bahwa kesalahan di masa lalu bisa menjadi batu loncatan Anda menuju kesuksesan.

  1. Tidak menjadi cukup baik

Apabila gagasan Anda tentang menjadi “cukup baik” bergantung pada komentar orang lain atau situasi yang Anda hadapi, hal ini tentu akan sangat melelahkan. 

Anda perlu memahami bahwa setiap orang berada di jalur yang berbeda dengan keahlian dan kemampuan berbeda pula. Sehingga, tidak sepantasnya membandingkan jalan hidup Anda dengan diri orang lain.

Hidup adalah tentang belajar dan bangkit kembali dari kemunduran bukan hanya tentang mencentang kotak pada daftar “cukup baik”.

  1. Tidak sempurna

Kesempurnaan adalah mitos yang banyak dijadikan standar kita untuk diri kita sendiri yang tidak hanya tidak realistis namun juga merusak. Pasalnya, keindahan hidup terletak pada ketidaksempurnaannya, termasuk lika-likunya yang tidak terduga. Bahkan setiap kesalahan pun adalah perjalanan unik dan personal setiap orang.

  1. Pendapat orang tentang Anda

Mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda hanya membuang-buang energi. Sejatinya orang terlalu sibuk dengan kehidupan mereka sendiri sehingga tentunya mereka tidak punya waktu untuk menilai kehidupan Anda hari lepas hari.

Anda perlu mempunya prinsip untuk menjadi diri Anda sendiri agar bisa bahagia tanpa adan intervensi orang lain.

  1. Kesuksesan orang lain

Anda mungkin sering membandingkan kesuksesan orang lain dengan hidup Anda sendiri, baik itu lewat media sosial atau lainnya.

Jika ini menjadi bahan motivasi Anda, sebenarnya tidak jadi masalah. Namun, ini akan jadi masalah jika Anda mengkhawatirkan kisah sukses mereka. Anda perlu memahami bahwa perjalanan setiap orang berbeda. Apa yang berhasil dicapai orang lain, belum tentu bisa dicapai oleh dirimu.

Anda juga harus menyadari bahwa kesuksesan orang lain tidak menghilangkan potensi atau perjalanan Anda. Sejatinya ini bukanlah sebuah perlombaan atau kompetisi dengan jumlah piala yang terbatas di garis finis. Ada ruang bagi setiap orang untuk sukses dengan caranya masing-masing. 

  1. Semakin menua

Menua seiring bertambahnya usia adalah sebuah fakta kehidupan. Semua orang bakal mengalami masa ini. Hal ini bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti dan dikhawatirkan namun merupakan kesempatan untuk tumbuh lebih bijaksana dan lebih berpengalaman.

Bahkan di Korea misalnya ulang tahun ke 60 merupakan tonggak sejarah besar yang dikenal dengan Hwangap dan dirayakan dengan pesta dan perayaan.

 

  1. Kegagalan

Hal lain yang tidak perlu dikhawatirkan adalah kegagalan. Setiap kegagalan sebenarnya merupakan pelajaran yang mengajarkan kita untuk membuat kita lebih kuat kelak.

Anda juga harus menyadari bahwa kegagalan bukanlah akhir dan kehidupan namun bagian perjalanan yang membuat kemenangan semakin manis.

  1. FOMO

FOMO, alias fear of missing out atau takut ketinggalan adalah perasaan cemas yang Anda alami ketika Anda berpikir orang lain bersenang-senang tanpa Anda. Hal ini seperti menelusuri feed media sosial teman Anda dan berpikir hanya Anda yang tidak menjalani kehidupan yang menakjubkan.

Anda perlu menyadari bahwa media sosial adalah sorotan utama yang biasanya orang yang hanya memposting momen terbaik mereka bukan hal-hal biasa sehari-hari. Sehingga Anda tidak bisa mempatenkan bahwa kehidupan mereka sepenuhnya bahagia, itu hanya gambaran kecil saja.

  1. Masa depan

Masa depan adalah sesuatu yang tidak pasti bagi semua orang. Meskipun merencanakan dan mempersiapkan masa depan dengan cerdas serta matang adalah hal yang baik, Anda harus lebih menyadari bahwa menjalani hidup yang hari ini itu jauh lebih penting.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #tidak #perlu #khawatir #tidak #penting #dalam #jangka #panjang #salah #satunya #kesuksesan #orang #lain

KOMENTAR