Tes Kepribadian: Sosok yang akan Kamu Bantu Terlebih Dahulu akan Mengungkapkan Siapa Dirimu
Ilustrasi gambar perawat, orang cacat, anak yang menangis, dan wanita tua (Jagranjosh.com)
11:50
13 April 2024

Tes Kepribadian: Sosok yang akan Kamu Bantu Terlebih Dahulu akan Mengungkapkan Siapa Dirimu

Kepribadianmu bisa dilihat dari siapa yang kamu bantu terlebih dahulu dalam sebuah gambar. Mari kita coba!

Pada artikel ini, ada gambar perawat, orang cacat, anak yang menangis, dan wanita tua yang harus dibantu.

Psikolog telah meneliti dan merancang beberapa ciri kepribadian menggunakan pendekatan laporan diri di mana orang mengidentifikasi diri mereka dengan situasi tertentu untuk menilai ciri-ciri kepribadian mereka seperti kehati-hatian, keramahan, kejujuran, dan suka menolong.



Kita semua tahu bahwa sifat suka membantu dan rendah hati adalah beberapa sifat yang sangat dihargai dalam diri seseorang. Orang dengan kepribadian yang suka menolong pada prinsipnya dimotivasi oleh perhatian terhadap kesejahteraan orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri dengan sifat suka menolong, menunjukkan kebaikan, simpati, empati, dan perhatian terhadap orang lain.

Berikut tes kepribadian berdasarkan siapa yang akan kamu bantu terlebih dahulu pada gambar, dikutip dari Jagranjosh.com, Sabtu (13/4):



1. Membantu Perawat

Jika kamu mau membantu perawat terlebih dahulu, maka ciri-ciri kepribadianmu menunjukkan bahwa kamu tidak memikirkan masalah atau permasalahan apapun. Kamu tidak terlalu memikirkan situasi apapun dalam waktu lama.

Kamu adalah sosok yang lebih suka mencari solusi jika diperlukan. Di sisi lain, kamu memiliki kemampuan untuk mengetahui apakah suatu situasi benar-benar memerlukan perbaikan atau solusi. Kamu tipikal individu yang analitis dan menjadi pemecah masalah.

Waktu sangat berharga bagimu. Kamu akan bekerja dengan cara yang praktis dan efisien. Selain itu, kamu cenderung memiliki pendekatan rasional. Kamu tidak akan mendasarkan keputusanmu dipengaruhi oleh emosi. Namun, kamu tetap dikenal sebagai orang yang mendengarkan dengan tenang dan merespons sebelum mengambil kesimpulan. Kamu memiliki kemampuan untuk membuat orang lain merasa didengarkan dan diakui.



2. Membantu Orang Cacat


Jika kamu memilih untuk membantu orang cacat terlebih dahulu, maka ciri-ciri kepribadianmu menunjukkan bahwa kamu memiliki kualitas kepemimpinan. Kamu akan memanfaatkan kesempatan ini untuk membantu orang dan juga berempati dengan mereka.

Kamu mengambil keputusan dengan serius. Kamu juga memprioritaskan tujuan hidupmu. Tak hanya itu, kamu pun jarang melakukan aktivitas yang membuatmu keluar jalur dalam mencapai tujuan. Kamu akan mengambil inisiatif dan mengambil risiko terlepas dari kemungkinan kerugian.

Kamu memiliki sifat keras kepala. Di sisi lain, kemungkinan besar kamu akan tetap tenang bahkan dalam situasi terberat sekalipun. Kamu mempunyai tingkat kesadaran yang lebih tinggi terhadap lingkungan sekitarmu. Kamu pun akan melihat peluang bahkan ketika orang banyak gagal melakukannya.



3. Membantu Anak yang Menangis

Jika kamu ingin membantu anak yang menangis terlebih dahulu, berarti kamu adalah orang yang sentimental. Kamu mementingkan emosi dan hubungan. Kamu juga seorang pendengar yang baik. Teman dan keluarga Anda biasanya curhat kepadamu.

Kamu adalah tipe individu yang penuh perhatian dan menjaga. Terkadang, kamu sangat dipengaruhi oleh emosi. Dalam membuat keputusan, kamu akan didasarkan pada nilai sentimental dan hubungan emosional. Kebanyakan orang menganggapmu sebagai orang kepercayaan mereka. Kamu akan mendengarkan masalah mereka dan bahkan mencoba menyelesaikan atau mengurusnya.

Kebanyakan wanita atau pria dalam peran sebagai orang tua cenderung memilih untuk membantu anak yang menangis dalam gambar tersebut. Namun, hal ini juga menunjukkan bahwa kamu mungkin memiliki masalah batin anak yang belum terselesaikan.

Kamu bisa saja menjalani kehidupan sejak dini di mana kamu dibutuhkan untuk memecahkan masalahmu sendiri. Selain itu, mungkin kamu juga membawa sikap ini lebih jauh dalam kehidupan dewasamu. Kamu ingin mempunyai orang-orang yang dapat membantumu mengatasi gejolak emosi dalam hidup. Hal ini juga bisa menggambarkan secara umum bahwa kamu menyukai anak-anak.



4. Membantu Wanita Tua


Jika kamu mau membantu wanita tua terlebih dahulu, maka ciri-ciri kepribadianmu menunjukkan bahwa kamu adalah individu yang memiliki moral dan prinsip yang kuat. Kamu menghormati orang yang lebih tua. Kamu juga tidak dapat melihat siapa pun berjuang sendirian ketika berada dalam tahap lemah atau saat membutuhkan.

Di sisi lain, kamu adalah sosok yang menghormati pendapat dan emosi orang lain. Kamu akan menemani orang yang merasa sendirian. Meski kamu merupakan orang yang emosional, tetapi kamu juga tahu kapan harus menentukan batas. Kamu akan menghormati orang lain dan juga mengharapkan rasa hormat sebagai balasannya.

Kamu dapat berbicara dan berekspresi tanpa rasa takut di perusahaanmu. Kamu memiliki sifat tidak menghakimi. Selain itu, kamu juga akan mempertahankan pendirian untuk mempertahankan pendapat dan keputusanmu sendiri. Dirimu adalah individu yang sangat matang secara emosional. Kamu banyak berempati dengan orang lain meskipun kamu tidak mengungkapkannya dengan lantang.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kepribadian #sosok #yang #akan #kamu #bantu #terlebih #dahulu #akan #mengungkapkan #siapa #dirimu

KOMENTAR