Profil dan Karir Zita Anjani, Putri Zulhas Dikabarkan Maju Cawagub Jakarta Dampingi Ridwan Kamil
Profil Zita Anjani (Instagram)
06:13
12 April 2024

Profil dan Karir Zita Anjani, Putri Zulhas Dikabarkan Maju Cawagub Jakarta Dampingi Ridwan Kamil

Profil Zita Anjani mendadak banyak dibicarakan usai putri dari Ketua Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan ini digadang-gadang akan menjadi wakil Ridwan Kamil untuk maju ke Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta.

Jika rumor tersebut terbukti, Zita Anjani akan menjadi calon wakil gubernur (cawagub) dari calon gubernur (cagub) Ridwan Kamil. Lantas, bagaimana sepak terjang wanita kelahiran 1990 ini di dunia politik? Berikut ulasannya.

Profil Zita Anjani

Lahir di Jakarta, 12 Maret 1990, sebelum terjun ke politik, Zita telah menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Pelita Harapan (UPH) pada tahun 2011 dengan jurusan Hubungan Internasional.

Setelah itu, ia melanjutkan studinya ke University College London untuk meraih gelar Master of Science pada tahun 2014.

Di tahun 2012, Zita menikah dengan Radityo Egi Pratama hingga dikaruniai dua orang anak, yaitu Kaleela Aisyah da Kaisara Aiisha.

Zita Anjani merupakan anak kedua dari empat bersaudara pasangan Zulkifli Hasan dan Soraya Zulkifli Hasan.

Karir Zita Anjani

Sejak tahun 2015 hingga 2020, Zita telah memegang jabatan sebagai Wakil Ketua DPW PAN DKI Jakarta. Di waktu yang sama, tepatnya tahun 2017–2018, wanita berusia 34 tahun ini juga mengemban jabatan sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Perempuan Amanat Nasional (PUAN).

Tak cukup mengurus partai dengan sang ayah, Zita akhirnya memutuskan terjun ke kancah legislatif. Mewakili Daerah Pilih 5 DKI Jakarta pada tahun 2019 Zita Anjani berhasil menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dki Jakarta.

Kala itu, ia berhasil mendulang hingga 14.701 suara. Zita pun juga dipercaya untuk menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Terkait kabar pencalonan Zita menjadi calon wakil gubernur Jakarta, Eddy Soeparno selaku Sekretaris Jenderal PAN mengaku mendukung sepenuhnya. Ia berpikir bahwa kolaborasi antara Zita dan Ridwan Kamil bisa menjadi pilihan ideal mengingat keduanya yang masih sama-sama muda.

Namun, di kesempatan yang sama Eddy menyampaikan bahwa pihaknya belum bisa mengonfirmasi kabar tersebut. Pasalnya, partainya masih harus menggelar Rakornas untuk memastikan nama-nama yang akan diusung ke ke kontes pemilu mendatang.

Demikan informasi terkait profil dan karir Zita Anjani

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #profil #karir #zita #anjani #putri #zulhas #dikabarkan #maju #cawagub #jakarta #dampingi #ridwan #kamil

KOMENTAR