6 Alasan Psikologis Mengapa Seseorang Mudah Jatuh Cinta Meski Sudah Memiliki Pasangan, Salah Satunya Trauma Masa Lalu
Ilustrasi hubungan yang berakhir akibat pasangan mudah jatuh cinta pada orang lain./ Sumber foto: freepik/creativeart
15:16
6 April 2024

6 Alasan Psikologis Mengapa Seseorang Mudah Jatuh Cinta Meski Sudah Memiliki Pasangan, Salah Satunya Trauma Masa Lalu

 

 - Dalam dunia percintaan, terkadang kita menemukan diri kita tertarik pada orang lain, bahkan ketika kita sudah memiliki pasangan yang stabil.

Fenomena ini menimbukan pertanyaan yang sering muncul di benak banyak orang, mengapa kita bisa jatuh cinta pada orang lain, meskipun sudah berkomitmen pada pasangan.

Dilansir dari The Minds Journal pada Jumat (5/4), terdapat 6 alasan psikologis yang mendasari fenomena ini, yang dapat memberikan wawasan baru tentang dinamika hubungan.

1. Ekspektasi yang tidak realistis

Banyak individu seringkali menggambarkan cinta dalam cara yang sangat romantis, seperti dalam film atau novel, tetapi hubungan sebenarnya tidak selalu seperti itu.

Ketika Anda memiliki harapan atau ekspektasi yang terlalu tinggi, Anda bisa merasa kecewa ketika pasangan tidak dapat memenuhinya. Ini akan membuat Anda mudah jatuh cinta pada orang lain karena Anda mengharapkan untuk mendapatkannya dari orang lain.

Namun, dengan mengenali dan menyesuaikan ekspektasi yang tidak realistis ini, Anda dapat menetapkan standar yang lebih masuk akal dan merasa lebih puas dalam hubungan.



2. Kurangnya koneksi emosional

Kurangnya koneksi emosional berarti bahwa dalam hubungan, Anda dan pasangan Anda tidak merasa dekat secara emosional.

Ini bisa disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang mendalam, kurangnya kepercayaan, atau kurangnya pemahaman satu sama lain.

Jika Anda merasa tidak terhubung secara emosional dengan pasangan Anda, Anda akan merasa bahwa Anda tidak didukung dan dipahami.

Ini bisa membuat Anda merasa tidak puas dalam hubungan dan lebih mungkin untuk kehilangan minat oada pasangan Anda atau cenderung mudah jatuh cinta dengan cepat pada orang lain.

3. Kurangnya komunikasi

Kurangnya komunikasi dalam hubungan bisa menyebabkan pasangan merasa tidak dipahami dan konflik yang tidak terselesaikan dapat menumpuk.

Tanpa berbicara terbuka tentang kebutuhan, perasaan, dan kekhawatiran, pasangan tidak bisa memahami satu sama lain dengan baik. Ini dapat menyebabkan jarak emosional dan rasa kebingungan dalam hubungan.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki komunikasi yang terbuka dan jujur untuk memperkuat ikatan dan mencegah cinta untuk memudar.



4. Kurangnya perkembangan diri

Ketika Anda tidak mengalami perkembangan pribadi, Anda cenderung merasa tidak puas dengan diri sendiri dan hidup Anda.

Ini juga dapat memengaruhi hubungan Anda, karena Anda tidak memiliki energi atau semangat yang cukup untuk berkontribusi pada pasangan dengan cara yang positif.

Oleh karena itu, penting untuk terus tumbuh dan berkembang sebagai individu, sehingga Anda dapat memberikan yang terbaik dalam hubungan dan merasakan kebahagiaan yang berkelanjutan.

5. Trauma masa lalu

Faktor-faktor ini merujuk pada pengalaman traumatis atau beban emosional dari masa lalu yang belum terselesaikan yang dapat memengaruhi hubungan saat ini.

Trauma masa lalu, seperti patah hati atau pengkhianatan, dapat membuat seseorang sulit untuk membuka diri dan mempercayai orang lain sepenuhnya.

Dimana ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mempertahankan cinta dan hubungan yang sedang Anda jalani saat ini.

Saat Anda tidak mampu mempertahankan cinta dan hubungan Anda saat ini, Anda akan cenderung lebih mudah jatuh cinta pada orang lain dan mencari versi yang lebih baik dari pasangan Anda saat ini agar Anda merasa tidak akan dikhianati oleh orang tersebut.



6. Ketidakcocokan

Ketidakcocokan ini bisa mencakup nilai-nilai, minat, cara berkomunikasi, atau tujuan hidup yang tidak sejalan.

Ketika kedua belah pihak menyadari ketidaksesuaian ini, mereka akan merasa lebih baik untuk memutuskan hubungan dan mencari pasangan yang lebih cocok, daripada memaksakan hubungan yang tidak memuaskan kedua belah pihak.

Ini berarti bahwa ketidakcocokan menjadi salah satu alasan seseorang mudah jatuh cinta pada orang lain karena mereka mencari kecocokan dengan orang lain.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #alasan #psikologis #mengapa #seseorang #mudah #jatuh #cinta #meski #sudah #memiliki #pasangan #salah #satunya #trauma #masa #lalu

KOMENTAR