Walau Disunahkan, Ustaz Khalid Basalamah Larang Beli Baju Lebaran di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Kenapa?
Ustaz Khalid Basalamah (YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo)
16:16
4 April 2024

Walau Disunahkan, Ustaz Khalid Basalamah Larang Beli Baju Lebaran di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Kenapa?

Selain mudik, membeli baju baru adalah salah satu tradisi yang tak mungkin hilang dalam perayaan lebaran. Tak heran jika toko-toko pakaian dipenuhi dengan banyak pengunjung terutama di penghujung akhir bulan Ramadhan alias menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Namun Ustaz Khalid Basalamah malah menyayangkan fenomena ini. Sebab menurutnya membeli baju lebaran justru jangan dilakukan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Mengapa demikian?

Dilihat di akun Instagram @ustad.khalidbasalamah, awalnya Ustaz Khalid Basalamah menegaskan bahwa mengenakan baju baru saat lebaran adalah hal yang disunahkan.

Ilustrasi belanja baju Lebaran. (Shutterstock)Ilustrasi belanja baju Lebaran. (Shutterstock)

“Mengenakan baju baru, menampakkan kegembiraan di hari raya, itu adalah bagian daripada sunnah Nabi SAW,” ucap Ustaz Khalid Basalamah, seperti dikutip pada Kamis (4/4/2024).

“Tetapi yang harus kita perhatikan adalah semua kebutuhan ini, baju lebaran atau pakaian baru yang ingin kita beli, tentu jangan dilakukan justri di 10 (hari) terakhir Ramadhan,” sambungnya.

Alih-alih di penghujung bulan Ramadhan, Ustaz Khalid Basalamah malah menganjurkan umat Muslim untuk membeli baju lebaran jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan tidak ada salahnya jika membeli baju lebaran sebelum bulan Ramadhan itu datang.

“Anda harusnya lakukan itu sebelum Ramadhan atau di hari-hari pertama Ramadhan paling tidak,” tutur Ustaz Khalid Basalamah yang kemudian menerangkan alasannya.

“Karena 10 hari terakhir, (seperti) disebutkan dalam sebuah riwayat yang shahih, Nabi SAW justru lebih fokus untuk beribadah. Dikatakan dalam sebuah riwayat, kalau masuk 10 (hari) terakhir Ramadhan, maka Nabi SAW lebih mengeraskan ikatan sarungnya dan membangunkan keluarganya. Artinya justru itu hari-hari yang sangat mulia. Jangan sibukkan diri dengan belanja, tapi di saat itu bagaimana justru kita memperbanyak ibadah,” tegasnya menambahkan.

Ada beberapa ibadah yang tentu bisa diperbanyak di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, salah satunya itikaf di masjid. “Semua itu tujuannya agar kita lebih fokus ibadah,” pungkas Ustaz Khalid Basalamah.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #walau #disunahkan #ustaz #khalid #basalamah #larang #beli #baju #lebaran #hari #terakhir #ramadhan #kenapa

KOMENTAR