Sering Mengalami Nyeri Sendi hingga Bengkak? Ternyata Bisa Dicegah dengan Mengubah Gaya Hidup, Simak!
ilustrasi nyeri sendi./ Sumber Foto: Medical News Today
14:22
4 April 2024

Sering Mengalami Nyeri Sendi hingga Bengkak? Ternyata Bisa Dicegah dengan Mengubah Gaya Hidup, Simak!

 

 

 Nyeri sendi dan bengkak terjadi ketika terdapat cairan pada jaringan di sekitar sendi.

Sendi yang paling sering mengalaminya adalah siku, pergelangan tangan, bahu, pangkal tulang belakang, buku-buku jari tangan, pinggul, lutut, atau pergelangan kaki.

Gejala yang ditimbulkan pun berbeda-beda dan bergantung pada sendi yang nyeri, meliputi rasa kaku, pegal, dan terasa panas.

Dilansir JawaPos.com dari Health Direct, Kamis (4/4), beberapa penyebabnya bisa karena cedera misalnya keseleo dan tegang, penggunaan sendi yang berlebihan, infeksi, flu, serta penyakit seperti rematik.

Tidak sedikit orang yang sering mengalami nyeri sendi dan pembengkakan, dan mengobatinya dengan salep atau obat-obatan.

Namun ternyata dalam beberapa kasus nyeri sendi dan pembengkakan dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup, seperti yang dikutip JawaPos.com dari Health Direct berikut ini.

  1. Pertahankan Berat Badan Sehat

Meskipun tidak begitu jelas hubungan antara kelebihan berat badan dan timbulnya arthritis, namun kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada banyak persendian, terutama pada lutut, pinggul, dan punggung bawah. 

Sehingga, menurunkan berat badan akan mengurangi stres pada persendian, mengurangi rasa sakit, dan memudahkan untuk bergerak.

  1. Berhenti Merokok

Merokok memiliki banyak efek samping, termasuk beberapa di antaranya sakit punggung, sakit leher, arthritis, rheumatoid, dan osteoporosis.

Merokok juga menyebabkan kelelahan dan penyembuhan lebih lambat, yang dapat meningkatkan rasa sakit, dan menyebabkan beberapa obat menjadi kurang efektif.

Sehingga, berhenti merokok mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

  1. Olahraga Rutin

Olahraga teratur penting untuk membantu tubuh tetap bugar, mandiri, dan aktif bergerak. Menjadi aktif membantu menjaga otot, tulang, dan persendian tetap kuat.

Namun jika pencegahan sudah terlambat, pengobatan nyeri sendi dan bengkak dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu lindungi area sendi, istirahatkan sendi dari aktivitas berat, beri es pada sendi dengan tidak menyentuh kulit secara langsung.

Selain itu juga bisa dengan membalut sendi dengan perban kuat namun tidak terlalu kencang, meninggikan sendi di atas ketinggian jantung untuk mengurangi pembengkakan.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sering #mengalami #nyeri #sendi #hingga #bengkak #ternyata #bisa #dicegah #dengan #mengubah #gaya #hidup #simak

KOMENTAR