Kerap Mendominasi Percakapan, Intip 4 Ciri-Ciri Karakter Orang yang Egois Menurut Ahli Psikologi
Kerap Mendominasi Percakapan, Intip 4 Ciri-Ciri Karakter Orang yang Egois Menurut Ahli Psikologi (Trackinghappiness.com)
12:10
29 Maret 2024

Kerap Mendominasi Percakapan, Intip 4 Ciri-Ciri Karakter Orang yang Egois Menurut Ahli Psikologi

 

Bersinggungan dengan orang yang memiliki karakter egois, tampaknya akan sangat menguras banyak energi dan menyebabkan Anda merasa kesal. 

Oeh karenanya, apabila teman atau pasangan Anda tampak memiliki karakter egois, Anda dapat memilih untuk mengakhiri hubungan anda dengannya.

Hal ini bertujuan untuk melindungi kesehatan mental dan emosional Anda.

Namun jika karakter orang yang egois itu terjadi pada diri anggota keluarga, kolega atau tetangga yang mungkin tidak dapat Anda hindari sepenuhnya, Anda dapat membatasi interaksi Anda.

Ya, berinteraksilah hanya pada hal-hal yang benar-benar diperlukan dan menjauhkan diri mereka sebisa mungkin.

Menurut laman Very Well Mind yang dikutip oleh JawaPos.com (29/3), manyatakan bahwa meskipun kita bisa mengenali sikap egois pada orang lain, akan lebih sulit mengenali sikap egois pada diri kita sendiri.

Psikologi Klinis berlisensi, Dr Aimee Daramus, mengatakan ini adalah beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengidentifikasi sikap egois dalam diri Anda maupun orang lain:

  1. Anda mendominasi percakapan

Anda cenderung mendominasi sebagian besar percakapan, rapat, dan interaksi. Saat Anda mencoba terhubung dengan orang lain, Anda melakukannya dengan menceritakan tentang diri Anda kepada mereka, bukan menanyakan tentang diri mereka sendiri.

  1. Anda tidak terlalu mendengarkan

Anda kesulitan mendengarkan orang lain. Setelah percakapan, rapat, atau kencan, Anda tidak dapat mengingat apa yang dikatakan orang lain.

Kinerja Anda di tempat kerja terbatas karena Anda tidak memperhatikan masukan orang lain dan memanfaatkan basis pengetahuan mereka.

  1. Anda menarik orang-orang dengan kepribadian yang lebih lemah dari Anda

Anda tidak cocok dengan orang-orang yang tegas. Sebagian besar atau semua teman Anda kurang memiliki opini yang kuat.

Tidak banyak orang yang menarik dan berpendirian keras dalam hidup Anda karena Anda tidak memperhatikan ide-ide mereka.

  1. Anda sendirian ketika Anda membutuhkan bantuan

Anda cenderung menarik diri tidak bersikap asertif. Padahal Anda sendiri mendapati diri Anda sendiri membutuhkan bantuan yang nyata dari orang lain.

Sangat menyenangkan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan sampai Anda mengalami keadaan darurat dan tidak ada orang di sekitar Anda yang cukup kuat untuk 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kerap #mendominasi #percakapan #intip #ciri #ciri #karakter #orang #yang #egois #menurut #ahli #psikologi

KOMENTAR