9 Tanda Pasangan yang Cocok untuk Hubungan Jangka Panjang, Salah Satunya Memiliki Selera Humor yang Sama
Pasangan yang cocok untuk hubungan serius jangka panjang (Pexels/Min An)
07:04
29 Maret 2024

9 Tanda Pasangan yang Cocok untuk Hubungan Jangka Panjang, Salah Satunya Memiliki Selera Humor yang Sama

Kita semua pasti menginginkan pasangan hidup yang cocok dan serasi untuk hubungan jangka panjang.

Selain menjadi teman hidup untuk berbagi pikiran, pasangan yang cocok juga bisa menjadi teman untuk melakukan apa saja. Oleh karena itu, perlu ketelitian dalam memilih dan mempertahankan hubungan.

Meskipun demikian, setiap pasangan juga selalu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, bahkan sekali pun dirasa cocok dan memiliki prinsip hidup yang sama.

Namun, yang berbeda dari pasangan yang benar-benar cocok dengan yang toxic terletak pada intensitas permasalahan yang muncul dan tidak dapat diselesaikan bahkan melalui diskusi.

Ada tanda-tanda yang bisa dibaca untuk melihat seorang pasangan itu cocok atau tidak. Artikel ini akan membahas 9 tanda tersebut secara rinci.

Dilansir dari laman Ideapod pada Jumat 29/3, berikut ini 9 tanda yang menunjukkan bahwa pasangan hidup sudah cocok untuk hubungan jangka panjang yang serius.

1) Sebagian besar waktu Anda berhubungan dengannya

Hubungan roller coaster mungkin dimulai dengan mendebarkan tetapi segera membuat Anda muak. Milikilah hubungan yang kuat dan hal ini menjadi fondasi yang kuat.

Waktu yang Anda habiskan bersama sebagian besar positif, tanpa pasang surut yang mengganggu. Jika sudah seperti ini, dapat dipastikan hubungan Anda dapat bertahan lama.

2) Anda menikmati banyak hal yang sama

Sangatlah wajar untuk melakukan kegiatan dan memiliki hobi sendiri. Anda dapat saling menghormati minat yang berbeda dan mendorong pertumbuhan pribadi satu sama lain.

Namun, Anda akan jauh lebih cocok jika banyak minat yang sama dan dibagikan. Dengan begitu, Anda dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama untuk melakukan hal-hal yang disukai.

Terapis Stephen J. Betchen D.S.W. percaya bahwa terlalu banyak perbedaan minat dapat menyebabkan masalah hubungan yang serius.

Ketika dua pasangan memiliki minat yang sama atau mirip, hidup akan lebih mudah bagi pasangan tersebut. Hal itu juga dapat mengikat mereka selama bertahun-tahun.

3) Memiliki prinsip yang sama

Prinsip hidup setiap orang mungkin tersembunyi, tetapi secara langsung memengaruhi tindakan dan sikap seseorang.

Prinsip ini adalah hal-hal yang paling penting karena membentuk keyakinan dasar kita tentang dunia. Jika prinsip hidup berbenturan, maka Anda akan mengalami banyak masalah.

Oleh karena itu, dokter dan penulis kesehatan mental klinis Kristen Fuller mendorong manusia untuk mendalami prinsip-prinsip dengan pasangan.

4) Anda menginginkan hal yang sama dari sebuah hubungan

Penelitian telah menyoroti bagaimana kesiapan hubungan dapat menjadi faktor besar dalam menentukan apakah hubungan tersebut akan bertahan dalam jangka panjang.

Anda bisa saja sangat cocok dan bisa bertahan dalam rumah yang terbakar. Tapi bagaimana jika mereka mencari teman kencan dan Anda menginginkan komitmen, mereka menyukai hubungan terbuka dan Anda menginginkan monogami?

Kecocokan hubungan berarti Anda menginginkan hal yang sama dari hubungan Anda. Itu berarti Anda dan pasangan hadir secara emosional dan berusaha membangun kerjasama.

5) Anda mampu menyelesaikan konflik

Argumen dan perselisihan hampir tidak dapat dihindari dalam hubungan jangka panjang. Yang terpenting adalah bagaimana Anda mengatasinya dan melanjutkan hidup.

Memiliki resolusi konflik yang kuat sebagai pasangan akan membuat Anda lebih dekat ketika kesulitan mengancam untuk memisahkan Anda.

Itu artinya, Anda dapat berkomunikasi secara terbuka untuk menyelesaikan konflik dan mencoba untuk menghormati pendapat satu sama lain bahkan saat terjadi ketidaksepakatan.

Ini menjadi salah satu tanda bahwa Anda dan pasangan memiliki kecocokan dan hubungan akan bertahan lama.

6) Anda memiliki selera humor yang sama

Humor tidak hanya memainkan peran penting dalam ketertarikan awal, tetapi juga dalam keberhasilan hubungan.

Kita tahu bahwa tertawa itu baik untuk Anda dan meringankan beban, dan menurut penelitian, bercanda dengan pasangan romantis juga membuat cinta tetap hidup.

Psikolog sosial Laura Kurtz mengatakan bahwa hal tersebut merupakan tanda hubungan yang sehat.

Secara umum, pasangan yang lebih sering tertawa bersama cenderung memiliki hubungan yang lebih berkualitas.

Peserta yang tertawa lebih banyak dengan pasangannya selama percakapan yang direkam di laboratorium cenderung juga merasa lebih dekat dan lebih didukung oleh pasangannya.

7) Anda tertarik satu sama lain dengan berbagai cara

Keinginan dan ketertarikan tidak hanya terletak pada penampilan. Itu adalah hal yang baik, karena penampilan pasangan akan selalu berubah seiring berjalannya waktu.

Tetapi ketertarikan yang mendalam datang dari rasa suka pada siapa seseorang, dan bukan hanya pada penampilannya.

Kita semua mungkin pernah mengalami skenario di mana kita mengira seseorang itu manis pada awalnya, tetapi ketika mereka membuka mulut untuk berbicara, mereka tiba-tiba mulai terlihat jelek.

Hal itu karena siapa seseorang bisa membuat Anda lebih dekat atau membuat Anda menjauh.

Semua aspek ini digabungkan yang menciptakan chemistry, kualitas yang sulit didefinisikan yang menciptakan kebahagiaan.

8) Tujuan hidup yang selaras

Memiliki tujuan hidup yang tidak sinkron merupakan bentuk ketidakcocokan. Ke mana tujuan Anda dalam hidup, itu penting untuk diutamakan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality menegaskan hal ini karena menemukan bahwa pasangan yang memiliki tujuan hidup yang sama menikmati kepuasan yang lebih besar dalam hubungan mereka.

9) Anda langsung cocok satu sama lain

Langsung cocok dengan seseorang bisa jadi sulit untuk dijelaskan. Tapi Psikolog Meredith Fuller mengatakan bahwa ini sebenarnya adalah tanda kecocokan bawah sadar.

Saat kita merasa cocok dengan orang lain, ada pengenalan bawah sadar satu sama lain. Secara tidak sadar kita memiliki pengalaman dan nilai yang sama satu sama lain.

Jika Anda merasa pasangan Anda benar-benar memahami Anda, itu adalah bukti hubungan emosional yang kuat.

Anda dapat berempati dengan emosi satu sama lain dan Anda merasa aman untuk saling terbuka satu sama lain. Jika kita tidak bisa menjadi diri sendiri, kita tidak akan merasa nyaman.

Itulah 9 tanda yang menunjukkan bahwa Anda dan pasangan sangat cocok untuk hubungan yang serius dan bertahan lama.

Dengan memperhatikan tanda-tanda ini, Anda dapat menilai hubungan yang saat ini sedang dijalani, apakah layak dipertahankan atau tidak.

Namun, hal ini tentu bisa jadi berbeda dalam hubungan setiap orang. Pastikan untuk tidak membandingkan hubungan sendiri dengan orang lain.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #pasangan #yang #cocok #untuk #hubungan #jangka #panjang #salah #satunya #memiliki #selera #humor #yang #sama

KOMENTAR