Intuisi dapat Dilatih seperti Keterampilan Lainnya, Simak 5 Teknik untuk Membuat Intuisi Anda Semakin Tajam
Intuisi bisa dilatih agar menjadi tajam. (Psychologicalscience.org)
22:08
25 Maret 2024

Intuisi dapat Dilatih seperti Keterampilan Lainnya, Simak 5 Teknik untuk Membuat Intuisi Anda Semakin Tajam

– Beberapa orang di dunia ini dikaruniai oleh keistimewaan berupa kemampuan intuisi atau pikiran alam bawah sadar mereka melebihi yang lainnya. Kabar baiknya, kemampuan intuisi ini bisa digunakan orang-orang yang memilikinya untuk mengambil keputusan.

Namun, adakah yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan atau meningkatkan proses intuitif kita? Atau apakah ini hanya kekuatan super yang dimiliki sebagian orang?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Lieberman (2000), keterampilan intuisi sosial meningkat dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Hal ini menunjukkan bahwa ternyata hal tersebut dapat dipelajari. Seperti keterampilan lainnya, cara perbaikan yang disarankan adalah memberikan perhatian, latihan, dan refleksi (Gore & Sadler-Smith, 2011).

Selain paparan terhadap lingkungan dan situasi belajar yang menguntungkan, beberapa teknik telah disarankan yang dapat mendorong pengembangan intuisi.

Dilansir dari positivepsychology.com, Senin (25/3), berikut 5 teknik untuk melatih intuisi agar semakin tajam, di antaranya:

1. Prioritaskan intuisi Anda

Saat ini kita hidup di dunia yang terus-menerus dibombardir oleh data. Jika Anda menambahkan fakta bahwa modernisme mengutamakan fokus pada rasionalitas dan sains, dapat dimengerti bahwa sulit untuk mendengarkan intuisi kita dan membiarkannya mengalir.

Menurut beberapa orang yang menulis tentang topik ini, inilah yang perlu kita lakukan. Anda perlu menyadari bahwa pemrosesan intuitif dapat membantu pengambilan keputusan.

Luangkan waktu setiap hari, atau bahkan beberapa kali sehari, untuk mengambil keputusan penting berdasarkan dengan intuisi Anda.

2. Kenali bagaimana intuisi Anda 'berbicara' kepada Anda

Orang mendapatkan sinyal dari intuisi mereka secara berbeda. Bagi sebagian orang, ini mungkin bermanifestasi sebagai sebuah gambaran.

Sementara itu, bagi yang lainnya, mungkin hal ini bisa berupa sensasi fisik ('firasat' klasik) atau bisa juga berupa respons yang lebih emosional.

Pelan-pelanlah dan cobalah rasakan bagaimana, atau di mana, Anda bisa merasakan dan mendengarkan intuisi Anda.

3. Buatlah jurnal reflektif

Cobalah menuliskan firasat Anda dalam jurnal dan perhatikan bagaimana firasat tersebut bekerja, apakah yang terjadi di masa depan akan sesuai dengan firasat Anda atau tidak.

Hal ini sangat bermanfaat jika Anda dapat menangkapnya sebelum proses analitik dan otak Anda kembali mengambil alih.

Oleh karena itu, mungkin ada baiknya jika Anda membawa jurnal tersebut sepanjang hari dan mencatat firasat Anda tentang suatu situasi atau keputusan.

Setelah itu, Anda tinggal menunggumu dan menilai seberapa akurat atau bermanfaatnya keputusan berdasarkan intuisitersebut.

Menuliskan kata-kata dan frasa yang terlintas di benak Anda saat mempertimbangkan suatu masalah juga dapat memberi Anda wawasan yang berbeda.

Sebagai pendekatan alternatif, menggambar atau mencoret-coret kertas mungkin akan bermanfaat. Menggambar cenderung bisa memanfaatkan cara berpikir yang lebih intuitif.

4. Gunakan teknik mindfulness

Perhatian penuh mendorong kita untuk memperhatikan perasaan dan pikiran kita tanpa melekat padanya.

Ini bisa sangat berguna jika Anda mencoba mengembangkan intuisi Anda. Mengamati dan menerima pemikiran tanpa menghakimi akan memberi Anda akses lebih besar terhadap informasi intuitif.

Teknik mindfulness juga dapat membantu Anda memperhatikan sensasi di tubuh Anda, yang mungkin berhubungan dengan pemrosesan intuitif.

Pemindaian tubuh ini dapat dilakukan kapan pun Anda harus mengambil keputusan penting atau berlatih setiap hari untuk meningkatkan intuisi.

Hadir dan memperhatikan lingkungan sekitar kita juga kemungkinan besar akan membantu mengembangkan intuisi kita.

Hal itu akan secara otomatis menyediakan data yang kaya bagi alam bawah sadar untuk menginformasikan keputusan dimasa mendatang.

5. Catatlah mimpi Anda

Untuk teknik terakhir, penafsiran mimpi adalah jalan utama menuju pengetahuan tentang aktivitas pikiran bawah sadar atau intuisi.

Mimpi dapat memberi kita banyak informasi tentang proses alam bawah sadar kita. Menuliskannya saat bangun tidur l, akan membantu Anda mengingat kembali mimpi tersebut.

Hal itu dapat dieksplorasi untuk memberikan petunjuk atas kesulitan atau dilema apa pun yang mungkin Anda hadapi di masa mendatang.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #intuisi #dapat #dilatih #seperti #keterampilan #lainnya #simak #teknik #untuk #membuat #intuisi #anda #semakin #tajam

KOMENTAR