Apa Itu Trakteer yang Dipakai Livy Renata Buat Buka Donasi Beli Mobil? Begini Cara Kerjanya
Livy Renata (Instagram/livyrenata)
10:17
25 Maret 2024

Apa Itu Trakteer yang Dipakai Livy Renata Buat Buka Donasi Beli Mobil? Begini Cara Kerjanya

Selebgram dan influencer Livy Renata menjadi sasaran komentar pedas warganet, setelah dirinya diduga menggalang donasi melalui akun Trakteer miliknya. Hal itu diketahui setelah ia berhasil membelikan mobil mewah seharga miliaran rupiah untuk ibunya, Susana Rahardjo, beberapa waktu lalu.

Sebuah akun X @/howtodresvvel mengunggah dua foto terkait pembelian mobil itu yang uangnya diduga didapat dari hasil sumbangan melalui platform Trakteer.

Foto pertama memperlihatkan tangkapan layar akun Trakteer milik Livy Renata. Disana Livy menuliskan kalau ia ingin membelikan mobil untuk ibunya.

"Mau beliin mami mobil," begitu bunyi tulisan dalam foto tersebut.

Di bawahnya terlihat kalau sumbangan untuk Livy yang ingin membelikan mobil untuk ibunya sudah lebih dari 60 persen.

Sementara foto kedua merupakan tangkap layar dari  salah satu unggahan instagram Susana Rahardjo. Dalam foto terlihat ibunda Livy Renata itu berpose di depan sebuah mobil Mercedes SUV warna putih.

Ia pun menyertakan caption ucapan terima kasih pada putrinya, karena diduga telah membelikan mobil tersebut untuk dirinya.

"Thank you anakku, proud of you," tulis Susana Rahardjo.

Sebenarnya, apa itu aplikasi Trakteer dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ulasannya.

Apa Itu Trakteer?

Mengutip laman resmi trakteer.id, disebutkan kalau Trakteer adalah sebuah ptalform digital untuk membantu para kreator konten mendapatkan penghasilan dari karyanya.

Adapun penghasilan tersebut didapat dari dukungan berupa dana dari para penggemar atau penikmat karyanya sebagai bentuk apresiasi.

"Kami ingin membangun kedekatan antara kreator dan penikmat karyanya," demikian penjelasan dalam laman tersebut.

Apresiasi tersebut diberikan dengan pertimbangan bahwa tidak mudah bagi para kreator dalam membuat sebuah karya.

"Di sisi lain kami melihat begitu banyak kreator yang kesulitan, mengeluarkan tenaga yang besar untuk memproduksi karyanya," sambung penjelasan tersebut.

Cara Kerja Trakteer

Masih mengutip laman resmi trakteer.id, dijelaskan bahwa aplikasi tersebut memfasilitasi para kreator untuk mendapatkan dukungan dana dari penikmat karya tersebut.

Trakteer.id juga menyebutkan dukungan dana dari publik pada kreator sebagai donasi atau sumbangan.

Jika publik menyukai karya kreator tertentu, maka ia bisa memberikan donasi dengan cara melengkapi formulir, lalu melakukan pembayaran dengan nominal tertentu.

"Pada versi Beta metode pembayaran yang kami dukung adalah dengan menggunakan GO-PAY," tulis penjelasan dalam laman trakteer.id.

Lalu, dana yang telah terkumpul dari para penggemar akan tersimpan dalam akun masing-masing kreator. Selanjutnya dana tersebut bisa dicairkan ke rekening pribadi kreator.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #trakteer #yang #dipakai #livy #renata #buat #buka #donasi #beli #mobil #begini #cara #kerjanya

KOMENTAR