Ingin Punya Intuisi Tajam? Simak 2 Cara untuk Mengasah Kemampuan Intuisi Seseorang
Ilustrasi intuisi seorang perempuan. (RobinHiggins/Pixabay)
10:02
25 Maret 2024

Ingin Punya Intuisi Tajam? Simak 2 Cara untuk Mengasah Kemampuan Intuisi Seseorang

Intuisi merupakan suatu kemampuan ataupun kondisi di mana seseorang memiliki pikiran atau pengetahuan berupa firasat yang terbentuk tanpa alasan yang jelas dan terjadi di alam bawah sadar. Berdasarkan ilmu psikologi, intuisi berkaitan erat dengan pengetahuan yang muncul tanpa adanya pertimbangan atau proses berpikir yang jelas, namun hal tersebut didasari oleh pengetahuan, tebakan, dan juga pembelajaran dari pengalaman di masa lalu.

Pada dasarnya, setiap individu memiliki kemampuan intuisi masing-masing, namun intuisi pada setiap orang memiliki tingkat ketajaman yang berbeda-beda.

Bahkan, dengan seiring berjalannya waktu, kemampuan intuisi seseorang dapat menghasilkan firasat yang lebih tajam dibandingkan dengan orang lain.

Untuk membangun intuisi agar semakin tajam, JawaPos.com telah merangkum dari Siloam Hospitals terkait dua cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan intuisi.

Mengasah Intuisi dengan Niatan (Intention)

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengasah ketajaman intuisi adalah dengan menumbuhkan niat (intention) di dalam diri, yakni dengan percaya dan menerima setiap intuisi yang muncul untuk membantu pengambilan keputusan.

Hal yang perlu untuk diingat bahwa intuisi merupakan sesuatu yang terjadi secara alami di alam bawah sadar. Oleh sebab itu, beberapa orang pada tahap awal akan mengalami kesulitan untuk mengenali kemunculan intuisi.

Akan tetapi, apabila intuisi semakin diasah dengan adanya niat dalam diri, kemunculan intuisi ini dapat semakin familiar dirasakan di berbagai kondisi

Mengasah Intuisi dengan Perhatian (Attention)

Cara mengasah kemampuan intuisi selanjutnya adalah dengan memusatkan perhatian (attention) dan menyadari kemunculan gagasan tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyadari kemampuan intuisi.

1. Lakukan dengan menulis jurnal untuk mengidentifikasi kemunculan intuisi, bisa dari mimpi, sensasi, hingga pikiran-pikiran yang muncul secara tiba-tiba.
2. Terapkan teknik mindfulness dengan memperhatikan benda-benda yang ada di sekitar, seperti bebatuan, pohon, daun-daun yang berjatuhan, dan sebagainya. Kemudian, rangsang intuisi dengan menanyakan beberapa hal seperti “Apa inspirasi, ide, atau gagasan yang bisa didapatkan dari lingkungan sekitar untuk membantu dalam mengambil keputusan dari suatu masalah?”
3. Ajak teman dekat atau kerabat untuk berdiskusi dan membantu mengenali kemunculan intuisi.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ingin #punya #intuisi #tajam #simak #cara #untuk #mengasah #kemampuan #intuisi #seseorang

KOMENTAR