Cara Menghitung THR Karyawan Kontrak Prorata, Lengkap Rumus dan Simulasinya
Cara Menghitung THR Karyawan Kontrak Prorata, Lengkap Rumus dan Simulasinya (pexels)
12:58
22 Maret 2024

Cara Menghitung THR Karyawan Kontrak Prorata, Lengkap Rumus dan Simulasinya

Bagi para pekerja, salah satu hal yang paling ditunggu di bulan Ramadhan adalah THR atau Tunjangan Hari Raya. Nominal THR yang diterima setiap karyawan bisa berbeda-beda, tergantung masa kerjanya.Namun, bagaimana dengan karyawan kontrak? Apakah mereka juga mendapatkannya?

Dalam hukum, karyawan kontrak disebut sebagai pekerja dengan Perjanjian Waktu Kerja Tertentu (PKWT). Berdasar Pasal 81 angka 15 UU Cipta Kerja, PKWT merupakan perjanjian pekerjaan yang bersifat sementara.

Dasar hukum THR untuk karyawan kontrak

Aturan mengenai THR telah tertuang dalam Permenaker No.6 Tahun 2016 Pasal 2 ayat 1. Di sit disebutkan bahwa pengusaha atau perusahaan wajib memberikan THR keagamaan pada pekerja yang telah bekerja selama minimal satu bulan.

Pada ayat 2 kemudian tertulis bahwa pekerja yang berhak mendapatkan THR adalah karyawan tetap dan pekerja dengan status PKWT. Maka, jika Anda merupakan seorang karyawan kontrak yang sudah bekerja selama minimal 1 bulan, Anda berhak mendapatkan THR.

Hak tersebut bisa hilang jika perjanjian waktu kerja Anda berakhir sebelum hari raya keagamaan.

Rumus dan simulasi perhitungan THR karyawan kontrak

Berdasarkan pasal 3 ayat 1 Permenaker No. 6 Tahun 2016, pekerja atau buruh yang sudah bekerja selama satu tahun atau lebih akan menerima THR sebesar satu kali gaji.

Sementara itu, bagi Anda yang masa kerjanya masih di bawah satu tahun, THR akan diberikan secara proporsional, sesuai masa kerjanya.

Sebagai contoh, simak cara menghitung THR karyawan kontrak berikut. Di suatu perusahaan ada karyawan bernama Agus dan Bowo yang sama-sama memiliki gaji Rp5.000.000 per bulan. Agus sudah bekerja selama 2,5 tahun. Sementara ituu, Bowo baru bekerja 3 bulan. Dengan begitu, Agus akan menerima THR sebanyak Rp5.000.000.

Namun, Bowo hanya akan mendapatkan THR sesuai masa kerjanya dengan perhitungan berikut.

  • masa kerja/12 x 1 bulan gaji
  • 5/12 x Rp5.000.000= Rp2.083.000
Kapan THR paling lambat dibayarkan?

Perusahaan wajib membayarkan THR maksimal H-7 Lebaran, pembayaran harus dilakukan secara penuh, tidak boleh dicicil.

Itu artinya, batas akhir Anda menerima THR adalah hari Rabu, 3 April 2024.

Sanksi jika THR tidak cair

Melalui konferensi pers yang dilakukan di gedung Kemenaker, Haiyani Rumondang selaku Binwasnaker dan K3 Kemnaker menjelaskan sanksi bagi perusahaan yang telat membayar THR.

“Ketika terlambat dibayar, dendanya 5% dari total THR baik itu secara individu ataupun nanti hitungannya per berapa jumlah pekerja yang tidak dibayar,” ujar Haiyani.

Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan teguran tertulis hingga pembatasan kegiatan usaha.

Itulah rumus, simulasi hingga cara menghitung THR karyawan kontak yang benar.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #cara #menghitung #karyawan #kontrak #prorata #lengkap #rumus #simulasinya

KOMENTAR