Beri Kesan Baik Dipertemuan Pertama! 8 Tips Ini Dijamin Bikin Orang Langsung Nyaman saat Berada Didekatmu
8 perilaku sederhana yang bisa membuat siapa pun merasa nyaman saat pertama kali bertemu dengan Anda. (hackspirit.com)
17:48
21 Maret 2024

Beri Kesan Baik Dipertemuan Pertama! 8 Tips Ini Dijamin Bikin Orang Langsung Nyaman saat Berada Didekatmu

Pernah bertemu dengan seseorang dan langsung merasa nyaman berada di dekatnya? Ini hampir seperti sihir, bukan?   Anda pasti tahu perasaan itu. Perasaan nyaman yang langka dan langsung terasa saat Anda klik dengan seseorang yang baru dikenal.   Seolah-olah Anda sudah mengenal mereka selama bertahun-tahun, bukan hanya beberapa menit saja.  

  Tapi, ini bukan hanya keberuntungan atau kebetulan semata. Ini adalah tentang perilaku isyarat dan tindakan halus yang menciptakan suasana yang hangat dan ramah.   Beberapa orang tampaknya memiliki karisma alami tentang cara untuk membuat orang lain rileks sejak awal. Ingin tahu rahasia mereka?   Dilansir dari hackspirit.com, berikut 8 perilaku sederhana yang bisa membuat siapa pun merasa nyaman saat pertama kali bertemu dengan Anda.  

  1. Tersenyumlah dengan tulus   Anda telah mendengar hal ini jutaan kali, bukan? "Perbanyaklah tersenyum!" Tapi dengarkan, ada sesuatu yang tidak dapat disangkal tentang senyum yang tulus itu.   Senyuman bukan hanya tentang memperlihatkan gigi. Namun juga memperlihatkan kilauan di mata Anda yang menunjukkan bahwa Anda benar-benar senang bertemu dengan orang lain.   Percayalah, ketika Anda tersenyum, Anda secara tidak sadar memberi lawan bicara Anda undangan terbuka untuk interaksi yang lebih ramah dan santai.  

  2. Dengarkan lebih banyak daripada Anda berbicara   Bersedia mendengarkan orang lain daripada mendominasi mereka dengan percakapan akan lebih dihargai.   Dengan lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai pemikiran dan pendapat orang lain.    Hal ini akan membuat mereka merasa penting dan didengar. Dan bukankah itu yang semua orang inginkan? Merasa bahwa mereka berarti?   

  Jadi, jika Anda bertemu dengan seseorang yang baru, ajukan pertanyaan kepada mereka dan biarkan mereka menjawab dan berbicara.   3. Tirukan bahasa tubuh atau gestur mereka   Ketika Anda secara halus menirukan bahasa tubuh orang yang Anda ajak bicara, hal ini akan mengirimkan sinyal bahwa Anda selaras dengan mereka.   Tanpa Anda sadari, hal sekecil itu dapat membuat mereka merasa lebih nyaman dengan Anda. Lakukanlah secara alami dan tidak terlihat dipaksakan.  

  Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menciptakan ritme diam dalam percakapan yang menyampaikan empati dan pengertian Anda terhadap orang tersebut.   Perilaku tanpa berkata-kata ini adalah cara cepat untuk membangun zona nyaman bersama, menciptakan rasa koneksi sejak awal.   4. Berilah pujian yang tulus   Ada sesuatu yang dahsyat tentang sebuah pujian yang tulus. Hal itu bisa menghangatkan suasana yang paling dingin dan melembutkan hati yang paling keras.   

  Ketika Anda bertemu seseorang untuk pertama kalinya, menemukan sesuatu yang benar-benar Anda kagumi dari mereka dan mengekspresikannya bisa sangat melegakan.    Mungkin pilihan pakaian yang mereka kenakan, aksesoris yang unik, atau bahkan cara mereka mengekspresikan pikiran mereka.   Apresiasi semacam ini lebih dari sekadar sanjungan di permukaan. Ketika seseorang merasa dilihat apa yang mereka kenakan atau pemikiran mereka, hal ini akan menciptakan ikatan dalam yang instan.   

  5. Hormati ruang pribadi mereka   Ruang pribadi dapat bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Menyadari dan menghormati batasan-batasan ini sejak awal dapat mencegah ketidaknyamanan dan membangun fondasi kepercayaan.   Ini adalah tentang memberi orang lain kendali atas seberapa intim atau formal interaksi yang mereka inginkan.    Pada akhirnya, hal itu akan membuat mereka merasa dihormati dan aman ketika mereka berada di hadapan Anda.  

  6. Simpan gadget Anda dan fokuskan perhatian Anda pada orang yang ada dihadapan Anda   Di dunia di mana kita semua terpaku pada layar gadget, memberikan perhatian penuh kepada seseorang yang ada dihadapan kita adalah hadiah yang langka.    Anda harus mulai membiasakan diri untuk meletakkan ponsel Anda dan fokus sepenuhnya pada orang yang ada di hadapan Anda.    Perilaku ini secara tak langsung menunjukkan bahwa, Anda menganggap orang yang ada dihadapan Anda adalah hal yang paling penting saat ini. Dan itu adalah pesan yang kuat.  

  7. Gunakan humor dengan bijaksana   Humor adalah pencair suasana yang fantastis jika digunakan dengan benar. Berbagi tawa dapat dengan cepat meruntuhkan tembok di antara orang asing.    Namun, sangat penting untuk mengukur selera humor orang lain dan memastikan bahwa lelucon apa pun bersifat inklusif dan penuh rasa hormat.   Humor akan dengan cepat menciptakan rasa persahabatan dan kenyamanan di antara orang-orang yang baru saja bertemu.  

  8. Berempati   Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan dengan orang lain. Terkadang, ini adalah alat yang sangat ampuh untuk membuat orang lain merasa nyaman.    Menunjukkan empati tidak selalu berarti Anda berbicara dengan kata-kata yang tepat. Terkadang, ini hanya tentang menyampaikan bahwa Anda mencoba memahami perspektif mereka.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #beri #kesan #baik #dipertemuan #pertama #tips #dijamin #bikin #orang #langsung #nyaman #saat #berada #didekatmu

KOMENTAR